Lagi Gak Mau Diajak Jalan Sama Gebetan, Ini loh Kode Halus Buat Menolaknya!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 14 Juli 2020 17:36
Lagi Gak Mau Diajak Jalan Sama Gebetan, Ini loh Kode Halus Buat Menolaknya!
Jangan sungkan buat nolak, ya!

Salah satu hal yang ingin dilontarkan dari seorang gebetan adalah ketika dia bilang "Jalan yuk!". Duh, pasti kamu bakal senyum-senyum sendiri dong ya?

Tapi, gimana dong kalau kamu lagi gak mau diajak jalan sama gebetan karena suatu hal tertentu. Misalnya, kamu lagi sedang PMS atau hanya sekedar malas buat jalan. Atau kamu dalam kondisi memang gak suka sama gebetanmu dan hanya memilih buat berteman saja. Lalu, gimana ya cara halus buat menolaknya?

Gak usah risau guys. Kalian gak perlu takut buat nolak ya. Berikut telah Diadona ulas beberapa trik kode halus buat nolak ajakan jalan dari sang gebetan.

1 dari 7 halaman

1. Ucapkan Terima Kasih

Ilustrasi pasangan berdiskusi © Diadona

Sebelum kamu menolak ajakan sang gebetan, mending kamu berfikir dulu tentang keberanian dia buat ngajak jalan duluan. Ingat, gak mudah loh buat seorang gebetan mengungkapkan keinginannya itu. Malah, dengan kamu mengucapkan rasa terima kasih bisa membuatnya meringankan pukulan atas penolakanmu.

2 dari 7 halaman

2. Memuji

Kode tolakan yang baik juga bisa kamu lakukan dengan cara memujinya ya. Tanggapan ini masih terbilang positif kok, ya walau pun masih tetap sama menolak, hehe.

Kamu bisa mengungkapkan secara spesifik apa yang kamu sukai sebagai wujud apresiasi untuknya. Coba deh gunakan penolakan seperti berikut ini.

" Aku senang banget buat habiskan waktu dengan kamu, tapi..."
" Kamu perhatian banget akhir-akhir ini, tapi..."
" Kamu kok bisa baik banget sih, tapi..."

3 dari 7 halaman

3. Bahasa Tubuh

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Jangan lantas menjauh saat kamu menolak ajakannya. Kalau kamu dalam posisi bertemu langsung saat ajakan itu dimulai, kamu harus memperhatikan baik-baik bahasa tubuhmu.

Jangan menjauh dari orang itu, tetapi juga jangan mencondongkan diri ke arahnya. Jangan bersedekap, lakukan kontak mata, dan tersenyumlah dengan lembut.

4 dari 7 halaman

4. Jujur Menolaknya

Tak perlu bingung buat menolaknya secara jujur. Gak perlu berterus terang dengan ungkapan kasar, tapi kamu bisa menjelaskan sebabnya mengapa tidak tertarik. Ingat, hindari pula alasan yang tidak jelas berupa kebohongan-kebohongan.

Untuk kondisi kamu yang sudah pernah berkencan dengannya dan gak mau diajak berkencan lagi kamu bisa menggunkan ungkapan ini " Kencan pertama kita memang menyenangkan, tetapi maaf, aku tidak tertarik untuk berkencan lagi." Hal itu lebih enak didengar daripada " Aku merasa kamu tidak menarik."

Jika kamu diajak berkencan oleh seseorang, tapi kamu lebih menganggapnya hanya sekedar teman coba deh buat menggunakan ungkapan ini guys " Aku menghargai pertemanan kita dan menikmati kebersamaan denganmu, tetapi sebaiknya kita tidak lebih dari itu dan tetap berteman biasa."

Jika kamu diajak berkencan seseorang, sedangkan dia gak tahu kamu udah punya pacar, mungkin kamu bisa menirukan ungakapan yang serupa dengan ini " Terima kasih atas ajakanmu dan senang rasanya bisa mengenalmu, tetapi ketahuilah aku sudah punya pacar."

5 dari 7 halaman

5. Jangan Selalu Menyenangkan Semua Pihak

Ilustrasi pasangan ngobrol © Diadona

Gak ada salahnya kok buat mengatakan " tidak" . Gak semua hal harus selalu kamu senangkan dong. Kamu memiliki hak untuk berkata " tidak" tanpa perlu menjelaskan alasannya. Ingat, jangan pula terlalu meminta maaf berlebihan atas apa yang kamu rasakan. Kamu juga bisa bertindak tegas dengan mengulang kata " tidak" kalau pesanmu belum difahami olehnya.

6 dari 7 halaman

6. Segera Beri Jawaban Pasti

Jika kamu merasa gak mau buat diajak jalan atau berkencan olehnya, kamu jangan menggantungkan jawabanmu ya guys. Menunda-nunda memberikan jawaban akan sangat merepotkan bagi pihak yang mengajak. Kasian dong, dia mungkin bakal kepikiran loh. Ingat, digantungin itu sakit tauk!

7 dari 7 halaman

7. Menunjukkan Empati

Ilustrasi pasangan ngobrol serius © Diadona

Kalau kamu memiliki sikap ini, fiks deh, kamu tipe cewek yang gak tegaan dan super peka. Yap, kamu bisa banget kok menolaknya dengan beberapa sikap empati berikut ini.

" Aku mengerti kamu pasti sakit hati atau bingung saat ini. Aku menghargai ajakanmu untuk ke luar. Pasti butuh keberanian dan aku tak bisa membayangkan betapa sulitnya hal itu."

Nah itu tadi beberapa kode halus buat menolak ajakan sang gebetan ya. Ingat, kalau emang gak suka sampaikan saja dengan halus tanpa menyinggung perasaannya. Semoga berhasil. Tetap semangat ya!

Beri Komentar