7 Cara Murah untuk Menghilangkan Stres

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 22 Januari 2020 18:26
7 Cara Murah untuk Menghilangkan Stres
Jika kamu sedang berurusan dengan drama sekolah, pekerjaan atau keluarga, stres dapat benar-benar memengaruhi motivasi dan menguras energimu.

Jika kamu seorang siswa dan terus-menerus bergulat dengan pekerjaan paruh waktu dan sekolah, stres dapat secara signifikan mempengaruhi nilai dan konsentrasimu. Mencoba mengelola semua tanggung jawab dapat dengan mudah membuatmu merasa kewalahan. Banyak orang mengandalkan terapi ritel untuk mengatasi stres dan menenangkan saraf mereka, tetapi meskipun berbelanja dapat memiliki emosi yang sementara tinggi, menghabiskan uang setiap kali kamu merasa stres benar-benar dapat mempengaruhi keuanganmu dalam jangka panjang.

Berikut adalah 7 cara murah untuk mengalahkan stres yang harus kamu pertimbangkan:

1 dari 7 halaman

1. Mewarnai atau Melukis

Ilustrasi Melukis © Diadona

Menjelajahi sisi kreatifmu tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bersifat terapi. Kamu tidak harus berbakat bermain dengan krayon, kuas atau cat. Kamu juga tidak perlu memiliki banyak perlengkapan seni agar ini bisa berfungsi. Kamu cukup membeli buku mewarnai dan beberapa krayon dan mulai. Aktivitas yang menyenangkan ini akan membantumu fokus pada sesuatu selain hal-hal yang mengganggu, dan itu akan secara signifikan mengurangi tingkat stres bagi dirimu.

2 dari 7 halaman

2. Duduk di Luar Rumah

Studi menunjukkan bahwa mengekspos diri pada sinar matahari 20 menit setiap hari akan meningkatkan suasana hati dan akan membantumu merasa kurang stres. Juga, vitamin D dan udara segar akan mengurangi tingkat kecemasan Anda dan meningkatkan kadar serotonin di tubuh, membuatmu merasa luar biasa.

3 dari 7 halaman

3. Menulis

Ilustrasi Menulis © Diadona

Meletakkan pemikiranmu di atas kertas adalah penghilang stres murah lainnya yang dapat kamu coba manfaatkan. Tuliskan dalam jurnal, atau buku harian setiap hal kecil yang mengganggumu. Ini akan memiliki efek menenangkan dan bahkan dapat membantu kamu melihat masalah dari sudut lain, sehingga kamu dapat menemukan solusinya.

4 dari 7 halaman

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat memiliki efek menenangkan dan dapat menempatkan kamu dalam kerangka berpikir yang lebih baik. Kenakan earphone dan dengarkan lagu favoritmu, karena ini akan membuat kamu benar-benar melupakan semua masalah untuk sementara waktu dan membantu mengusir pikiran-pikiran menjengkelkan yang membuat kamu stres.

5 dari 7 halaman

5. Bersih-bersih

Ilustrasi Rumah Rapi © Diadona

Kamu juga bisa mengalahkan stres dengan membersihkan rumah. Ini akan membantumu mengalihkan pikiran dari situasi yang mengganggu dan itu akan membuat kamu rileks. Pilih saja tugas rumah tangga sehari-hari, seperti merapikan lemari atau membersihkan garasi. Ini akan membantu kamu mengalihkan pikiran dari situasi yang membuat stres dan rumahmu juga akan terlihat luar biasa.

6 dari 7 halaman

6. Meditasi

Meditasi akan membawa kamu dalam kedamaian batin, kondisi relaksasi dan ketenangan yang mendalam. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu bermeditasi. Kamu dapat melakukannya selama lima atau sepuluh menit setiap hari, berbaring di tempat tidur, duduk di kursi atau bahkan saat berjalan. Bayangkan saja sesuatu yang membawa kamu kedamaian dan fokuskan seluruh perhatianmu pada gambar itu.

7 dari 7 halaman

7. Jalan Kaki

Ilustrasi Berjalan Kaki © Diadona

Ini adalah salah satu cara termudah, tercepat, termurah, dan paling efisien untuk mengatasi stres. Sebenarnya, semua jenis latihan fisik adalah penghilang stres, tetapi jika kamu tidak suka berlari atau pergi ke gym atau kamu tidak punya waktu untuk berolahraga secara teratur, cukup berjalan-jalan dan tingkat stresmu akan berkurang secara signifikan.

Beri Komentar