15 Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Tenggorokan pada Anak secara Cepat dan Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 Januari 2020 07:00
15 Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Tenggorokan pada Anak secara Cepat dan Alami
Nggak cuman obat batuk, cara mengobatu batuk kering bisa kamu lakukan dengan bahan alami yang tersedia di rumah.

Batuk kering memang bikin nggak nyaman. Tenggorokan gatal, dan sering kali mengganggu pernafasan dan waktu tidur kamu. Biasanya batuk kering terjadi karena virus, dan nggak jarang berlanjut selama berminggu-minggu setelah pilek atau flu sembuh.

Batuk kering adalah batuk yang tidak ada dahak atau lendir yang diproduksi. Batuk kering biasanya mengiritasi tenggorokan dan biasanya berhubungan dengan tenggorokan yang gatal. Batuk kering sering disebabkan oleh penyakit virus seperti pilek dan flu, tetapi bisa juga disebabkan oleh alergi atau iritasi tenggorokan.

Cara mengobati batuk kering biasanya dilakuakn tergantung pada penyebab batuk kering itu sendiri. Berikut cara mengobati batuk kering.

1 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering dengan Cepat

ilustrasi teh panas © Diadona

Batuk kering akan membuat dada sakit karena terus menerus batuk. Nggak jarang batuk kering bikin beberapa orang jadi turun berat badan, apalagi bila sudah terlalu lama. Lalu, gimana cara mengatasi batuk kering?

Dehumidifier

Cara mengobati batuk yang kamu derita bisa dilakukan dengan memasang dehumidifier yakni mesin yang menambahkan kelembaban ke udara. Mengapa? Karean udara yang kering akan memperburuk kondisi tenggorokan yang meradang.

Makan Sup atau Minum Teh Hangat

Makanan dan minuman hangat bisa jadi cara mengobati batuk kering karena  menambah kelembapan dan memberi pengobatan untuk tenggorokan yang kering dan gatal. Cairan hangat juga membantu menjaga tubuhkamu untuk tetap terhidrasi.

Hindari Iritasi

Cara mengobati batuk dan membuatnya tidak semakin parah, yakni dengan menghindari iritasi. Ketika iritasi masuk ke sistem pernapasan kamu, maka dapat memicu refleks batuk dan memperlambat proses penyembuhan. Untuk cara mengobati batuk, maka hidnari merokok, parfum, produk pembersih, atau rambut hewan peliharaan.

Minum Madu

Madu punya sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan, sehingga bsia menjadi cara mengobati batuk. Madu juga bisa membantu memecah lendir dan meredakan sakit tenggorokan. Sebagai cara mengobati batuk kering, coba deh tambahkan madu ke secangkir teh hangat atau air hangat dengan lemon.

Kumur Air Garam

Cara mengobati batuk kering bisa kamu lakukan dengan berkumur dengan air garam, lho! Karena air garam menenangkan jaringan yang meradang dan meningkatkan penyembuhan. Sebagai cara mengobati batuk, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan minum satu teguk. Miringkan kepala ke belakang dan berkumur perlahan selama 30 detik, lalu ludahkan.

Minum Obat Batuk Menthol

Cara mengobati batuk yang mungkin kamu lakukan pertama kali, yakni meminum obat batuk dengan rasa menthol. Obat ini mengandung senyawa mint yang memiliki efek pendinginan yang kuat dan menenangkan jaringan yang teriritasi.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Tenggorokan

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Batuk yang berhubungan dengan pilek atau flu cenderung bertahan satu atau dua minggu, dan sebagian besar sembuh dalam waktu sekitar 3 minggu. Batuk pasca-virus dapat bertahan selama beberapa (hingga sekitar 8) minggu setelah penyakit virus, sementara beberapa batuk bertahan lebih lama dan biasanya merupakan tanda dari masalah yang mendasarinya.

Banyak Minum

Kalau kamu menderita batuk kering, maka cara mengobati batuk nya yakni dengan minum banyak air. Tetap terhidrasi akan membantu memastikan tenggorokan kamu tetap lembab sehingga bisa sembuh dengan baik.

Sirup Obat Antitusif

Di apotik, ada beberapa jenis obat batuk yang bisa kamu konsumsi sebagai cara mengobati batuk kering. Nah, obat batuk jenis antitusif ini bekerja dengan mengurangi refleks batuk. Beberapa antitusif mengandung kodein dan hanya tersedia dengan resep dokter. Sementara jenis yang lain tersedia tanpa resep. Ini biasanya mengandung bahan aktif, seperti dekstrometorfan, atau mentol

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak

jahe © Diadona

Batuk yang nggak kunjung berhenti pada anak biasanya bikin satu keluarga sering terjaga di malam hari. Dadanya dan perutnya yang kecil jadi sakit karena dia terus saja terbatuk. Sayangnya, cokter nggak menyarankan penggunaan obat batuk sebagai cara mengobati batuk kering pada anak, karena tidak dianggap aman untuk seusianya.

Lalu, gimana cara mengobati batuk pada anak?

Menghirup Udara lembab

Dehumidifier mungkin saja nggak terlalu berpengatuh sebagai cara mengobati batuk kering pada anak. Untuk itu, coba deh kiat lain. Misalnya, nyalakan shower air hangat di kamar mandi kamu trus tutup pintu, sehingga memungkinkan ruangan dipenuhi uap hangat. Selanjutnya ajak dia duduk atau bermain di kamar mandi selama sekitar 20 menit selagi mereka menghirup kabut hangat.

Bersihkan Udara

Cara mengobati batuk kering yakni dengan membersihkan udara di rumah. Karena, bisa saja udara di rumah kamu mengandung  alergen, seperti bulu hewan peliharaan dan serbuk sari. Mungkin memang belum jelas ya apakah batuk mu karena lingkungan atau bukan, tapi menghirup udara bersih dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan dan batuk itu sendiri.

Jahe

Jahe punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Untuk menjadikan jahe sebagai cara mengobati batuk, kamu bisa membuat wedang jahe yang hangat untuk anak.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering secara Alami

Ilustrasi Kunyit © Diadona

Tahu nggak sih, batuk kering sering disbeut dnegan batuk nggak produktif. Kok bisa? Nggak seperti dengan batuk berdahak, batuk kering nggak bisa menghilangkan lendir, dahak, atau iritasi dari paru-paru atau saluran hidung. Batuk kering juga bisa menjadi efek samping jangka panjang dari paparan racun lingkungan, seperti asap rokok.

Sebagai cara mengobati batuk, ada beberapa tindakan klinis yang bisa kamu lakukan. Namun, ada juga cara mengobati batuk kering rumahan yang sama efektifnya.

Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kunyit juga bermanfaat untuk beberapa kondisi, termasuk sebagai car mengobati batuk kering.

Capsaicin

Capsaicin, yang merupakan senyawa dalam cabai, sudah dipercaya ampuh sebagai cara mengobati batuk kering. Kamu bisa membuat teh dari cabe rawit ini, tapi pastikan nggak terlalu 'pedas' untuk tenggorokan kamu.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat sebagai cara mengobati batuk kering karena bekerja sebagai dekongestan. Coba tambahkan minyak kayu putih ke dalam diffuser, spritzer, atau inhaler. Sebagai cara mengobati batuk kering, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes ke air panas dalam mangkuk dan menghirup uapnya.

Makan Nanas

Mengapa nanas bisa menjadi cara mengobati batuk? Karena nanas mengandung enzim bromelain. Enzim ini punay sifat anti inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi jaringan tenggorokan yang bengkak dan teriritasi.

Beri Komentar