48 Cara Hidup Sehat dan Bersih secara Alami Menurut Islam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 7 Januari 2020 11:46
48 Cara Hidup Sehat dan Bersih secara Alami Menurut Islam
Hidup sehat berhubungan langsung dengan kerentanan terhadap penyakit fisik dan secara tidak langsung berpengaruh pada angka harapan hidup.

Gaya hidup yang sehat punya manfaat jangka panjang, diantaranya untuk kesehatan dan kebugaran kamu. Sebagian cara hidup sehat ini mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya, tapi tidak juga kamu praktekkan untuk sehari-hari. Bila jawabannya adalah karena sulit, tentu saja. Tapi bukannya manfaatnya sangat besar?

Sebuah studi menunjukkan adanya peningkatan usia harapan hidup masyarakat di Amerika Serikat selama satu abad terakhir. Di awal abad ke 20-ann, angak harapan hdiup bayi yang baru lahir kurang dari umur 50 tahun. Namun sat ini, ada lompatan usia hingga 30 tahun. Angka ini berkaitan dengan kemajuan teknologi kesehatan dan gaya hidup sehat.

Untuk kamu yang ingin sehat dan panjang umur, yuk simak 48 cara hidup sehat yang sudah Diadona kumpulkan untuk kamu, dari berbagai sumber (7/1)

1 dari 5 halaman

Cara Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Yoga © Diadona

Karena seumur hidup kamu hanya punya satu tubuh yang kamu miliki saat ini, yuk  jaga kesehatan kamu. Ada 49 cara hidup sehat yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang dan mulai dari yang paling mudah untuk kamu.

Jangan Merokok

Merokok jadi salah satu penyebab terbesar munculnya berbagai jenis penyakit, dan termasuk penyebab utama kematian dini. Data dari Dinas Kesehatan RI, saat ini lebih dari 97 juta penduduk Indonesia terpapar asap rokok.  Sedangkan Badan Litbangkes di tahun 2015 menyebut, ada 230 ribu kematian per tahun yang disebabkan karena konsumsi produk tembakau.

Aktif secara Fisik Setiap Hari

Tak hanya untuk kesehatan fisik, cara hdiup sehat dengan aktif berolahraga juga memiliki peran untuk meningkatkan kesehatan mental dan pikiran kamu. Usahakan untuk melakukan gerakan yang kamu sukai, minimal 30 menit setiap hari. Misalnya berlari kecil, yoga, berenang, atau senam.

Perbanyak Serat

Serat penting untuk membantu proses pencernaan, mengurangi tingkat kolestreol dalam tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan serta dari biji-bijian utuh, sayuran dan buah-buahan.

Kurangi Lemak Trans

Meskipun lemak baik untuk tuhbuh, namun jenis lemak trans punya efek buruk dan penggunaannya telah dilarang di Amerika. Lemak ini ditemukan pada minyak padat, sebagai produk sampingan dari proses dehidrogenasi. Cara hidup sehat tanpa lemak trans bisa mengurangi jumlah kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan pembuluh darah kamu.

Perbanyak asupan mineral dan vitamin

Keduanya memegang ratusan peran penting dalam tubuh, diantaranya untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, menyembuhkanluka, hingga membantu pembentukan tulang. Keduanya bisa didapat dari konsumsi cukup bahan makanan. Bahan nutrisi lain yang seimbnag juga diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kedua senyawa ini. Misalnya, vitamin A,D, E, dan K hanya akan larut dalam lemak.

Pertahankan berat dan bentuk badan ideal

Berat badan yang berlebih akan berkaitan dengan timbulnya berbagai masalah kesehatan, diantaranya diabetes, kolesterol hingga jantung. Sedangkan berat badan yang kurang bisa mengakibatkan rentannya daya tahan tubuh, kurangnay nutrsi hingga masalah kesuburan.

Kurangi Makanan Manis

Cara hidup sehat dappat kamu peroleh dengan mengurangi makanan manis. Gula mengandung banyak kalori yang berkontribusi pada naiknay berat bedam, hingga masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, jantung, hingga penurunan kemampuan otak.

