6 Makanan Minuman yang Justru Membuatmu Lebih Cepat Kehabisan Energi

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 19 Januari 2020 12:00
6 Makanan Minuman yang Justru Membuatmu Lebih Cepat Kehabisan Energi
Tidak semua makanan yang kita makan memberikan energi yang seimbang bagi tubuh, kok bisa ya?

Kita semua tentu merasa lelah dari waktu ke waktu. Namun jika rasa lelahmu berkelanjutan bahkan kamu merasa kewalahan karenanya, maka kamu perlu mempertimbangkankan gaya dan pola makanmu.

Tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan aktif menggerakkan anggota tubuhmu dengan berolahraga adalah kunci dari tubuh yang sehat. Makanan merupakan salah satu hal yang akan dicari ketika tubuh sedang membutuhkan energi, namun ternyata terdapat beberapa makanan yang memang memberikanmu energi, namun juga cepat menghabiskan energi tubuhmu.

Dilansir dari healthline (26/06) berikut adalah makanan yang membuatmu justru lebih cepat menghabiskan energi.

1 dari 3 halaman

1. Sarapan Sereal
Sarapan sereal merupakan salah satu cara yang mudah untuk sarapan, namun kamu perlu mengetahui jika beberapa sereal memiliki indeks glemik yang tinggi. Yang berarti tubuh akan menyerap dan mencerna karbohidrat ini lebih cepat. Hal ini menyebabkan gula darah dapat meningkat dengan cepat pula.

Peningkatan energi yang dirasakan sejak dini setelah makan akan diikuti oleh penurunan gula darah dan kelelahan.

Jika kamu ingin sarapan dengan sereal, pilih sereal yang rendah gula, dengan sekitar lima gram gula atau kurang total per 100 gram. Ini juga termasuk pada sereal gandum utuh, yang juga kaya serat.

2. Kopi

Ilustrasi Kopi © Diadona


Meskipun Kopi merupakan salah satu favorit sebagian besar orang ketika sedang membutuhkan energi, namun kamu tetap perlu berhati-hati. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi justru dapat membuatmu kehilangan energi tubuh.

Jika kamu lebih merasa lelah dibanding berenergi setelah meminum kopi. Makan kamu perlu menghentikan konsumsi kopimu sejenak.

2 dari 3 halaman

3. Daging Merah

Ilustrasi daging © Diadona

Daging merah kaya akan nutrisi, namun juga tinggi kadar lemak. Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk dapat mencerna makanan ini. Semakin banyak energi yang digunakan untuk mencerna makanan ini, tentu semakin sedikit energi yang kamu miliki.

Untuk itu disarankan oleh para ahli untuk tidak setiap hari mengkonsumsi daging merah, atau kamu dapat beralih pada daging tanpa lemak 

4. Minuman Berenergi

Minuman berenergi memang dapat memberikan energi, karena bahan dasar yang digunakan adalah bahan dasar dari kopi yaitu kafein. Sehingga jika kamu meminumnya terlalu banyak, dampat yang ditimbulkan dapat serupa dengan kopi. Yaitu membuatmu kelelahan ketimbang berenergi.seperti Salmon.

3 dari 3 halaman

5. Gula

Ilustrasi Gula © Diadona


Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, gula mungkin tidak memiliki dampak signifikan pada tingkat energi tubuh. Tetapi jika kamu mengkonsumsi banyak gula secara berkala, kamu mungkin mengalami peningkatan dan penurunan gula darah yang drastis. Hal ini dapat memungkinkan kamu mengalami kelelahan, kelesuan, atau bahkan jadi mudah marah.

Beri Komentar