14 Manfaat Infused Water Lemon dan Timun untuk Diet dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Kamis, 27 Februari 2020 12:50
14 Manfaat Infused Water Lemon dan Timun untuk Diet dan Kesehatan
Di balik kesegaran infused water lemon yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

Infused water adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran atau rempah-rempah. Karena dibuat dengan menanamkan rasa, ketimbang membuat jus atau campuran, infused water mengandung sangat sedikit kalori. Ini membuatnya menjadi minuman yang populer untuk rejimen detox seperti "lemon detox" pada infused water lemon.

Caranya pun mudah untuk dilakukan di rumah. Manfaat infused water lemon ini juga bisa sangat bagus untuk tubuh. Berikut adalah manfaat infused water lemon yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Infused Water Lemon dan Timun

Salah satu bahan yang digunakan untuk infused water adalah mentimun. Manfaat timun ini jika dikombinasikan dengan lemon akan memberikan manfaat infused water lemon dan timun yang bagus untuk tubuh. Berikut adalah manfaat Infused Water Lemon dan Timun.

Ilustrasi infused water mentimun © Diadona

Mengeluarkan racun dari tubuh

Manfaat infused water lemon dan timun yang pertama yaitu bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Ketika kamu mengkonsumsi timun yang banyak mengandung air, maka akan mendorong produksi air seni sehingga ikut membuang racun hasil metabolisme tubuh.

Kesehatan ginjal

Timun mengandung kalium, fluorin dan silikon yang bisa membantu kerja ginjal. Beberapa zat ini juga mampu membuang sisa hasil metabolisme tubuh dan membantu ginjal untuk membuang lemak yang ada pada tubuh

Mengandung zat anti tumor

Banyak orang yang belum tahu bahwa manfaat infused water lemon dan timun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dihambat oleh timun yaitu kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker ovarium. Hal ini disebabkan karena timun megandung zat anti tumor.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Hidrasi penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi, yang dapat membuat kembung. Manfaat infused water lemon dan timun ini juga ditengarai oleh minum banyak air dapat membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah sembelit.

Meningkatkan mood dan tingkat energi

Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1% dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi rentang konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala. Satu studi mengamati orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari 1,2 liter air per hari. Ketika mereka meningkatkan asupan air hingga 2,5 liter per hari, mereka lebih bahagia, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih tenang.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Infused Water Lemon

Infused water sekarang ini menjadi pilihan banyak orang sebagai minuman pelengkap pola hidup sehat. Tak heran, melihat minuman satu ini memang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu varian infused water yang banyak digemari adalah infused water lemon. Berikut adalah manfaat minum infused water lemon.

Ilustrasi Air Lemon © Diadona

Mengatur tingkat keasaman (pH) di dalam tubuh

Menjaga kadar pH tetap ideal adalah suatu keharusan. Tujuannya untuk menghindari gangguan kesehatan seperti obesitas, hingga penyakit jantung sekalipun. Kandungan asam sitrat yang terdapat di infused water lemon dinilai efektif dalam mengendalikan kadar pH agar senantiasa normal.

Mencegah penuaan dini

Buah lemon adalah buah yang mengandung zat antioksidan. Sebagaimana yang kita ketahui, buah dengan kandungan antioksidan manfaatnya bagi tubuh sangat banyak, seperti merawat kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C. Kombinasi vitamin C dan antioksidan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen lebih banyak sehingga kulit tetap terlihat kencang dan kenyal. Untuk meraih hasil maksimal, imbangi konsumsi infused water lemon ini dengan sejumlah asupan nutrisi lainnya yang berasal dari jenis buah dan sayuran lainnya juga.

Mencegah infeksi

Manfaat infused water lemon juga diperkaya dengan zat antibakteri. Dengan begitu, mengonsumsinya secara rutin bisa menghindari dari infeksi bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Anti dehidrasi

Selain air putih, kamu bisa mencoba manfaat infused water lemon sebagai alternatif untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini disetujui sejumlah ahli yang berpendapat kalau infused water mampu membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Cairan mengambil 60% dari total berat badan kita. Idealnya, manusia membutuhkan 8-12 gelas air putih per hari agar tubuh tetap sehat. Dengan adanya tambahan buah lemon pada infused water lemon, minum air putih akan lebih menyegarkan.

Penambah energi

Selain mengonsumsi banyak makanan dan vitamin, minum infused water lemon juga bisa jadi alternatif lainnya guna mengembalikan energi yang hilang, pun memperbaiki mood. Minumlah infused water lemon setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah lemon menjadikan manfaat infused water lemon bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika selama ini kamu mudah terserang sejumlah penyakit seperti flu, sariawan, dan infeksi lainnya, cobalah rasakan manfaat infused water lemon yang satu ini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Infused Water Lemon untuk Diet

Ternyata manfaat infused water lemon ini juga bisa kamu tambahkan pada menu dietmu. Ini karena manfaat infused water lemon bisa untuk diet. Berikut manfaat tersebut.

ilustrasi diet © Diadona

Membantu menurunkan berat badan

Air dapat membantu menurunkan berat badan, dan ini berlaku juga sebagai manfaat infused water lemon. Air telah terbukti untuk sementara meningkatkan laju metabolisme, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum setengah liter air dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30% selama sekitar satu jam.

Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi infused water lemon dimaksudkan agar tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Jika cairan di dalam tubuh tercukupi, otomatis pencernaan pun menjadi lancar.Kamu bisa mengambil manfaat infused water lemon yang satu ini untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

4 dari 4 halaman

Setelah membahas manfaat infused water lemon dan timun, berikut cara pembuatannya:

1. Siapkan 2 buah lemon, cuci sampai bersih

2. Iris lemon menjadi beberapa bagian, buang bijinya.

3. Siapkan 1 liter air putih matang

4. Masukkan seluruh potongan lemon ke dalam air.

5. Kamu bisa menambahkan potongan timun, daun mint, atau buah lain sebagai penambah rasa.

6. Diamkan air lemon minimal 1 jam dan maksimal 4 jam. Kamu bisa memasukkannya kedalam lemari pendingan agar lebih segar.

7. Setelah 1 jam, infused water akan berasa asam yang berarti infused water sudah siap diminum.

Bagaimana menurut tentang manfaat infused water di atas? Mudah dan tentunya bagus untuk tubuh bukan? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar