Sering Susah Nentuin Baju yang Mau Dipakai, Jangan-Jangan Kamu Punya Gangguan Mental Ini!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 16 Mei 2020 07:27
Sering Susah Nentuin Baju yang Mau Dipakai, Jangan-Jangan Kamu Punya Gangguan Mental Ini!
Siapa yang sering begini?

Hidup ini memang penuh dengan keraguan. Bahkan ketika kamu bingung dan sulit menentukan baju mana yang hendak kamu pakai ketika malam pertama kencan, ya itu normal-normal saja. Tapi kalau ini sampai bikin kamu kesal, stres, dan gangguaan psikologis lainnya, itu bisa jadi pertanda kamu punya gangguan mental!

1 dari 6 halaman

Aboulomania

Ilustrasi Wanita Bingung Mikir © Diadona

Ketika kamu memiliki perasaan keraguan yang nggak normal, kamu mungkin punya gangguan mental yang disebut dengan aboulomania. Melansir dari Exploring Yourmind, orang dengan aboulomania bersangkut paut dengan harga diri dan tidak nyaman, dan juga mental kita.

Jadi ketika kamu sulit menentukan baju yang kamu pilih, itu normal saja. Tapi ketika kebimbangan itu disertai dengan stres, gugup, cemas depresi, itu baru yang menjadi masalah yang disebut dengan aboulomania.

Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa orang dengan aboulomani ini bukan hanya mengenai bingung nentuin baju ya, tapi juga hal-hal lain mulai dari yang hal kecil bakan besar sekalipun dalam menentukan pilihan.

2 dari 6 halaman

Kehidupan Sosial Terganggu

Orang yang mempunyai gangguan mental aboulomania, kehidupan bersosialnya akan sangat terganggu. Mulai dari hubungan sosial yang luas, bahkan kehidupan pribadimu (ya misal karena kebimbanganmu pilih baju untuk kencan itu). Dalam kasus extrem, melansir dari Medigoo.com, akibat orang yang punya aboulomania bisa menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

3 dari 6 halaman

Penyebab Aboulomania

Ilustrasi Wanita dengan Kecemasan Sosial © Diadona

Aboulomania ini masih belum bisa diketahui dengann pasti apa penyebabnya. Di salah satu sisi mengatakan bahwa orang dengan aboulomania melihatkan faktor biologis dan bagaimana seseorang hidup berkembang.

Beberapa peneliti percaya bahwa bagiamana seseorang dibesarkan merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan ia punya aboulomania. Bisa dibilang, ya faktor keluarga.

Tapi di satu sisi ada yang mengatakan bahwa penyebab utama aboulomania adalah terletak pada korteks prefrontal otak. Sebab, bagian otak itulah yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan dan dapat langsung berhubungan dengan kondisi tersebut.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang dengan Aboulomania

Ada beberapa ciri-ciri orang yang mempunyai abuolomania. Ciri-ciri itu adalah:

1. Nggak bisa sendiri
2. Nggak bisa punya tanggung jawab pribadimu
3. Mudah tersinggung apalagi terluka karena kritikan dan ketidaksetujuan
4. Terlalu khawatir jika ketinggalan atau ditinggalkan
5. Pasif dalam hubungan
6. Kesal dan tak berdaya saat suatu hubungan berakhir
7. Sulit buat keputusan tanpa bantuan orang lain
8. Sulit Mengekspresikan ketidaksetujuan dengan orang lain

5 dari 6 halaman

Menyembuhkan Aboulomania

Cara yang paling ampuh sejauh ini adalah ya dengan menemui orang tepat untuk menanganinya. Ia tidak lain dan tidak bukan adalah seorang psikolog atau psikiater. Diharapkan ke depannya, orang dengan aboulomania akan dapat menjadi aktif dan mandiri serta membentuk hubungan yang sehat.

6 dari 6 halaman

Jadi gimana, apakah termasuk orang yang nggak bisa memutuskan sesuatu jika nggak ada bantuan dari orang lain?

Beri Komentar