5 Tips Olahraga Zumba untuk Pemula, Jangan Asal Gerak ya!

Reporter : Mila
Senin, 8 November 2021 07:57
5 Tips Olahraga Zumba untuk Pemula, Jangan Asal Gerak ya!
Yang mau coba zumba, yuk merapat!

Zumba adalah salah satu jenis senam yang memadukan tari salsa dan gerakan aerobik dengan diiringi musik tertentu. Perbedaan zumba dengan senam aerobik terletak pada variasi geraknya yang lebih banyak.

Olahraga ini cocok bagi kamu yang sedang diet dan suka olahraga kardio. Tapi, para pemula tentu tidak banyak tahu tentang apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan zumba.

Berikut ini 5 tips zumba bagi pemula yang bisa kamu ikuti. Simak ya! 

1 dari 5 halaman

Pakai Sepatu

Memakai sepatu bisa membantumu untuk bergerak dengan lebih mudah. Selain itu, dengan memakai sepatu, kaki akan terlindung dari risiko lecet atau kapalan saat bergesekan dengan lantai.

Pastikan pilih sepatu yang berjenis lidah pendek karena akan lebih fleksibel saat digunakan. Dianjurkan untuk memakai sepatu khusus olahraga karena memiliki insole lebih tebal dan empuk sehingga kaki tidak sakit saat zumba dalam waktu yang lama.

2 dari 5 halaman

Pakai Baju Nyaman

Ilustrasi Zumba © Diadona

Saat zumba, kamu dituntut untuk bergerak secara leluasa. Oleh karena itu diperlukan pakaian yang punya fleksibilitas tinggi. Jangan pakai jeans atau pakaian dengan bahan yang kaku karena bisa menghambat gerakan dan membuat kulit berisiko iritasi.

Kamu bisa pakai pakaian khusus olahraga atau pakaian yang berbahan lentur sehingga bisa menyesuaikan gerakan tubuh kalian ketika zumba.

3 dari 5 halaman

Ikut Tiga Kelas per-Minggu

Apabila kamu benar-benar ingin menguasai teknik dalam zumba, diperlukan latihan yang rutin dan berkelanjutan.

Banyak praktisi zumba menyarankan untuk mengikuti latihan minimal tiga kali dalam sepekan agar hasilnya optimal. Pastikan juga kamu didampingi oleh instruktur yang berpengalaman agar gerakan yang kalian lakukan benar dan porsi latihan kalian bisa tepat sesuai kebutuhan.

4 dari 5 halaman

Makan dan Minum Maksimal 2 Jam Sebelum Zumba

Karena zumba adalah olahraga berintensitas tinggi, tentu diperlukan asupan nutrisi yang memadai. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu makan atau minum dulu sebelum mengikuti zumba agar tidak mudah capek.

Tapi, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk makan dan minum adalah maskimal dua jam sebelum zumba dimulai. Hal itu dilakukan kalian terhindar dari nyeri perut saat zumba berlangsung.

5 dari 5 halaman

Kondisi Fisik Sehat

Ilustrasi Zumba © Diadona

Jangan lakukan olahraga zumba jika kondisimu sedang tidak baik/fit. Ketahui batas dan kondisi fisik kalian sebelum mengikuti zumba agar kalian aman dan tidak merepotkan teman kalian yang lainnya.

Terakhir, jangan takut salah gerakan ketika awal mencoba zumba. Kesalahan adalah hal yang wajar dan kalian hanya butuh latihan rutin saja.

Gimana, tertarik untuk ikut zumba?

Beri Komentar