Padahal Tadi Pengen Tidur, tapi Kenapa ya Sering Nggak Jadi Ngantuk Saat Udah Di Kasur?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 17 Mei 2020 09:25
Padahal Tadi Pengen Tidur, tapi Kenapa ya Sering Nggak Jadi Ngantuk Saat Udah Di Kasur?
Pasti kamu pernah ngalamin ini, betul nggak?

Ketika berada di luar merasa ngantuk, tapi begitu udah di kamar justru nggak pengen tidur alias nggak ngantuk. Ternyata banyak dari kita yang mengalami fenomena ini lho.

Ternyata hal ini bisa disebabkan karena keiasaan kita melakukan hal-hal lain di tempat tidur, memainkan handphone misalnya. Akibatnya, hal ini membuat otak kita menganggap tempat tidur bukan hanya sebagai tempat tidur namun juga tempat memainkan handphone.

Sering disebut sebagai fenomena contioned arousal, dilansir dari TheSun.com, para ahli khawatir cahaya biru dari perangkat elektronik memicu epidemi kekurangan tidur.

"Setiap orang harus mematikan ponsel mereka sebelum tidur. Anak-anak juga," ujar Chief Medical Officer, Dame Sally Davies.

1 dari 2 halaman

ilustrasi tidur © Diadona

Untuk menghilangkan hal ini, lakukan aktifitas lain sebelum tidur. Hal ini dimaksudkan agar tubuh mengirimkan rangsangan ke otak bahwa tubuh sudah lelah dan menginginkan istirahat dengan tidur.

Kamu perlu menghindari penggunaan handphone karena cahaya birunya justru membuat kita terus terjaga. Bangkitlah dari tempat tidur sejenak dan lakukan beberapa aktifitas.

Beri batas waktu sekitar 20 menit untuk melakukan beberapa hal di rumah. Hasilnya tidak akan instan, karena kita perlu membiasakan tubuh untuk mengetahui jika itu adalah waktunya untuk tidur.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Tidur © Diadona

Namun bagi seseorang yang memiliki gangguan kecemasan dan insomnia, mungkin hal ini tidak akan efektif. Karena penyebabnya yang berbeda. Untuk menghilangkannya, beberapa orang perlu mengunjungi psikolog untuk menemukan cara yang sesuai dan efektif.

Nah jadi kamu dapat mencoba melakukan cara itu ya jika kamu mengalami permasalahan ini. Semoga tidurmu nyenyak hari ini!

Beri Komentar