6 Manfaat Tembaga (Cooper) Bagi Kesehatan dan Kenali Efek Sampingnya Bila Berlebihan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 3 Maret 2021 12:11
6 Manfaat Tembaga (Cooper) Bagi Kesehatan dan Kenali Efek Sampingnya Bila Berlebihan
Manfaat tembaga untuk kesehatan ternyata ada beragam lho, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, hingga berperan sebagai antioksidan.

Manfaat tembaga bagi kesehatan memang sering kali terabaikan. Pasalnya, tidak banyak orang yang mengetahui apa fungsi tembaga sebenarnya bagi tubuh. Padahal, zat tembaga merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sehingga, manfaat tembaga bagi kesehatan ini sangat diperlukan bagi kamu yang tengah mengalami luka bakar, diare, gangguan pencernaan, dan sedang menjalani operasi bedah perut.

Akan tetapi, meskipun memiliki manfaat yang baik, ternyata mengonsumsi zat ini secara berlebihan juga bisa menyebabkan kematian, lho! Nah, supaya lebih jelas, berikut ulasan mengenai manfaat tembaga dan risikonya apabila dikonsumsi secara berlebihan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tembaga Bagi Tubuh

Manfaat Tembaga © Diadona

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa itu manfaat tembaga, yuk kita ulas kembali apa itu tembaga, dan manfaat apa saja yang dibutuhkan pada tubuh. Zat tembaga ialah mineral yang bisa kamu temukan di berbagai makanan, seperti bubuk cokelat, gandum utuh, kacang-kacangan, tiram, dan kentang.

Lantas, apa sih manfaat dari mengonsumsi mineral ini? Simak saja manfaat tembaga berikut ini.

1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat tembaga bagi tubuh ternyata mampu untuk mencegah kerapuhan kulit yang bisa menyebabkan osteoporosis, lho. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan sehat yang berusia 45-55 tahun yang mengonsumsi suplemen tembaga sebanyak 3 miligram per hari tidak menunjukan penurunan kepadatan mineral tubuh.

Sedangkan, perempuan yang diberikan pil plasebo alias pil kosong tanpa zat apapun, justru mengalami penurunan kepadatan mineral yang cukup drastis. Wah, cukup berpengaruh untuk tubuh ya, DiaZen.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Selain mencegah osteoporosis, ternyata manfaat tembaga bagi tubuh juga membantu dalam memelihara kesehatan jantung. Melansir dari Reader’s Digest, asupan tembaga yang mencukupi bisa membantu mencegah aritmia, menjaga kadar kolesterol tetap rendah, serta mencegah tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu, penuhi asupan tembaga setiap harinya baik dari makanan ataupun suplemen untuk menjaga jantung kamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

2 dari 4 halaman

3. Berperan dalam Memproduksi Kolagen

ilustrasi wanita sehat dan bahagia © Diadona

DiaZen, tau nggak sih, ternyata manfaat tembaga juga berperan penting dalam produksi kolagen serta elastin yang penting untuk kesehatan jaringan tubuh! Jadi, kalau tanpa asupan tembaga yang mencukupi, tubuh kamu tidak bisa memperbaiki dan menggantikan jaringan ikat atau kolagen yang rusak. Hal inilah yang nantinya dapat menyebabkan kesalahan fungsi sendi akibat kolagen yang tidak mencukupi.

Bahkan, melansir dari Medical News Today, para peneliti pun memiliki dugaan bahwa zat tembaga kemungkinan memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mencegah proses penuaan kulit. Wah, menarik buat para perempuan, nih.

4. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat tembaga bagi tubuh berikutnya adalah membantu mempertahankan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Ya, dimana sel darah putih yang berfungsi menjadi pertahanan terhadap penyakit, virus, serta bakteri agar tidak mudah terserang penyakit.

Sebab, seseorang yang kurang zat tembaga bisa menderita neutropenia, yaitu kondisi ketika sel darah putih berada di bawah batas normal. Sehingga sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik dalam melawan infeksi.

3 dari 4 halaman

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Ilustrasi Sistem Pencernaan © Diadona

Selain menjaga menjaga imunitas tubuh, manfaat tembaga bagi tubuh ternyata juga baik dalam menjaga sistem pencernaan! Hal ini dikarenakan sifat inflamasi dari tembaga yang mampu mengobati sakit maag.

Setelah itu, sifat antibakteri dari zat tembaga mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat di saluran pencernaan, dan membantu pertumbuhan bakteri baik.

6. Memiliki Sifat Antioksidan

Perlu diketahui, bahwa tembaga juga merupakan mineral yang bisa bertindak sebagai molekul antioksidan. Molekul antioksidan itu sendiri berfungsi untuk melawan radikal bebas berlebih.

Selain itu, mineral ini juga berfungsi dalam membantu produksi sel darah merah, penyerapan zat besi, regulasi detak jantung, serta menyembuhkan penyakit kanker.

4 dari 4 halaman

Efek Mengonsumsi Secara Berlebihan

Meski manfaat tembaga bagi tubuh cukup beragam, namun ada beberapa risiko yang juga bisa ditimbulkan dari zat tembaga. Berikut diantaranya:

- Muntah darah

- Linglung

- Sakit kepala

- BAB berdarah

- Gejala anemia (produksi sel darah putih berlebihan efek tembaga di tubuh)

- Kerusakan hati

- Penyakit kuning

- Diare

Selain itu, kamu juga bisa mengalami kondisi yang dinamakan dengan penyakit Wilson. Penyakit Wilson adalah adanya penumpukan tembaga dalam jaringan organ tubuh, seperti kornea mata, otak, dan hati. Jika tidak segera ditangani, penyakit Wilson bisa mengancam jiwa dan menyebabkan kematian.

Jadi, apabila kamu mengalami beberapa efek samping di atas setelah mengonsumsi suplemen penambah tembaga, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Nah, itulah beberapa manfaat tembaga bagi tubuh dan risikonya jika dikonsumsi berlebihan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar