4 Hal Aneh yang Banyak Dilakukan Ketika Tidur

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 18 Januari 2020 14:19
4 Hal Aneh yang Banyak Dilakukan Ketika Tidur
Apa hal aneh yang pernah kamu lakukan saat tertidur? Apakah hal-hal unik dibawah ini pernah kamu alami? simak yuk.

Apakah kamu pernah mendapat keluhan dari orang lain disekitarmu mengenai beberapa hal yang kamu lakukan saat tidur? atau kamu melihat orang disekitarmu melakukan hal-hal konyol pada saat mereka tertidur?

Pada saat tertidur memang secara umum banyak orang yang melakukan hal-hal tanpa disadari. Meskipun begitu, hal-hal tak disadari yang dilakukan selama tidur ini juga dapat disebabkan karena keadaan tubuh atau gangguan-gangguan tertentu yang mungkin sedang dialami.

Dilansir dari healthline (04/05), berikut ini adalah hal aneh yang paling umum dilakukan pada saat tidur.

1. Mengigau

Berbicara saat tidur memang lebih sering dialami oleh anak-anak, namun hal ini juga masih cukup banyak terjadi pada beberapa orang dewasa.

Menurut Shelly Weiss dalam buku Parasomnias, berbicara saat tidur biasanya dilakukan secara singkat, dan seringnya tidak dapat dipahami. Selain itu juga biasanya diucapkan dengan nada yang tinggi seperti marah.

1 dari 1 halaman

2. Tidur Berjalan

Ilustrasi Gangguan Tidur © Diadona

Tidur sambil berjalan atau sleepwalking merupakan salah satu hal yang paling sering terjadi saat tidur.

Gangguan tidur ini biasanya terjadi selama tahap tiga non-rapid eye movement (NREM); ini adalah periode " tidur nyenyak" di mana gelombang otak melambat, dan pernapasan juga menjadi dalam dan berjalan lambat.

Orang tidak dapat dengan mudah dibangunkan pada tahap ini, yang sebagian membuat sleepwalking begitu meresahkan, karena somnambulist aktif secara fisik sementara masih muncul dalam keadaan tidur nyenyak.

Sleepwalking cenderung berjalan menuju suara, cahaya atau ruangan tertentu. Dan dapat melakukan hal-hal seperti ganti baju, membuka pintu hingga buang air kecil.

3. Jatuh saat tertidur (Hypnic jerks)

Ilustrasi Gangguan Tidur © Diadona

Pasti kalian pernah merasakan ketika sedang mulai tertidur, namun tiba-tiba kalian merasa jatuh dari suatu ketinggian atau dari suatu tempat. Yang tentu saja, hal ini membuat kalian terkejut.

Hal ini merupakan salah satu hal yang dialami hampir semua orang. Hal ini biasanya terjadi karena adanya kontraksi otot yang berlangsung kurang dari 1 detik, dan terjadi pada saaat proses peralihan ke tahap tidur.

4. Seolah mendengar suara ledakan

Hal ini terjadi saat tertidur dan seolah-olah mendengar suara ledakan, flash kuat cahaya atau perasaan bahwa kepala seperti akan meledak. Alasan untuk ini adalah sama seperti yang dari " jatuh saat tidur" . Hal ini terjadi karena beberapa bagian dari otak seseorang yang berfungsi penuh selama tidur dan orang itu tidak benar-benar tidur.

Nah itu dia 4 hal yang paling umum terjadi pada saat tertidur. Apakah kamu pernah mengalami salah satunya? Bagi ceritamu di kolom komentar yuk!

Beri Komentar