Nikmati Camilan Sehat

Hasrat ngemil memang kadang nggak bisa dibendung, terlebih saat kamu lapar. Untuk itu, usahakan untuk ngemil makanan sehat yang rendah gula, rendah garam, dan diolah dengen cara yang benar. Misalnya, yougurt, kale, buah, atau chia pudding.

Konsumsi Makanan Prebiotik

Dengan konmsumsi makanan prebiotic berarti menyiapkan bakteri baik yang ada di dalam tubuh kamu. Cara hidup sehat ini bisa kamu dapatkan dnegan konsumsi yogurt setiap hari, yang bisa kamu modifikasi dalam berbagai olahan. Namun inget, prosesnya harus dalam standart pengolahan agar bakteri baiknya tidak mati.

Konsumsi suplemen

Cara hidup sehat dengan makanan tinggi nutrisi mungkin tidak akan cukup karena penyerapan dalam tubuh yang kurang. Misalnya, senyawa curcumin di dalam kunyit memang baik untuk kesehatan, namun jumlah yang diperlukan untuk hasil yang maksimal tidak bisa dicukupi hanya dari konsumsi kunyit rumahan saja. Untuk itu, diperlukan konsumen curcumin yang telah dilengkapi dengan senyawa tertentu untuk menunjang penyerapannya dalam tubuh.

Kurangi Makan di Luar, Cobalah Masak Sendiri

Saat kamu membeli makanan di luar, tentu kamu nggak bisa memastikan bahan, alat dan kebersihan yang dimakan selama proses pengolahan. Nah, cara hidup sehat yang bisa kamu lakukan yakni dengan memasak sendiri makanan kamu.

2 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat Alami

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Kanker, diabetes dan penyakit jantung muncul karena berbagai pola hidup yang tidak sehat. Dan kunci untuk menurunkan risikonya yakni dengan membuat perubahan kecil dalam kehidupan sehari-harimu.  

Perbanyak Minum Air Putih

Sebagai penyusun komponen tubuh lebih dari 60 persen, air punya banyak fungsi penting. Diantaranya, membuang kotoran dlaam tubuh, membawa dan menyerap nutrisi, dan pengatur subuh tubuh.

Pastikan cukup vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan fosfor, fungsi kekebalan tubuh, hingga pertumbuhan dan perkembangan tulang. Diketahui banyak orang, vitamin D terdapat dalam sinar matahari. Padahal, vitamin ini terbentuk di kulit sebgaia respon saat terkena sinar matahari.

 Medical Check up Rutin

Meskipun penting, namun masih banyak orang mengabaikan medical check up. Alasannya, selain karena merasa tubuhnya sehat dan baik-baik saja, mengetahui keberadaan suatu penyakit sebelum gejalanya benar-benar muncul justru membuat beberapa orang menjadi strees dan takut. Padahal, deteksi dini suatu penyakit dibutuhkan untuk mempercepat sesi pengobatan atau pencegah lebih lanjut dari resiko yang sudah muncul.

Tidur Cukup

Saat cukup tidur, fungsi kognisi, konsentrasi, produktivitas dan kinerja otak akan berlangsung secara optimal. Kurangfnya jam tidur sangat berkaitan erat dengan masalah kesehatan mental seperti depresi, dan lainnya.

Jangan Overthinking

Saat kamu berfikir secara berlebihan yang memicu kondisi stress, maka hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan kamu. Stres cenderung memiliki efek mendalam pada organ yakni membunuh sel sehat otak di hippocampus. Stres bisa menurunkan kinerja sistem pencernaan, menimbulkan penyakit jantung hingga menurunkan kekebalan tubuh.

Pilih Sayuran yang Berbeda Warna

Perbedaan warna sayuran menandakan perbedaan kandungan antioksidan yang dimiliki. Pastikan kamu mengkonsumi sayuran dari hampir seluruh spektrum warna sebagai

Kurangi Makanan Olahan

Dalam proses pengolahannya, makanan kerap ditambahkan beberapa bahan untuk menunjang daya tarik, rasa, maupun daya cerna. Selain bahan pengawet dan pewarna, dalam proses pengolahan makanan biasanya diberi tambahan gula dan garam tinggi untuk meningkatkan cita rasa. Makanan olahan cenderung kurang nutrisi dan rendah serat.

