Manfaat Membaca Al-Quran di Rumah Secara Rutin bagi Umat Muslim

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 17 Maret 2021 11:59
Manfaat Membaca Al-Quran di Rumah Secara Rutin bagi Umat Muslim
Meskipun satu ayat per hari, namun membaca Al-Quran di rumah memiliki dampak positif bagi pembaca dan pendengar.

Bagi umat Islam, membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah paling utama yang memiliki keutamaan. Apalagi kalau dilakukan pada bulan Ramadhan. Selain itu, manfaat membaca Al-Quran di rumah pun akan diganjar dengan pahala yang berkali-kali lipat.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir yang artinya: Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Quran.” (HR. al-Baihaqi).

Maka dari itu, berikut ada beberapa manfaat membaca Al-Quran di rumah secara rutin bagi umat muslim yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Al-Quran di Rumah Secara Rutin

Manfaat Membaca Al-Quran © Diadona

Seperti yang diketahui, manfaat membaca Al-Quran di rumah menjadi pedoman umat Islam yang tentunya tidak main-main. Pasalnya, Allah SWT berfirman: “ Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar” (QS al-Israa’).

Untuk itu, berikut deretan manfaat membaca Al-Quran di rumah secara rutin yang perlu kamu ketahui:

1. Mendapat Pahala Berlipat

Manfaat membaca Al-Quran di rumah yang pertama yaitu mendapat pahala yang berlipat. Ya, walaupun menggunakan Bahasa Arab dan mungkin sebagian orang akan kesulitan ketika mempelajarinya, namun Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hambanya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: " Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

2. Menentramkan Hati

Tak hanya mendapat pahala yang berlipat, manfaat membaca Al-Quran secara rutin bagi umat muslim pun akan membuat para pembacanya terasa lebih damai dan nyaman.

Sebab, membaca Al-Quran berarti mengingat-ingat akan kebesaran Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat Ar- Ra’d ayat 28 yang artinya:

“ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.”

2 dari 3 halaman

3. Rumah Menjadi Bercahaya

ilustrasi rumah bersih © Diadona

Pastinya umat Islam tidak asing dengan manfaat yang satu ini. Bahkan, oleh Rasulullah SAW manfaat membaca Al-Quran di rumah diumpamakan seperti manusia. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

" Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya ialah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati.
Imam an-Nawawi berkata: Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah Azza wa Jalla (termasuk membaca al-Qur-an serta zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya)."

4. Menjadi Penawar Penyakit Fisik dan Hati

Manfaat membaca Al-Quran di rumah secara rutin yang berikutnya adalah menjadi penawar penyakit dan menentramkan hati.

Allah SWT berfirman: “ Dan Kami turunkan di dalam al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS al-Israa’: 82).

Tak hanya itu saja, dalam Surat Ar-Ra’du, Allah SWT berfirman: “ Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (al-Qur-an). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (al-Qur-an) hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du:28).

5. Tidak Akan Ada Sesat dan Celaka

DiaZen, kalian tahu nggak sih, ternyata orang-orang yang membiasakan diri untuk membaca Al-Quran tidak akan sesat dan celaka, lho. Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu manfaat membaca Al-Quran di rumah yang sangat penting.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: " Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka." (QS Thaahaa: 123)

Selain itu, Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata: " Allah Azza wa Jalla memberikan jaminan bagi orang yang membaca al-Qur-an dan mengamalkan kandungannya bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat (kelak)."

3 dari 3 halaman

6. Memberi Syafaat Pada Hari Kiamat

20 Manfaat Membaca Al-Quran, Surat Yasin 3x, dan Surat Al-Kahfi © Diadona

Salah satu manfaat membaca Al-Quran di rumah secara rutin yang gak kalah pentingnya adalah bisa memberikan syafa'at atau pertolongan di akhirat nanti dan tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya.

Seperti hadits yang menyatakan bahwa: " Bacalah bait Al-Quran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya," (HR. Muslim)

7. Mengusir Setan dari Rumah

Manfaat membaca Al-Quran di rumah bagi umat muslim selanjutnya ialah untuk mengusir setan, musuh utama yang selalu mengajak manusia guna berbuat buruk.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: " Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala," (QS Faathir: 6)

Selain itu, dalam sebuah hadits shahih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Qur’an di dalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.”

Serta dalam lafazh riwayat at-Tirmidzi berkata: “ …Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.”

8. Menambah Iman

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, bahwa Iman itu selalu bertambah dan berkurang setiap waktunya. Maka dari itu, sebagai umat Muslim, kamu harus selalu berusaha untuk menjaga iman supaya selalu berada dalam kondisi yang baik.

Lalu timbulah pertanyaan, bagaimana cara mempertahankan dan menambah keimanan? Yaps, salah salah satu cara menambah iman ialah dengan rutin membaca Al-Quran. Sebab, manfaat membaca Al-Quran, maka semakin dekat pula dengan Allah SWT.

Itulah beberapa manfaat membaca Al-Quran di rumah bagi umat Muslim yang perlu diketahui. Semoga setelah mengetahui manfaatnya di atas, kamu jadi lebih rajin membacanya, ya.

Beri Komentar