17 Penyebab Dada Sakit Sebelah Kanan, Bahaya Atau Tidak ya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 5 September 2020 23:23
17 Penyebab Dada Sakit Sebelah Kanan, Bahaya Atau Tidak ya?
Kalau sakit di bagian dada kiri lebih mungkin karena penyakit jantung, penyebab dada sakit sebelah kanan ada banyak ragamnya.

Sakit pada dada sebelah kanan bisa terjadi karena berbagai alasan. Tapi penyebab dada sakit ini nggak terkait dengan jantung kok.

Mengutip Healthline, dada adalah rumah bagi orang dan jaringan lain. Nah organ dan jaringan inilah yang mungkin meradang atau terluka, yang bisa menyebabkan rasa sakit. Kemungkinan besar penyebab dada sakit ini karna ketegangan otot, infeksi, stres, cemas, atau kondisi lain yang terkait dengan jantung.

Meski penyebab dada sakit sebelah kanan ini biasanya nggak karena jantung, tapi kamu harus segera mencari pertolongan medis ketika:

  • Nyeri dada parah yang nggak terduga
  • Merasakan tekanan dan rasa penuh di dada
  • Nyeri hebat yang menembus lengan, punggung, leher, rahang atau perut
  • Keringat dingin
  • Lemah, pusing hingga mual
  • Susah bernapas

Karena gejala tersebut bisa sangat serius dan mengancam jiwa.

1 dari 3 halaman

Penyebab Dada Kanan Sakit

Penyebab Dada Sakit © Diadona

Dikutip dari berbagai sumber, berikut penyebab dada sakit sebelah kanan:

Stres

Eh ternyata stres bisa menimbulkan serangan panik yang mirip dengan serangan jantung lho. Serangan ini bisa aja muncul secara tibatiba ketika kamu mengalami hal yang tarumatis dalam hidup.

Serangan panik berpotensi jadi penyebab sakit dada sebelah kanan karena terjadi hiperventilasi, atau bernapas dengan cepat, sehingga otot dinding dada mengalami kejang.

Trauma Benda Tumpul di Dada

Pukulan benda tumpul di dada bisa menyebabkan robekan pada otot pektoralis. Bisa juga karena trauma nggak langsung ke arah dada. Penyebab dada sakit sebelah kanan juga mungkin karena patah tulang rusuk atau kemungkinan terjadinya perpindahan tulang rusuk.

Otot Tegang

Trauma otot atau aktivitas yang berlebih sangat mungkin biin otot kamu jadi tegang. Dan ini adalah penyebab dada sakit kedua yang paling umum terjadi,

Ketegangan otot ini mungkin terjadi karena aktivitas yang intens pada tubuh bagian atas selama kamu berolahraga, bisa juga aktivitas berat lainnya. Sakit ini bisa reda dengan pereda nyeri dan istirahat yang cukup.

Gangguan Pencernaan atau Heartburn

Heartburn ditandai dengan rasa terbakar di dada setelah makan, membungkuk, olahraga, atau berbaring yang biasanya terjadi karena refluks asam.

2 dari 3 halaman

Penyebab Dada Sakit Sebelah Kanan

Penyebab Dada Sakit © Diadona

Kostokondritis

Yaitu peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada utama di bagian depan dada. Rasa sakitnya bisa parah atau ringan. Meskipun nyeri biasanya dirasakan di sisi kiri dada, ini juga sangat mungkin jadi penyebab dada sakit di sebelah kanan.

Kostokondritis ini biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi mungkin harus ditunjang dengan ekstra istirahat, pereda nyeri dan kompres panas untuk membantu pemulihan.

Tulang Rusuk Patah

Organ dalam dada kita terlindungi oleh tulang rusuk yang bisaaja patah karena satu dan sebab lainnya. Dan ini adala satu penyebab dada sakit yang sakit banget serta berbahaya kalau nggak segera ditangani.

Patah tulang rusuk biasanya disebabkan oleh jatuh atau benturan ke dada, tetapi juga bisa terjadi karena batuk yang parah. Jika patahan berada di sisi kanan dada akan terasa nyeri, bengkak, dan nyeri di area tersebut.

3 dari 3 halaman

Penyebab Dada Sakit © Diadona

Pleurisy

Yaitu peradangan pada selaput yang mengelilingi paru-paru. Peradangan ini menyebabkan gesekan antara dua lapisan ini, sehingga jadi penyebab dada sakit yang tajam dan parah saat bernapas.

Efusi Pleura

Efusi pleura adalah penumpukan cairan di antara lapisan jaringan di luar paru-paru. Selain bisa bikin nyeri dada, penderita juga mungkin mengalami sesak napas.

Pneumotoraks

Yitu paru-paru yang kolaps ketika uda keluar dari paru-paru tapi masuk ke ruang antara paru-paru dan dada. Akibatnya, paru-paru jadi sulit mengembang saat sedang bernapas. Ini menyebabkan rasa sakit dan nggak nyaman yang berlangsung secara signifikan dan tiba-tiba.

Pneumonia

Yaitu infeksi paru-paru akibat bakteri, virus atau jamur. Selain nyeri, penderita juga mungkin mengalami nyeri dada saat bernapas dan batuk. Bisa juga diserta dengan demam, menggigil dan kehilangan nafsu makan.

Emboli Paru

Yaitu gumpalan darah yang bersarang di paru-paru dan bisa mengancam jiwa kalau nggak ditangni dengan cepat. Ini akan jadi penyebab sdada sakit sebelah kanan bila terjadi di paru-paru sebelah kanan. Gejala tambahannya bisa berupa sesak, napas cepat dan batuk darah.

Hipertensi Paru

Kalau kamu biasanya mendengar hipertensi sebagai tekanan darah tinggi, nah ada lagi nih hipertensi paru, yaitu tekanan darah tinggi pada pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan paru-paru.

Lama kelamaan ini bakalan bisa bikin jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke sleuruh tubuh dan menyebabkan nyeri dada.

Kanker Paru-Paru

Kanker ini menyebabkan dada sesak, sakit, nyeri dan batuk karena perumbuhannya mengganggu fungsi normal paru-paru.

Tumor Dada

Keberadaan tumor dada baik baik bersifat kanker atau tidak, bisa menyebabkan nyeri pada dada. Saat tumor tumbuh, tumor ini akan menekan saraf dan pembuluh darah yang ada di dekatnya. Ini jadi penyebab dada sakit.

Penyakit Jantung

Sakit dada sebelah krii sering diasosiasikan dengan penyakit jantung, tapi ini bisa juga terjadi dengan gejala nyeri pada dada sisi kanan.

Herpes Zoster

Lho, apa hubungannya ya penyakit kulit dengan dada sakit? Meski terjaid pada kulit, sebenarnya virus ini tinggal di bagian saraf juga. Nah, ketika letaknya ada di dada maka bisa menyebabkan nyeri di lokasi tersebut. Herpes zooster cenderung cuman menyerang hanya pada satu sisi tubuh aja.

Masalah Hati, Kandung Empedu dan Pankreas

Struktur ini memainkan peran penting dalam pencernaan normal dan memiliki fungsi penting lainnya. Mereka terletak di bagian atas sisi kanan perut. Maka bila organ ini sakit, bisa jadi penyebab sakit dada sebelah kanan.

Meski bukan tentang sakit jantung, penyebab dada sakit sebelah kanan pada kondisi tertentu tetap memerlukan perawatan yang maksimal.

Beri Komentar