5 Penyebab Mata Bintitan yang Sering dan Terus-Menerus, Gara-Gara Hobi Ngintip Orang?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 28 Agustus 2020 15:34
5 Penyebab Mata Bintitan yang Sering dan Terus-Menerus, Gara-Gara Hobi Ngintip Orang?
Mengintip memang tidak baik. Sayangnya, itu bukan penyebab bintitan.

Kalau kamu pernah mendengar bawha penyebab mata bintitan adalah karena ngintipin orang mandi, tenang aja,kamu nggak sendirian kok. Dan mari kita luruskan informasi tersebut untuk menghindari suudzon bagi mereka yang sedang mengalami penyakit ini.

Bintitan punya nama medis herdeolum, adalah benjolan merah yag nyeri di dekat kelopak mata. Bentuknya kadang mirip bisul atau jerawat yan sering kai berisi nanah. Dikut dari Mayo Clinic, bintit biasanya terbentuk di bagian luar kelopak mata, meski kadang juga muncul di bagian dalam kelopak mata.

kebanyakan sih bintitan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa. Syukur deh, karena gejalanya sedikit bikin nggak nyaman. Untuk meredakannya, kamu bisa mengoleskan washlap hangat ke kelopak mata.

1 dari 4 halaman

Penyebab Mata Sering Bintitan dan Terus-Menerus

Penyebab Mata Bintitan © Diadona

Secara umum nih, penyebab mata bintitan yakni ketika ada kelenjar di tepi klopak mata terinfeksi. Infeksi ini paling sering terjadi karena bakteri atau kuman yang disebut Staphylococcus aureus.

Seseorang mungkin sesekali terkena bintitan, tapi kalau ternyata sering dan terus-menerus, kira-kira kenapa ya?

Selain karena penyebab mata bintitan secara umum yang mungkin menjadi kebiasaan dan kondisi natural penderita, mungkin saja bintitan terjaid karena blepharitis.

Blepharitis

Yakni peradangan kronis pada kelopak mata. Gejalanya termasuk kemerahan pada mata dan kelopak mata, trus mata terasa gatal, terbakar atau seperti ada sesuatu yang ada di mata. Beberapa penderita mengeluhkan kalau kelopak mata mereka seperti membentuk kerak dan saling menempel di pagi hari. Blepharitis ini biasanya terjadi di tepi kelopak mata, tapi dalam beberap akasus juga mungkin terjadi pada lapisan dalam mata atau kornea.

lalu apa hubungannya blepharitis sebagai penyebab mata bintitan?

Saat terjadi blephatiris bakterial, maka abses atau kumpulan nanah yang dikelilingi oleh jaringan meradang bisa terbentuk di kelenjar keringat. Nah, inilah yang jadi penyebab mata bintitan.

Kalau sudah begini, biasanya bintitan bakalan tumbuh dengan menojol, nyeri, bengkak dan merah. perawatannya bsia dilakukan dnegan kompres air hangat atau dalam kasus tertentu yakni antibiotik.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Mata Bintitan

Penyebab Mata Bintitan © Diadona

Beberapa penyebab mata bintitan bisa kamu simak dalam ulasan berikut:

Infeksi Bakteri

Sebenarnya bakteri penyebab mata bintitan ini adalah kuman yang umum pada kulit yang sehat dan nggak menimbulkan masalah. Tapi kadang bisa masuk ke kulit dan menyebabkan infeksi seperti flek, abses dan bintit.

Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori kelenjar minyak yang tersumbat oleh kotoran, kulit mati atau penumpukan minyak bisa menumbuhkan bakteri di dalamnya. Dari faktor-faktor tersebut kemudian tumbuhlah menjad infeksi yang jadi penyebab mata bintitan.

Tidak Menghapus Make Up

Make up yang menumpuk di wajah dan terbawa hingga tidur ternyata nggak cuman bikin jerawatan aja, tapi bisa juga jadi penyebab mata bintitan. Prinsips sama dengan kotoran di mana make up menyumbat dan menghalangi kelenjar minyak di kelopak mata. Kalau ini terjadi, bakteri bisa tumbuh di dalamnya rus menginfeksi dan membuat kelopak mata meradang. Peradangan ini lebih lanjut bakalan jadi penyebab mata bintitan.

Penyebab Bintitan yang Tak Diketahui

Tapi, sebagian besar penyebab mata bintitan hadir tanpa diketahui. Kemungkinan karena kelopak mata yang gatal dan sering dikucek.

3 dari 4 halaman

Penyebab Mata Sering Bintitan dan Cara Mengobatinya

Penyebab Mata Bintitan © Diadona

Bintitan memang nggak mengenakkan, terlebih kalau terasa nyeri, merah dan juga menarik perhatian. Tapi tenang aja kok, setelah kamu tahu apa aja penyebab biintitan buat menghindarinya lagi, ada banyak cara sederhana untuk menghilangkannya.

Kompres Air hangat

Mengompres air hangat pada kelopak mata yang bintitan dipercaya bisa mengempeskan nanah di dalamnya. Selanjutnya, bintitan tersebut bakalan kempes deh

Kamu cukup mnempelkan handuk hangat di lokasi bintit selama 10 menit, sekitar empat kali sehari. Lakukan hingga bintit terlihat kempes.

Kompres dengan Kantong Teh

Ini adalah salah satu cara populer dalam menghilangkan bintitan, yakni menggunakan kantung teh. Teh hitam disebut punya fungsi untuk menghilangkan pembengkakan. Kandungan antibakterinya bisa untuk membantu proses penyembuhan.

Pertama, seduh dulu kantong teh hitam. Ets, jangan dikasih gula ya, kamu kan sedang tidak akan menyeduh teh. Diamkan kantung teh selama satu menit, peras, lalu tempelkan kantungnya ke mata sekitar 5 sampai 10 menit.

Bersihkan Mata

Selain menghindari bakteri dan penyumbatan pori-pori sebagai penyebab mata bintitan, ternyata membersihkan mata juga punya berfungsi untuk mengobatinya.

Caranya, pakai air bersih dan sabun lalu bersihkan bagan mata yang bintit.

4 dari 4 halaman

Penyebab Bintitan di Kelopak Mata Bawah

Wanita Menutup Mata Bintitan © Diadona

Kalau kamu sering melihat bintitan di kelopak mata bagian atas, sebenarnya bintitan ini juga mungkin muncul di kelopak mata bagian bawah kok. Ini karena faktor -faktor penyebab bintitan ada pada kedua bagian kelopak mata itu, seperti debu, kelenjar minyak atau bakteri.

Berbeda dengan sakit mata merah, bintitan ini nggak menular kok. Pun kalau misalnya kamu menyentuh bintitan di mata orang lain, kemungkinan untuk kamu punya bintitan sendiri juga hampir tak ada. Menyentuh bintatn nggak menyebabkan bakteri penyebab mata bintitan ini berpindah tangan.

Bila kamu sudah menghindari hal-hal penyebab bintitan namun dia terus saja daang, lebih baik segera kamu konsultasikan dengan dokter ahli ya.

Beri Komentar