Kenapa sih Harus Segera Mengisap Darah di Jari yang Terluka?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 19 Juni 2020 12:25
Kenapa sih Harus Segera Mengisap Darah di Jari yang Terluka?
Bukannya itu justru bakteri ya?

Ketika jari tertusuk benda tajam dan mengeluarkan darah, banyak yang mengatakan jika kita perlu segera mengisapnya seketika itu terjadi. Ini emang jadi hal yang udah biasa kita lakukan, tapi sebenarnya aman nggak sih melakukan hal ini?

Dilansir dari jurnal The FASEB yang dilakukan di Belanda, terdapat suatu senyawa dalam air liur manusia yang fungsinya mempercepat penyembuhan luka pada bagian tubuh yang mengeluarkan darah.

1 dari 2 halaman

ilustrasi darah dan virus © Diadona

Air liur mengandung 40 hingga 50 protein. Nah tiap protein ini memiliki manfaat yang berbeda-beda, salah satunya adalah menangkal debu, sinar cahaya, hingga bahan kimia.

Nigel Benjamin, seorang dokter spesialis farmakologi klinis dari St Bartholomew’s Hospital dan The London School of Medicine and Dentistry berpendapat ketika air liur mengenai kulit dapat mengubah salah satu komponen air liur, yaitu Nitrat menjadi nitrat oksida.

 

2 dari 2 halaman

Yang mana kandungan ini dapat melindungi luka teriris dari bakteri.

Jadi mengisap air liur ketika kulit berdara memang aman untuk dijadikan pertolongan pertama. Namu ketika darah dari luka itu berhenti kamu perlu segera mengobati atau menutup luka tersebut ya.

Beri Komentar