Pilih Makanan dari Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh masih mengandung banyak nutrisi penting seperti mineral, antioksidan, dan serat. Senyawea tersebut berada dalam dedak dan endosperm yang dibuang dalam proses pengolahan dari biji utuh menjadi butiran halus.

Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa alas kaki akan memberikan control yang baik saat posisi kaki menyentuh tanah, dan peningkatan keseimbangan.

Kurangi Makanan Digoreng

Reaksi antar bahan makanan yang diproses dalam suhu tinggi akan menghasilkan suatu senyawa bernama akrilamida. Biasanya ditemukan dalam kentang goreng, keripik kentang, serela, maupun roti. Senyawa ini disebut sebagai salah satu potensi munculnya kanker dalam tubuh.

Bergaul dengan Orang yang Sehat

Saat kamu bergaul dengan orang sehat, kamu akan semakin termotivasi untuk tetap menjalankan cara hidup sehat. Bersama dengan mereka, kamu bisa saling bertukar informasi dan pengalaman kesehatan.

Kurangi Konsumsi Tepung

Makanan dari tepung biasanya dioleh dengan cukup gula, salah satunya roti. Keberadaan keduanya memunculkan angka kalori tinggi dalam setiap sajiannya. Misalnya, dalam satu ons roti terdapat 77 kalori

Lakukan Yoga

Beberapa Gerakan dalam yoga dapat mencegah sekaligus membantu kamu pulih dari berbagai gangguan kesehatan. Kalau kamu belum tertarik untuk ikut kelas atau mengundang pelatih, kamu bisa memulianya sendiri di rumah dengan gerakan sederhana yang tutorialnya bisa kamu temukan dengan mudah di internet.

3 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat Menurut Islam

Ilustrasi Al Quran © Diadona

Nggak cuman menyangkut aspek ritual, Islam juga memiliki pedoman bagi umatnya dalam cara hidup sehat. Banyak dari tata cara tersebut yang telah terbukti secara ilmiah walaupun ajarannya telah muncul jauh sebelum penemuan teknologi.

Tidak Makan Berlebihan

Islam sangat menganjurkan moderasi dalam makan, yakni dalam porsi yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Dalam hadist Tirmidzi disebutkan, sebaiknya kita mengisi 1/3 bagian perut dengan makanan, 1/3 bagian untuk minuman dan sepertinya sisanya kosong untuk memudahkan pernafasan.

Bila dihubungkan dengan cara hidup sehat, pola makan yang berlebihan berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Hindari Alkohol

Konsumsi alcohol dilarang dalam islam. Bila dikaitkan dengan aspek medisny, hal ini tentu sangat beralasan. Alkohol nggak cuman membuat kamu kehilangan kesadaran, namun berkontribusi untuk kondisi anemia, kanker, penyakit jantung dan lainnya.

Tidak Makan Daging Babi

Cara hidup sehat dalam islam yakni denbgan menghindari daging babi. Meskipun daging ini dikenal sangat enak dan paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, dilansir di livestrong,.com, daging babi mengandung berbagai virus dan bakteri. Pada beberapa kasus, keberadaannya membuat muntah, demam, diare, kram perit, dan dehidrasi.

Membersihkan Gigi dengan Tusuk Gigi Setelah Makan

Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk menggunakan siwak (tusuk gigi) setelah makan. Ini merupakan cara hdiup sehat yang ampun dan sederhana, mengingat penumpukan sisa makanan di gigi bisa membuat gigi kamu rusak dan berlubang.

Menjaga Kebersihan Diri

Diriwayatkan tirmidzi, bahwa “ Allah itu bersih dan Dia menyukai kebersihan.”. Umat islam disarankan untuk menjaga kebersihan diri, mengelola sampah, dan rajin mandi. Cara hidup sehat ini untuk mencegah terulangnya wabah penyakit yang pernah melanda bangsa Eropa di abad pertengahan, hanya karena mereka mengabaikan kebersihan.

