7 Penyakit Kulit Kepala Berkerak, Ketombe hingga Psoriasis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 17 April 2021 09:04
7 Penyakit Kulit Kepala Berkerak, Ketombe hingga Psoriasis
Penyakit kulit kepala memunculkan gejala seperti kerak, dan berketombe. Apa saja dan mengapa ini bisa terjadi?

Penyakit kulit kepala membuat sejumlah kegiatan yang sepele, seperti menyisir rambut jadi terasa menyakitkan. Ini bukan hanya kondisi medis yang menimbulkan rasa sakit, tapi juga mengganggu penampilan.

Melansir SehatQ, setidaknya ada tujuh macam penyakit kulit kepala, antara lain:

  • Ketombe
  • Dermatitis seboroik
  • Cradle cap
  • Tinea kapitis
  • Psoriasis
  • Skleroderma
  • Lichen planus

Uraian lebih lanjut mengenai penyaki kulit kepala ini yuk simak dulu artikel Diadona berikut:

1 dari 3 halaman

Penyakit Kulit Kepala Berkerak

Penyakit Kulit KepalaPenyakit Kulit Kepala © 2021 Orami.co.id

Ada beberapa penyebab penyakit kulit kepala berkerak, mulai dari ketombe, dermatitis seboroik dan lainnya. Mengetahui dengan pasti penyebabnya akan menetukan keberhasilan pengobatan.

Dermatitis seboroik

Penyakit kulit kepala ini memunculkan kerak yang mirip dengan ketombe. Sisiknya berminyak dan kekuningan di kulit kepala sementara kulit di bawahnya berwarna merah.

Bila gejalanya ringan, penyakit kulit kepala ini hanya menginfeksi kulit kepala. Tapi saat gejalanya parah, kerak tersebut bisa menyebar dan berwarna kemerahan.

Selain mempengaruhi kulit kepala, penyakit ini juga bisa muncul di atas alis, pipi bagian dalam, dada, punggung, dan selangkangan. Kondisinya mungkin gatal atau mungkin tidak.

Sayangnya nih penyebab penyakit kulit kepala berkerak ini belum diketahui pasti. Tapi ini mungkin karena beberapa hal antara lain:

  • Ragi (jamur) yang disebut malassezia yang ada di sekresi minyak di kulit.
  • Ragi ini tumbuh berlebih dan terlalu cepat
  • Respon sistem kekebalan yang tidak teratur. Pada akibatnya, kekebalan bereaksi berlebihan terhadap pertumbuhan ragi. Ada respon peradangan yang mengakibatkan perubahan kulit.

penyakit kulit kepala ini bisa diobati dengan penggunaan shampoo antiseptik atau antijamur ringan

Cradle Scalp

Adalah penyakit kulit kepala pada bayi yang menyebabkan bercak bersisik berkerak atau berminyak. Melansir Mayo Clinic, kondisi ini nggak sakit atau gatal kok, hanya saja penampakannya yang terlihat seperti sisik putih atau kuning tebal ini nggak mudah dihilangkan.

Cradle cap biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Apa yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasinya?

Cukup dengan mencuci kulit kepala bati dsetiap hari menggunakan shampoo ringan. Tapi ingat, jangan digaruk ya!

Gejala penyakit kulit kepala ini yakni:

  • Sisik tidak merata atau kerak tebal di kulit kepala
  • Kulit berminyak atau kering ditutupi dengan sisik putih atau kuning yang terkelupas
  • Muncul seperti serpihan kulit
  • Berwarna merah ringan

Penyakit ini nggak cuman muncul di kulit kepala, namun bisa juga menjalar ke telinga, kelopak mata, hidung dan selangkangan.

Lalu, apa bedanya dengan dermatitis seboroik? Ini hanya beda sebutan saja kok. Cradle cap adalah sebutan pada dermatitis seboroik infaktil atau dermatitis seboroik yang ada pada bayi.

2 dari 3 halaman

Penyakit Kulit Kepala Berketombe

Penyakit Kulit KepalaPenyakit Kulit Kepala © 2021 hellosehat

Penyakitt kulit kepala yang terlihat seperti ketombe juga bisa saja muncul seperti kerak.

Psoriasis

Sel di tubuh kita mengalami regenerasi dengan membentuk sel-sel baru sementara sel yang lama akan mati. Sel sel kulit mati ini nih biasanya dikelupas agar menampilkan sel kulit yang baru, biar wajah jadi glowing dan kinclong.

Tapi ternyata ada lho kondisi kulit di mana sel kulit mati bertumbuh begitu cepat sampai kemudian menumpuk di permukaan kulit, yang disebut dengan penyakit  psoriasis. Tumpukan sel-sel tersebut kemudian membentuk sisik dan bercak merah yang gatal trus terasa sakit. Bila terjadi pada kulit kepala, penyakit kulit kepala ini terlihat seperti kerak atau ketombe.

Tinea Capitis

Adalah kurap yang menyerang kulit kepala. Penyakit kulit kepala ini akan memunculkan gejala seperti bercak bulat berwarna dan bersisik di kulit kepala. Penyakit kulit kepala berkerak ini juga bisa membuat rambut rontok di area yang terinfeksi.

Apa penyebabnya? Tinea capitis terjadi karena jamur dermatofitik yang mampu menyerang jaringan keratin, seperti rambut dan kuku. Penyakit ini mduah sekali menyebar melalui kontak oleh mereka yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi. Jamur penyebab penyakit kulit kepala ini juga bisa ada di topi, handuk, tempat tidur, sofa, dan mainan.

3 dari 3 halaman

Penyakit Kulit Kepala Psoriasis

Penyakit Kulit KepalaPenyakit Kulit Kepala © 2021 wanita22.com

Sel di tubuh kita mengalami regenerasi dengan membentuk sel-sel baru sementara sel yang lama akan mati. Sel sel kulit mati ini nih biasanya dikelupas agar mkenampilkan sel kulit yang baru, biar wajah jadi glowing dan kinclong.

Tapi ternyata ada lho kondisi kulit di mana sel kulit mati bertumbuh begitu cepat sampai kemudian menumpuk di permukaan kulit, yang disebut dengan penyakit psoriasis. Tumpukan sel-sel tersebut kemudian membentuk sisik dan bercak merah yang gatal trus terasa sakit.

Penyakit ini bisa muncul di lutut, siku, atau kuku. Namun bisa juga muncul di kulit kepala, membaut penampakan seperti penyakit kulit kepala berkerak. Saat penyakit ini muncul, penderita bakalan ngerasain rasa gatal dan bisa mempengaruhi rambut di kulit kepala tersebut.

Apa penyebabnya? Sayangnya ini masih belum diketahui. Tapi dari penelitian bertahun-tahun, ada dua kemungkinan faktor penyebab penyakit kulit kepala psoriasis ini yaitu:

  • Sitem imun
  • Genetika

Penyakit kulit kepla yang tak segera diatasi tentu akan mengganggu penampilan dan kegiatan sehari-hari.

Beri Komentar