17 Cara Mencerahkan Ketiak Hitam dan Rekomendasi Produknya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 5 Desember 2023 19:07
17 Cara Mencerahkan Ketiak Hitam dan Rekomendasi Produknya
Kamu bisa menggunakan beragam bahan alami mulai dari kentang, air lemon sebagai cara mencerahkan ketiak hitam hingga penggunaan produk-produk dengan bahan aktif.

Banyak orang yang nggak PD memakai baju tanpa lengan karena nggak menemukan cara mencerahkan ketiak yang hitam. Padahal saat ini nih udah banyak banget perawatan rumahan, perawatan klinik hingga produk untuk membuat kulit ketiak, lipatan tubuh hingga selangkangan terlihat bersih dan cerah.

Dilansir dari Medical News Today, ketiak hitam sebenarnya disebabkan oleh kulit mati yang menumpuk akibat sering mencukur bulu pada area tersebut. Selain itu, penggunaan deodoran yang mengandung alkohol dan antiperspirant juga dapat menjadi salah satu penyebab ketiak hitam.

Ketiak hitam juga bisa terjadi karena obesitas, hormonal, gangguan genetika dan masih banyak lagi.

Sedangkan penyebab dari selangkangan yang hitam dapat disebabkan karena keringat yang berlebihan, dan ventilasi yang buruk pada bagian tersebut.

Namun tidak perlu khawatir, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara memutihkan ketiak dan selangkangan hitam secara alami maupun menggunakan produk perawatan yang tepat. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan. Simak yuk!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ketiak © Diadona

Ganti Deodoran

Coba deh ganti merk deodoran yang kamu gunakan sebagai cara mencerahkan ketiak hitam. Bisa jadi nih ketiak hitam kamu merupakan akibat penggunaan bahan tertentu yang terkandung dalam produk tersebut.

Nggak ada salahnya buat mencova beralih ke alternatif alami seperti soda kue, cuka apel atau tawas.

Berhenti Bercukur

Cobalah waxing atau penghilangan bulu dengan laser. Proses mencukur bulu ketiak yang salah bisa bikin kulit ketiak kamu megalami iritasi trus jadi gelap deh.

Eksfoliasi

Jangan cuman wajah dan tubuh kamu yang diefoliasi, tapi ketek juga! Gunakan lulur lembut atau eksfolian pada area tersebut dua hingga tiga kali seminggu. Karena kulit ketiak tipis dan halus, pilihlah eksfolian yang ditujukan untuk kulit sensitif, misalnya eksfoilat yang juga kamu gunakan di wajah.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi ketiak © Diadona

Cara Mencerahkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Sebeum mencoba produk komersil sebagai cara untuk mencerahkan ketiak yang hitam, mau cobain yang alami berikut ini?

Kentang

Parut kentang, peras airnya lalu oleskan air tersebut ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketika dengan air dingin. Kentang bisa menjadi cara mencerahkan ketiak karena kentang kaya akan antioksidan yang bisa mencerahkan kulit, bintik hitam, dan bekas luka sekaligus membuat warna kulit merata.

Lemon

Potong lemon dalam irisan yang tebal trus gosokkan irisan ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab.

Lemon mengandung asam yang mampu mencerahkan kulit secara alami, termasuk bintik-bintik penuaan dan bekas jerawat. Tapi karena pH nya yang sangat rendah jadi hati-hati menggunakannya ya!

Susu, Air Mawar, dan Kulit Jeruk

Campurkan 1 sdm susu dan 1 sendok makan air mawar dengan bubuk kulit jeruk secukupnya hingga menjadi pasta kental. Gosok lembut ketiak kamu dengan pasta tersebut lalu biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali seminggu.

Kunyit dan Lemon

Dalam mangkuk kecil, campurkan 2 sdm perasan lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut secara merata ke ketiak, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti inflamasi. Karakteristik ini yang digunakan sebagai cara mencerahkan ketiak secara alami.

3 dari 5 halaman

Produk untuk Mencerahkan Ketiak Hitam

Kalau ketiak hitam kamu terjadi karena kondisi kulit, maka kamu butuh perawatan yang lebih intens berupa kunjungan ke dokter atau menggunakan beragam produk komersial.

Beberapa di antaranya yakni:

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Roceo Lightening and Smoothing Underarm © Diadona

Roceo Lightening and Smoothing Underarm

Produk pertama yang bisa kamu coba untuk mencerahkan ketiak kamu adalah Roceo Lightening and Smoothing Underarm. Produk ini adalah serum dengan kandung utama Daisy Flower, Gluthathione, Niaciinamide yang bagus untuk mencerahkan daerah lipatan tubuh yang gelap.

Selain sebagai cara mencerahkan ketiak hitam, Roceo Lightening and Smoothing Underarm juga bagus untuk mencerahkan selangkangan, lutut dan juga lipatan siku.

Tidak mengandung Paraben dan SLS yang berbahaya untuk kulit, kamu bisa gunaka produk ini dengan mengoleskan krim ke ketiak sebanyak 2x sehari setelah mandi!