Membersihkan Peralatan Dapur

Nabi Muhammad SAW menekankan untuk menajag kebersihan dapur dan menutup wadah penyimpanan air. Ini mencegah adanya kontaminasi dari hewan-hewan yang membawa penyakit.

Sunat pada Pria

Islam mewajibkan sunat pada pria. Dari WebMD menyebut, cara hidup sehat dengan sunat bisa mengurangi infeksi saluran kemih, mengurangi risiko penyakit menular seksual dan berbagai resiko kesehatan lain.

Mencuci Setelah Buang Air Besar dan Buang Air Kecil

Setelah dari aktivitas buang air besar dan buang air kecil, umat Islam diwajibkan untuk mencuci tangan dan alat kelamin hingga bersih. Metode ini membantu menghilangkan keseluruhan kotoran, dan mengurangi resiko infeksi.

Menghindari Makan Darah dalam Bentuk Apapun

Meskipun keberadaan darah di pembuluh membuat tubuh kita tetap hidup, darah bisa menjadi racun saat masuk dalam organ pencernaan. Itulah mengapa konsumsi darah dilarang menurut Islam. Bahkan dalam sistempenyembelihan, darah harus dalam keadaan kering di hewan ternak sebelum boleh dikonsumsi.

Ini karena darah mengandung banyak zat besi, sedangkan organ pencernaan manusia tidak dirancang untuk menerima zat besi sebesar itu. Kelebihan zat besi menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru, dehidrasi, tekanan darah hingga gangguan syaraf.

 

4 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW

Ilustrasi Al Quran © Diadona

Rasulullah SAW diciptakan oleh Allah SWT sebagai suri teladan yang baik untuk umat-Nya. Bukan hanya menyangkut tentang ibadah saja, namun Rasullullah juga memberikan warisan berupa cara hidup sehat. Terbukti, seumur hidup beliau hanya jatuh sakit sebanyak dua kali.

Membagikan Makan ke Orang Lain

Nabi Muhammad SAW selalu menghimbau untuk membagikan makanan kepada tetangga, teman, atau pun orang miskin. Cara hidup sehat ini merupakan prinsip beliau untuk mendorong peningkatan kesehatan umum.

Puasa

Selain puasa wajibn di bulan Ramadhan, umat islam juga disarankan untuk melakukan puasa di hari-hari tertentu. Ini tentu bukan praktek yang tanpa alasan. Cara hidup sehat dengan puasa bisa kamu lakukan untuk memberikan jeda kepada system pencernaan untuk beristirahat.

Tidur Sebentar di Sore Hari

Nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan untuk tidur sebentar di sore hari. Diceritakan oleh Thumamah ibn Uthal, Anas berkata, “ Um Sulaim mengahmaprkan sebuah kain untuk tidur siang Nabi,”. Tidur siang yang pendek bisa jadi cara hidup sehat karena bisa me-refresh organ-organ vital tubuh kamu, termasuk jantung dan otak. Bayangkan tidur sebentar di sela padatnya aktivitas yang menuntuk kerja otak dan otot, pasti terasa lebih segar kan?

Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

“ Merupakan berkah untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,” (Abu Daud & Tirmidzi)

Nabi Muhammad SAW juga tidak menganjurkan untuk mengeringkan tangan dengan handuk sebelum makan. Mengapa? Karena hal itu justru akan menularkan infeksi dari satu orang ke orang yang lain.

Berdoa Lima Kali Sehari

Terlepas dari aspek spiritualnya, kewajiban solat bagi kaum muslim mempunya ipengaruh yang baik untuk kesehatan. Gerakan yang terlibat dalam salat merupakan gerakan ringan dan membantu sirkulasi darah tetap lancer. Salat melibatkan kontraksi dan relaksasi otot yang lembut, dan merupakan jenis latihan, peregangan dan kontraksi yang cocok untuk segala jenis usia.

Madu untuk Obat Infeksi

Dari Surat An-Nahl ayat 69 menyebut bahwa “ madu adalah penyembuhan bagi umat manusia,”. Tak berlebihan memang karena madu menawarkan sifat antiseptic, antioksidan, dan penambah kekebalan tubuh.

