Apakah dengan Hanya Olahraga Saja Bisa Menurunkan Berat Badan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 16 September 2022 20:03
Apakah dengan Hanya Olahraga Saja Bisa Menurunkan Berat Badan?
Begini penjelasan secara medisnya.

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membuat badan kita menjadi lebih bugar dan sehat. Selain itu, berolahraga juga menjadi jalan kilat bagi seseorang untuk smenurunkan berat badan. Banyak orang yang percaya, aktivitas olahraga yang melibatkan fisik secara efektif akan menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya, olahraga saja tidak bisa efektif dalam menurunkan berat badan.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © Shutterstock

Mayo Clinic juga menjelaskan bahwa banyak orang yang salah kaprah dalam menilai manfaat olahraga. Healthline juga menjelaskan bahwa meskipun olahraga bisa membantu dalam membakar kalori, sebagian orang malah mengalami peningkatan nafsu makan setelah berolahraga.

Lalu, apakah olahraga masih bisa dikatakan efektif untuk menurunkan berat badan? meskipun olahraga menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menurunkan berat badan, ternyata keduanya tidak selamanya saling berkaitan.

2 dari 5 halaman

Melansir Mayo Clinic, olahraga saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan karena tidak ada perubahan lain yang dilakukan untuk mendukung olahraga yang dilakukan. Contohnya adalah tetap melakukan kebiasan buruk, yaitu makan setelah olahraga.

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © Shutterstock

Kebiasaan ini sebenarnya tidak disarankan karena bisa menambah jumlah kalori yang telah dibakar sebelumnya ketika olahraga. Very Well Fit juga menjelaskan bahwa sebenarnya jumlah kalori yang dibakar selama olahraga lebih sedikit daripada yang dibayangkan.

Makan setelah berolahraga tidak akan memberikan hasil yang maksimal untuk menurunkan berat badan. adahal, kuncinya adalah mengubah pola makan dan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © shutterstock.com

Berolahraga tidak boleh sembarangan jika tujuan yang ingin dicapai adalah penurunan berat badan. Cleveland Clinic menyebutkan bahwa melakukan olahraga kardio memang penting, tetapi menambahkan olahraga otot akan lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, Healthline juga menyebutkan bahwa ada beberapa jenis olahraga dan durasinya, seperti:

  • Olahraga kardio: setidaknya dilakukan selama 150 hingga 300 menit dengan intensitas menengah atau sekitar 75 hingga 150 menit dengan intensitas tinggi per minggu.
  • Olahraga otot: setidaknya 60 menit selama 3 hari dalam seminggu.
    High intensity interval training (HIIT): setidaknya selama 10 hingga 20 menit dalam satu sesi.

4 dari 5 halaman

Kamu yang tidak biasa berolahraga atau memiliki riwayat penyakit tertentu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai suatu program olahraga. Jika salah satu jenis olahraga tersebut dirasa tidak sesuai atau memberikan rasa sakit, kamu juga disarankan untuk menurunkan intensitas olahraga yang dilakukan. Atau, memberikan jeda sehingga tidak menimbulkan cedera.

Beri Komentar