5 Tahapan dalam Hubungan Pernikahan, Kamu dan Dia Udah Sampai Mana nih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 9 Februari 2021 09:15
5 Tahapan dalam Hubungan Pernikahan, Kamu dan Dia Udah Sampai Mana nih?
Hubungan pernikahan ternyata terus bertumbuh ke tahapan yang makin tinggi.

Belakangan ini sering terjadi di sekitar kita mengenai kandasnya hubungan percintaan. Baik yang ada di fase pacaran maupun pernikahan, beragam tantangan ternyata bisa membuat hubungan berakhir di tengah jalan.

Hal ini tentunya menjadi pembelajaran bagi kita untuk lebih waspada dalam memilih pasangan. Juga menjadi pengingat bagi kita, bahwa mempertahankan hubungan ternyata nggak semudah kelihatannya.

1 dari 7 halaman

Bicara soal hubungan percintaan, ternyata ada 5 fase atau tahapan yang kerap dialami pasangan suami istri usai menikah. Melansir dari Herway.net, ternyata kebanyakan pasangan justru mengalami kegagalan di fase yang ketiga loh.

Penasaran fase apa saja yang dilalui pasangan yang sudah menikah? Yuk, simak selengkapnya..

2 dari 7 halaman

1. Zona bulan madu

Ilustrasi Pasangan Bulan Madu © Diadona

Tahap pertama yang terjadi dalam hubungan pernikahan disebut dengan zona bulan madu. Dalam fase ini, kamu dan pasangan akan selalu diliputi gairah dan kebahagiaan.

Tak hanya menyukai status baru yang kalian jalani, kamu juga akan semakin menyukai segala hal yang ada pada dirinya. Dalam fase ini, hubungan akan terasa begitu sempurna.

3 dari 7 halaman

2. Segala sesuatu mulai berjalan serius

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Di tahap kedua, kebahagiaan dengan pasangan masih terus berlangsung. Kamu masih rutin quality time bahkan bercinta, tapi nggak terlalu menggebu-gebu seperti sebelumnya.

Perlahan-lahan semua hal terasa makin realistis dan serius untuk dijalani. Kalian akan semakin menyadari bahwa perjalanan baru ini harus lebih banyak dinikmati.

4 dari 7 halaman

3. Banyak hal perlahan berubah

Ilustrasi Pasangan Merenung © Diadona

Di tahap ketiga mulai terjadi beragam perubahan. Perasaan yang menggelora pun mulai meredup karena kamu mulai merasakan semua aktivitas merupakan rutinitas yang sudah biasa dijalani.

Banyak pasangan yang gagal di tahap ini karena mereka nggak bisa mengatasi kebosanan yang sering terjadi. Bahkan acuh terhadap pasangan bukan hal yang mengherankan jika terjadi di fase ini.

5 dari 7 halaman

4. Timbul penerimaan dan pengertian

Ilustrasi Pasangan Berdamai © Diadona

Jika kamu bisa melewati tahap ketiga, maka biasanya tahap keempat akan berisi penerimaan dan pengertian. Akhirnya kamu bisa melihat segala sesuatu dengan jernih dan memahami bahwa hal positif dan negatif bisa terjadi kapan pun.

Di fase penerimaan ini, kamu dan pasangan mulai bisa mengatasi masalah bersama dan saling mendukung saat dibutuhkan. Cinta ada dalam hubungan bukan lagi soal romansa dan gairah, tapi lebih pada sikap menghormati dan saling pengertian.

6 dari 7 halaman

5. Terjadi kesepakatan

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Bisa dibilang ini adalah tahapan terakhir sebelum kisah cinta kalian 'layak' dilabeli sebagai cinta sejati. Di fase ini, kamu dan pasangan akan semakin kompak layaknya sebuah tim.

Banyak hal bisa terjadi untuk menerjang pernikahan kalian, tapi kamu dan dia sudah sama-sama dewasa untuk menyelesaikannya. Bahkan segala kerikil tajam yang menghadang justru membuat kalian semakin menyatu dan tak terpisahkan.

Beri Komentar