Serasa Kesetrum saat Siku Terbentur, Kok Bisa Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 6 April 2021 09:25
Serasa Kesetrum saat Siku Terbentur, Kok Bisa Sih?
Bukan karena ada aliran listrik, ternyata ini lho penyebabnya..

Sesekali bagian siku kita pernah tak sengaja terbentur benda yang keras. Hal ini membuat kita merasa nyeri dan tak jarang memberikan sensasi seperti tersengat listrik di area tersebut.

Padahal tak ada aliran listrik, tapi kok bisa terasa seperti kesetrum ya?

Dilansir dari berbagai sumber, sensasi yang dihasilkan saat terbentur sebenarnya bukan berasal dari benda yang bersentuhan dengan kita ataupun dari tulang.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Tangan BerpautIlustrasi Tangan Berpaut © unsplash.com/@kellysikkema

Sebenarnya hal ini terjadi akibat saraf ulnar yang ada di dalamnya. Saraf ulnar sendiri terbentang di sepanjang bahu ujung hinga ke jari kelinking. Ia berfungsinya untuk mengatur otot sehingga memudahkan pergerakan jari, tangan, serta otot lengan bagian bawah.

Berbeda dengan saraf lainnya yang ada dalam tubuh, tidak semua bagian saraf ulnar dilindungi oleh otot atau tulang. Misalnya saja yang terletak di area siku, saraf ulnar hanya ditutupi oleh kulit dan lemak saja.

 

Saraf ulnar pada bagian siku terletak di belakang tulang humerus, yakni tulang yang membentang mulai dari siku sampai ke bahu. Sayangnya, ada bagian saraf ulnar yang tidak tertutupi oleh tulang dan otot. Nah, bagian yang terbuka tanpa perlindungan ini lah yang sangat sensitif.

2 dari 2 halaman

Siku KesetrumSiku Kesetrum © Shutterstock

Ketika terbentur, saraf ulnar di area siku akan mengirimkan sinyal ke otak dengan cepat. Otak pun segera merespon hal ini dengan menimbulkan sensasi kesemutan seperti kesetrum ringan.

Menurut Dr. Derick van Vuuren, seorang ahli fisiologi dari Stellenbosch University di Afrika Selatan, terkadang kita bisa sampai mengalami mati rasa di lengan hingga ke jari-jari tangan lho. Namun tak perlu khawatir, kondisi ini biasanya tidak akan bertahan lama dan bisa akan segera kembali normal dalam hitungan menit setelah terbentur.

Sebagian besar kasus siku tangan terbentur sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja, dalam beberapa kasus lain saraf ulnar mengalami tekanan sehingga menyebabkannya mudah sekali terjepit. Kondisi ini dikenal sebagai cubital tunnel syndrome.

Hal ini dapat disebabkan karena biasa menyandarkan siku pada permukaan yang keras, menekuk siku dalam yang cukup waktu lama hingga melakukan aktivitas yang terlalu menekan saraf ulnar.

Nah jika kondisi ini memang sering terjadi dan mengganggu, maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter ya, guys.

Beri Komentar