Bukan Air Dingin, Saat Sedang Kepanasan Kamu Sebaiknya Minum Ini lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 29 Mei 2020 10:25
Bukan Air Dingin, Saat Sedang Kepanasan Kamu Sebaiknya Minum Ini lho
Pasti biasanya kamu memilih minum air dingin bukan?

Lidah tiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, ada yang menyukai makanan asam, manis, asin, hingga pedas.

Nah untuk rasa pedas sendiri memang nggak semua orang tahan dengan sensasi yang ditimbulkannya. Membuatlidah terasa terbakar, bahkan bisa sampai meneteskan air mata.

Biasanya ketika kepedasan, hal pertama yang kita lakukan adalah meminum air putih dingin. Padahal, dilansir dari indiatimes.com, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi air dingin ketika sedang kepedasan.

Sebaiknya kamu konsumsi ini saat sedang kepedasan.

1 dari 3 halaman

Minum susu, es krim atau yogurt

ilustrasi susu kedelai © Diadona


Kapsaisin adalah salah satu bahan dalam cabai, paprika dan makanan pedas lainnya. Nah produk seperti susu segar dan yoghurt memiliki kandungan protein yang disebut dengan kasein. Protein ini dapat membantu untuk menguraikan kapsaisin dan meringankan sensasi terbakar akibat kepedasan.

2 dari 3 halaman

Hisap satu sendok gula atau madu

19 Manfaat Madu Hitam Untuk Wajah Hingga Untuk Ibu Hamil © Diadona


Kapsiasin adalah minyak alami, sehingga menghisap gula batu lama-lama di lidah bisa membantu menghilangkan rasa terbakar di mulut.

 

3 dari 3 halaman

Makan roti, nasi, kentang

ilustrasi nasi pulen © Diadona


Kandungan karbohidrat dalam roti, nasi dan kentang mengandung zat tepung yang menciptakan penghalang antara kapsaisin dan rasa yang ada dalam mulu. Karbohidrat juga dapat menyerap kapsaisin sehingga dapat mengurang rasa pedas saat kepedasan.

Nah itu dia hal-hal yang sebaiknya kita konsumsi ketika sedang kepedasan. Sadar nggak sih, kalau meminum air dingin saat sedang kepedasan justru membuat rasa pedasnya makin menjadi. Coba deh mulai konsumsi bahan-bahan diatas untuk menghilangkan rasa pedasmu.

Beri Komentar