Harga : Rp73.900

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Noera Skin Lightening Cream © Diadona

Noera Skin Lightening Cream

Diformulasi dengan 3x lebih efektif, Noera Skin Lightening Cream ampuh mencerahkan kulit ketiak dengan kombinasi Gluthathione, Niacinamide, WhiteTen, dan Chromabright. Selain itu, produk ini mampus menghaluskan dan melembutkan area lipatan kulit yang kasar. Bye-bye chicken skin!

Harga : Rp95.000-Rp125.000

4 dari 5 halaman

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Brighty Glowing Underarm © Diadona

Brighty Glowing Underarm

Mengklaim dirinya sebagai pemutih ketiak nomor 1 di Indonesia, Brihty Glowing Underarm udah terjual sebanyak 10.000++ pcs! Mengandung Gluthathione, Niacinamide, Vitamin E, dan Vitamin C, Brighty Glowing Underam terbukti dapat mencerahkan, menyamarkan garis kerutan, melembapkan dan memelihara kesehatan kulit ketiak.

Gunakan 2x sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal. Kamu juga bisa gunakan produk untuk area lipatan lain dengan permasalahan yang sama.

Harga : Rp84.150

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Somethinc Axillary Brightening Cream © Diadona

Somethinc Axillary Brightening Cream

Ketiak kinclong dalam 4 minggu, produk ini diklaim dapat mencerahkan ketiak 16x mencerahkan dengan kandung SabiWhite, Niacinamide, Chromabright, dan Mandelic Acid.Gunakan pagi dan malam setelah mandi untuk hadil yang maksimal. Bisa digunakan mulai umur 11 tahun lho!

Harga : Rp79.000

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Rintik No Bump Lotion © Diadona

Rintik No Bump Lotion

Berfokus mengatasi tekstur kulit, tubuh, seperti  bruntusan, chicken skin, kulit kasar dan jerawat punggung, produk ini cocok untuk ketiiak yang membutuhkan ekfoliasi. Eits, terangkatnya sel ulit mati yang menumpuk akan membuat kulit ketiak kamu lebih cerah kok! Produk ini juga sekaligus meregenrasi kulit ketiak kamu menjadi sel kulit baru yang sehat dan lembap.

Harga : Rp89.000

5 dari 5 halaman

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Brighty Underarm Scrub © Diadona

Brighty Underarm Scrub

Beralih dari produk krim pencerah, rekomendasi produk untuk mencerahkan ketiak kali ini hadir dalam bentuk scrub. Yup, siapa lagi kalau bukan Brighty.

Diformulasi dengan microscrub yang cocok untuk kulit sensitif, produk ini dapat mengeksfoliasi kulit, mencerahkan kulit, mengurangi kerutan dan garis, serta memelihara kesehatan kulit ketiak kamu.

Seperti scrub biasanya, kamu bisa gunaka produk ini dengan menggosokkan lembut ke area ketik, tunggu hingga kering, lalu gesek perlahan hingga bersih dan bilas dengan air!

Harga : Rp69.000

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Nivea Extra Whitening Roll On © Diadona

Nivea Extra Whitening Roll On

Nivea Deodorant Roll on Exra Whitening adalah #PerfectProtection yang kamu butuhkan! Diperkaya vitamin C dan ekstrak mutiara, produk ini dapat mencerahkan kulit ketiak dan melindunginya dari bau tidak sedap. Bekerja maksimal dengan penggunaan rutin setiap hari!

Harga : Rp 21.200

Produk untuk Mencerahkan Ketiak - Elumor Oxter Gel Deodorant © Diadona

Elumor Oxter Gel Deodorant

Harga : Rp60.000

Deodorant bertekstur gel yang satu ini bisa mencerahan kulit, mengurangi bau badan, dan menghambat pertumbuhan bulu ketiak sekaligus lho, Diazens.Tidak mengandung Paraben, Alumunium dan Alkohol, produk ini aman untuk dipakai Ibu Menyusui. Gunakan secara rutin selama 14 hari dan rasakan perubahannya!

Cara Memutihkan Lutut dan Sikut - EVERWHITE Axillary Cream (Underarm) Blue © Diadona

Everwhite Smooth Axillary Cream Blue 

Everwhite Smooth Axillary Cream Blue juga produk khusus untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Produk ini sendiri mengandung bahan-bahan aktif dan alami seperti mengandung ekstrak bengkoang, arbutin, dan niacinamide. Kandungan tersebut adalah kandungan yang sangat efektif untuk kamu yang miliki ketiak hitam membandel.

Harga : Rp76.000

Nah, itu dia beberapa rekomendasi produk untuk mencerahkan kulit ketiak khusus untuk kamu. Perlu diingat ya, merawat kulit ketiak memerlukan waktu dan kesabaran untuk mencapai hasil yang memuaskan. Jangan biarin ketiak gelap dan bertekktur merusak mood kamu. Jadi, jangan lupa rawat kulit ketiak kamu dan rasakan kilau alami sepanjang hari!

Penulis : Mutia Wella, Fishella W.

Beri Komentar