Awas, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut!

Reporter : Mila
Jumat, 16 September 2022 07:57
Awas, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut!
Hayooo, siapa yang sering nahan kentut?

Saat tubuh kelebihan gas di dalam sistem pencernaan, hanya ada dua tempat untuk mengeluarkan gas tersebut, salah satunya adalah pantat. Proses mengeluarkan gas ini dikenal dengan istilah kentut.

Kentut adalah proses yang terjadi secara alami pada tubuh setiap manusia. Bahkan, kebanyakan orang kentut lima sampai 23 kali per hari.

Meski begitu, beberapa orang biasanya malu atau tidak nyaman karena sering buang angin. Terlebih, kalau sedang berada di tempat umum. Alhasil, mereka akan menahan kentut dan tanpa sadar hal ini bisa menjadi kebiasaan yang berdampak buruk untuk kesehatan. 

1 dari 6 halaman

Menahan kentut membuat gas terperangkap di usus, membuatnya terus menumpuk dan memberi tekanan pada dinding usus besar sampai kamu mendapatkan cara untuk mengeluarkannya.

Menimbulkan Rasa Sakit

Bahaya menahan kentut yang paling sering terjadi adalah peningkatan tekanan pada usus yang bisa menjadi menyakitkan. Rasa nyerinya bisa ringan hingga terasa menusuk dan tajam. 

2 dari 6 halaman

Kembung

Kembung terjadi ketika gas terperangkap di dalam usus yang membuat perut menjadi buncit. Tidak hanya membuat kamu seperti seseorang yang kelebihan berat badan, tapi juga membuatmu merasa tidak nyaman dalam berpakaian dan menjadi tidak percaya diri.

3 dari 6 halaman

Menjadi Sendawa

Terkadang, kentut seolah menghilang dengan sendirinya. Hal ini karena tubuh menyerap kembali gas untuk sementara waktu. Melansir penelitian Digestive Diseases and Sciences, gas tetap akan menemukan jalan keluar, kalau tidak melalui perut yang terasa kembung, maka gas akan keluar melalui sendawa atau dihembuskan dalam napas.

4 dari 6 halaman

Risiko Divertikulitis

Dampak menahan kentut yang dilakukan berulang kali bisa meningkatkan risiko divertikulitis (peradangan atau pembengkakan kantong yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, biasanya di usus besar). Hasilnya, kamu akan merasa mual, muntah, sembelit, atau nyeri perut.

5 dari 6 halaman

Hal yang bisa kamu dilakukan saat merasa ingin buang angin yaitu dengan mengeluarkannya. Meski berisik dan berbau tak sedap, tapi itu adalah salah satu fungsi tubuh yang harus dinormalisasi. 

Kamu tidak bisa menghilangkan kentut atau flatus. Tapi, kalau kamu ingin mengurangi jumlah kentut yang dihasilkan tubuh, kamu bisa mencoba beberapa hal, seperti:

  • Kurangi bawang putih, apel, mangga, plum, kembang kol, dan sebagian besar produk yang mengandung gluten.
  • Hindari rokok dan permen karet
  • Makan dengan porsi kecil
  • Jalan kaki setelah makan

Beri Komentar