Yang Harus Dilakukan Saat Baru Sembuh dari Covid-19, Bisa Bebas Beraktivitas?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 2 Februari 2021 19:40
Yang Harus Dilakukan Saat Baru Sembuh dari Covid-19, Bisa Bebas Beraktivitas?
Jangan sampai lengah ya!

Momen ketika kamu dinyatakan negatif dari Covid-19 setelah berminggu-minggu menjalani perawatan, terlebih untuk yang melakukannya di rumah sakit, tentu sangat melegakan. Rasanya seperti berhasil mengalahkan musuh besar dalam permainan video game.

Meski begitu, rupanya kita nggak bisa terlalu larut dalam kebahagiaan. Sembuh dari Covid-19 tak berarti kamu bisa menjadi tak acuh pada segala protokol. Bahkan mereka yang baru sembuh dari Covid-19 tetap harus menjalani perawatan lho.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan ketika kita baru saja sembuh dari Covid-19?

1 dari 6 halaman

1. Tracing

Jika kamu tak sendiri di tempat tinggalmu saat terinfeksi Covid-19, maka melakukan pelacakan seisi rumah wajib dilakukan. Meski seisi rumah nampak sehat-sehat saja, pelacakan dapat mengantisipasi kemungkinan adanya anggota keluarga yang menjadi orang tanpa gejala atau OTG.

Kelalaian untuk tak melakukan pelacakan dapat menyebabkan adanya penularan kembali yang terjadi di dalam rumah. Kondisi ini disebut sebagai infeksi berulang.

2 dari 6 halaman

2. Olahraga Rutin

Kondisi pandemi seharusnya tidak menjadi alasan untuk tak berolahraga secara rutin. Bahkan jika kamu adalah penyintas Covid-19, maka olahraga rutin minimal tiga kali seminggu sangat disarankan, pun demikian untuk kamu yang tak pernah mengidap penyakit yang disebabkan virus corona itu.

Olahraga secara rutin akan dapat meningkatkan sistem imun daam tubuh sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi virus corona. Meski begitu, untuk para penyintan disarankan untuk tak berolahraga terlalu berat setelah sembuh. Hindari juga lingkungan ramai saat berolahraga agar tak terjadi penularan dari sekitar.

3 dari 6 halaman

3. Tetap Mengikuti Protokol

Berhasil sembuh dari Covid-19 bukan berarti kamu kebal dari virus corona. Keberadaannya tetap berbahaya bagi kamu dan orang sekitarmu. Oleh karena itu, jangan remehkan penyebaran virus tersebut.

Tetap taati protokol kesehatan yang berlaku seperti rutin mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak aman, serta mengurangi aktivitas luar rumah. Dengan tetap menaati protokol, maka kemungkinan penularan akan menjadi lebih kecil.

4 dari 6 halaman

4. Menambah Proteksi

Setelah terinfeksi virus corona, para penyintas Covid-19 justru lebih disarankan untuk memperkuat kondisi kesehatannya ketimbang bersantai dan merasa bisa mengalahkan penyakit mematikan itu.

Lakukan langkah-langkah pencegahan lebih dari sebelumnya. Lebih rajin membersihkan diri setiap selesai keluar rumah. Mengunakan face shield sebagai proteksi ganda selain masker. Membawa hand sanitizer ke manapun pergi untuk berjaga-jaga jika tak dapat menemui sabun dan air mengalir.

5 dari 6 halaman

5. Introspeksi Diri

Terakhir dan tak kalah penting, lakukan review terhadap apa yang menyebabkan kamu bisa terinfeksi virus corona. Tanyakan pada dirimu dari mana kira-kira asal Covid-19 yang kamu idap saat itu.

Apakah hal tersebut disebabkan karena kamu masih terlalu santai dengan tetap nongkrong tanpa menghiraukan protokol? Atau karena kamu kurang disiplin dalam menjaga kebersihan? Ujung dari introspeksi ini adalah dengan mengubah kebiasaan yang kira-kira menyebabkan kamu terkena Covid-19 dan menjalankan langkah-langkah pencegahan dengan lebih baik.

6 dari 6 halaman

Ilustrasi Swab PCR Test © Diadona

Itu tadi adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh para penyintas Covid-19. Sekali lagi kami ucapkan selamat untuk kalian yang berhasil sembuh. Namun tetaplah waspada karena virus corona masih ada di sekitar kita.

Jangan lengah dan tetap sehat, ya!

Beri Komentar