Meminum air dengan Perlahan

Cara hidup sehat sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW adalah dengan tidak meminum air dalam satu kali tegukan seperti unta. Minum terlalu banyak dalam waktu singkat bisa memicu ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah dan membuat kamu jadi pusing.

Makan dengan Perlahan

Salah satu cara hidup sehat ala Nabi Muhammad adalah dengan makan secara perlahan. Saat makan, otak kita memerlukan waktu beberapa saat untuk mengirimkan sinyal bahwa kamu sudah kenyang. Dengan makan secara pelan, kamu memberi waktu kepada otak dalam melakukan tugasnya. Sehingga nantinya, kamu belum mengkonsumsi makanan berlebihan saat otak kamu menerima sinyal tersebut.  

Kesehatan Mental

Siapa mengira bahwa kesehatan mental sudah pernah difokuskan Nabi Muhammad SAW ribuan tahun yang lalu? Ini terlihat saat beliau memberikan nasihat kepada seseorang untuk ‘Jangan marah,’. Beliau mengulang kalimat tersebut hingga tiga kali.

5 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dan Bersih

Ilustrasi Wanita Tua © Diadona

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, nggak cuman dibutuhkan asupan gizi dan kecukupan olahraga, namun lingkungan harus selalu bersih. Karena, sumber penyakit tidak hanya muncul dari apa yang masuk ke dalam tubuh melalui makana, namun kontak dengan bakteri, kuman, dan hewan yang senang hidup di lingkungan kotor.

Flossing Gigi secara Rutin

Penumpukan plak gigi seharusnya tidak boleh diangap sepele, karena bisa memicu berbagai penyakit. Disarankan pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk pembersihan, sekaligus mengecek adanya masalah yang muncul pada gigi kamu.

Bersihkan Rumah dengan Rutin

Dengan membersihkan rumah secara rutin, berarti kamu menghilangkan debu dan bakteri yang menumpuk di sisi rumah, menghindarkan dari kemungkinan munculnya penyakit. Rumah yang bersih akan bebas sarang nyamuk, kecoak, hingga tikus.

Buang Sampah pada Tempatnya

Keberadaan sampah yang menumpuk dan ada di dekat kamu akan memunculkan hewat seperti semut, lalat, kecoak, hingga tikus. Hewan tersebut membawa berbagai benih penyakit yang berbahaya.

Mengatur Rumah dengan Lebih Rapi

Masih ingat dengan metode merapikan rumah ala Marie Kondo? Praktisi kerapian asal Jepang terusebut mengajarkan bahwa rumah yang lebih rapi membuat pikiran lebih sehat, karena kita tidak lagi dipusingkan dengan barang yang menumpuk, barang yang tidak terpakai dan barang yang susah dicari karena tidak diletakkan dengan teratur sesuai dengan tempatnya.

Kurangi Pemakaian Plastik dan Stereofoam untuk Makanan

Penggunaan plastic dan stereofoam sebagai bungkus makanan sering digunakan masyarakat karena alasan praktis dan harganya yang murah. Padahal, keduanya tidak disarankan dalam sisi keamanan pangan. Untuk plastic yang memang tidak didesain khusus untuk ini, suhu tinggi dari makanan akan membuat plastic meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik.

Kompos Sisa Makanan

Cara hidup sehat dengan melakukan kompos sisa makanan mungkin sediit ribet, terlebih bila kamu kamu tidak punya banyak waktu luang, alat dan bahan yang memungkinkan. Tapi, sisa makanan yang terbuang tidak pada tempatnya bakalan menjadi sarang bakteri, yang akan terbawa oleh hewan seperti tikus dan lalat. Di beberapa tempat, sisa makanan diberikan kepada hewan peliharaan seperti ayam dan bebek.

Bawa Air Minum dari Rumah

Selain aman dari sisi kebersihan, membawa air minum dari rumah bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan membeli minuman tinggi kalori seperti teh, kopi dan minuman manis lainnya. Cara hidup sehat ini juga mnembuat kamu lebih hemat, kan?

Beri Komentar