4 Cara Ampuh Ini Bisa Hindarkan Kamu Dari Gangguan Usus

Reporter : Nasa
Jumat, 24 Januari 2020 16:02
4 Cara Ampuh Ini Bisa Hindarkan Kamu Dari Gangguan Usus
Kamu sering mengalami gangguan usus, sampai-sampai sering mengganggu aktivitas sehari-hari? 4 cara ampuh ini harus banget kamu coba, biar ususmu jadi makin sehat!

Kamu pasti tahu kan, bahwa usus memiliki peranan besar dalam sistem pencernaan manusia. Jika usus tidak berfungsi dengan baik, sudah dipastikan kamu akan merasa tidak nyaman untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada berbagai macam penyakit yang kerap kali menggaggu usus manusia. Seperti halnya Irritable Bowel Syndrome (IBS), yang merupakan salah satu penyakit pada usus besar. Biasanya gangguan tersebut umum ditandai dengan nyeri perut, kembung, diare. IBS ini biasanya dikaitkan dengan beragam faktor, seperti gangguan saraf usus, sampai dengan pengaruh hormon.

Untuk menghindari gangguan tersebut, mungkin kamu bisa mengkonsumsi berbagai
suplemen atau obat kimia untuk menyehatkan usus. Seperti penggunaan obat-obatan loperamide dan antibiotik rifaximin untuk diare. Serta suplemen berbasis serat untuk mencegah sembelit.

Dikutip dari laman Prevention (24/1), ternyata ada lho berbagai cara yang bisa kamu lakukan, untuk membuat ususmu semakin sehat. Tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia. Sehingga berbagai risiko gangguan pencernaan bisa kamu cegah sedini mungkin, tanpa harus meningkatkan kerja ginjalmu.

1 dari 4 halaman

1. Kendalikan Asupan Makananmu

Ilustrasi Makan © Diadona

Kamu bisa memulainya dengan melacak jenis makanan apa yang kamu konsumsi. Bisa kamu mulai dengan mencatat apa saja yang kamu makan. Baru kemudian kamu bisa mengetahui asupan makanan yang tidak sesuai dengan perutmu.

Kemudian kamu nantinya akan bisa mengendalikan asupan makanan yang masuk ke tubuhmu. Kamu juga harus bisa memulai mengidentifikasi jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko gangguan usus. Seperti gandum, daging sapi, babi, domba, dan kedelai. Kemudian kcang-kacangan, sayur dan buah-buahan mentah bisa juga cenderung mengakibatkan perut kamu kembung.

2 dari 4 halaman

2. Kurangi Konsumsi Kafein

Ilustrasi Kopi © Diadona


Meskipun mengkonsumsi kafein sudah menjadi bagian dari gaya hidup kamu sejauh ini, rasanya tetap harus memulai berpikir untuk menguranginya. Karena kafein merupakan stimulan yang meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada ususmu.

Bahkan mengkonsumsi kopi tanpa kafein saja sudah meningkatkan risiko itu. Jadi mulai sekarang, jika ingin ususmu lebih sehat. Kamu harus bisa mulai menguranginya secara perlahan, baru kemudian kamu bisa memulai hidup tanpa mengkonsumsi kafein secara penuh.

3 dari 4 halaman

3. Konsumsi Kunyit

17 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah © Diadona


Kandungan yang terdapat dalam kunyit ternyata bisa menyehatkan usus kamu. Sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya masalah pada ususmu. Bahkan kunyit juga disebut mampu mengurangi potensi gangguan pada usus sampai dengan 60 persen.

Takaran yang disarankan untuk konsumsi kunyit adalah 300 sampai dengan 400 mg dalam sehari. Kalian bisa mendapatkannya dengan membeli ekstrak kunyit di apotek. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi jamu yang dijual secara tradisional di lingkunganmu.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Asupan Berserat

Ilustrasi Pisang © Diadona

Gangguan pada usus besarmu juga sangat dimungkinkan terjadi karena sisa-sisa makanan yang masih mengendap di sana.

Makanya kalian sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan berserat. Seperti halnya strawberry, alpukat, apel, dan juga pisang.

Well, jadi empat poin tersebut merupakan cara-cara ampuh yang bisa membuat usus kalian semakin sehat. Kalian bisa menerapkannya satu per satu untuk membuat usus kalian jauh lebih sehat. Tapi kalian tentu boleh banget melakukan empat poin tersebut secara bersamaan, sehingga hasil yang kalian dapat juga bisa jauh lebih optimal.

Beri Komentar