5 Sikap Dasar untuk Menjaga Hubungan Asmara Bertahan Lama, Udah Tau Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 8 Februari 2022 14:15
5 Sikap Dasar untuk Menjaga Hubungan Asmara Bertahan Lama, Udah Tau Belum?
Jangan sampai berakhir dengan perpisahan.

Memiliki teman dekat hingga pasangan yang tepat bukanlah hal yang mudah. Jika mendapatkannya aja susah, maka mempertahankannya lebih susah lagi.

Disadari atau tidak, angka perceraian juga semakin banyak terjadi. Padahal, kondisi tersebut sebenarnya bisa dihindari.

Melansir dari Psychology Today, sebenarnya ada 5 kualitas hubungan yang sukses dan bisa bertahan lama. Hal-hal tersebut sering dianggap sebagai pilar fisik, emosional, hingga psikologis.

Lantas, apa saja yang bisa membuat hubungan asmara bisa langgeng? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

1. Saling percaya

Ilustrasi Pasangan KekasihIlustrasi Pasangan Kekasih © freepik.com/nensuria

Menurut HL Mencken, sifat saling percaya sebenarnya memiliki esensi yang lebih daripada sekadar menyatukan asosiasi manusia. Rasa percaya membuat kita merasa aman. Jika diaplikasikan dalam pernikahan, rasa saling percaya bisa membantu pasangan untuk meraih tujuan yang sama.

Saling percaya bisa jadi pilar terpenting dari kesuksesan hubungan jangka panjang. Tanpa kepercayaan, hubungan seringkali jauh dari rasa aman dan sulit untuk diselamatkan.

2 dari 6 halaman

2. Saling menghormati dengan komunikasi yang efektif

Hubungan yang sehat ditandai dengan rasa saling menghormati, hal ini akan terlihat dari cara pasangan berkomunikasi satu satu sama lain. Nada suara, pemilihan kata, bahkan momen komunikasi ini bisa memengaruhi efektis atau tidaknya komunikasi yang dilakukan.

Komunikasi yang dianggap tidak sopan sering terlihat melalui penilaian negatif yang berulang, kritik, serta sarkasme. Bisa dibilang, cara ini tergolong 'keras pada orang, tapi lembut pada masalah'. Seorang komunikator yang baik, justru akan bersikap lembut pada lawan bicaranya tapi tetap tegas pada pokok pembicaraan.

3 dari 6 halaman

3. Jaga keintiman dan ikatan satu sama lain

Ilustrasi Pasangan KekasihIlustrasi Pasangan Kekasih © shutterstock.com/g/Tong+Nawarit

Penulis Ronald Adler dan Russell Proctor II menemukan empat cara agar kita bisa terhubung erat dengan pasangan. Sempat dimensi keintiman ini meliputi hal fisik, emosional, intelektual, serta interaksi bersama.

Hubungan yang sehat setidaknya harus memiliki salah satu dimensi tersebut. Sedangkan pasangan yang langgeng dan terikat satu sama lain, biasanya akan memiliki beberapa dimensi kasih sayang dan keintiman secara bersamaan.

4 dari 6 halaman

4. Saling mendukung terutama di masa sulit

Hubungan yang tetap terjaga tentunya memiliki sifat saling membantu dan mendukung satu sama lain. Hal ini paling penting ditemukan utamanya saat terjadi masa sulit.

Ujian kehidupan akan terus datang menimpa salah satu pihak atau bahkan keduanya secara bersamaan, di momen inilah dukungan yang kuat diperlukan pasangan satu sama lain.

5 dari 6 halaman

5. Berusaha untuk tak tergantikan

Ilustrasi Pasangan KekasihIlustrasi Pasangan Kekasih © freepik.com/cookie-studio

Salah satu kualitas penting yang membuat suatu hubungan bisa bertahan lama adalah asosiasi yang tak tergantikan. Dalam hubungan asmara, akan ada kekosongan yang sangat terasa jika salah satu pihak tidak memberi dukungan.

Hal paling sederhana yang bisa mengukur 'ketidaktergantian' suatu hubungan adalah apakah masing-masing pihak bersedia menginvestasikan waktu, energi, dan upaya untuk menjadikan hubungan tersebut sebagai prioritas.

Beri Komentar