7 Makanan dan Minuman Ini Bahaya Jika Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 4 Februari 2021 09:23
7 Makanan dan Minuman Ini Bahaya Jika Dikonsumsi Saat Perut Kosong
Ternyata sederet makanan dan minuman ini bahaya jika dikonsumsi saat perut kosong..

Ketika perut kosong dan belum mengonsumsi apapun, hal ini sering kali membuat kita ingin segera memakan atau meminum apapun yang ada.

Namun ternyata kita tak bisa sembarangan juga lho. Karena jika memilih makanan atau minuman yang salah, hal ini justru dapat berdampak pada kesehatan.

Dr. Rupali Datta, seorang ahli gizi klinik dari Fortis Hospital di India menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong atau saat bangun tidur.

Hal tersebut bertujuan agar sistem pencernaan kembali berfungsi secara optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam.

Simak sederet makanan yang haru dihindari saat perut kosong berikut ini ya, guys.

1 dari 4 halaman

Makanan Pedas

Ilustrasi Makan Makanan Pedas © Diadona

Makanan pedas yang masuk saat perut kosong dapat menyebabkan kram perut dan memicu gangguan pencernaan. Karena itu hindari mengonsumsi ini saat perut kosong ya.

 


Makanan atau Minuman Manis

jus buah © Diadona


Makanan atau minuman manis dapat memforsir kinerja pankreas, padahal organ ini perlu beradaptasi terlebih dahulu setelah perut kosong.

Kandungan gula pun dapat membebani kerja hati.

2 dari 4 halaman

Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman soda © Diadona

Minuman soda atau minuman berkarbonasi dapat meningkatkan resiko obesitas. Namun jika dikonsumsi saat perut kosong, kandungan asamnya akan bercampur dengan asam lambung sehingga dapat menyebabkan mual dan timbunan gas di perut yang menimbulkan rasa begah.

Hal ini juga dapat menyebabkan pencernaan jadi melambat, yang selanjutnya dapat mengakibatkan sakit perut dan juga sembelit.


Minuman Dingin

Rajin Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta? © Diadona

 

Ketika perut kosong, nampaknya meminum apapun akan nampak menyegarkan. Namun ternyata hal ini nggak disarankan lho.

Karena minuman dingin dapat merusak selaput lendir dan membuat kerja sistem pencernaan melambat ketika dikonsumsi saat perut kosong.

3 dari 4 halaman

Sayuran Mentah

Ilustrasi Salad © Diadona


Meski pun sehat, namun nyatanya sayuran mentah tak cocok dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya sayurang mengandung serat kasar yang justru dapat memberikan beban ekstra pada sistem pencernaan.

Hal ini dapat mengakibatkan sakit perut hingga kembung.

 

 

Kopi

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona


Meski memiliki kandungan yang bermanfaatm namun ternyata zat pada kopi jika di minum saat perut kosong dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas hingga penyakit maag. Pernah merasakannya guys?

4 dari 4 halaman

Buah-Buahan Sitrus

Ilustrasi Buah Jeruk © Diadona

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, lemon dan beragam jeruk lainnya tentu saja memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Namun ternyata jika buah ini dikonsumsi saat perut kosong justru dapat meningkatkan produksi asam dalam lambung lho. Selain itu kandungan alami gula atau fruktosanya dapat memperlambat sistem pencernaan.


Nah itu dia makanan dan minuman yang tak boleh di konsumsi saat perut kosong. Kamu pernah mengonsumsi makanan atau minuman yang mana nih saat perut kosong?

Beri Komentar