13 Tips Sederhana untuk Menjaga Fisik dan Mental di Usia 40-an

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 8 November 2023 08:09
13 Tips Sederhana untuk Menjaga Fisik dan Mental di Usia 40-an
olahraga secara tertur, konsumsi vitamin D serta manajemen stres yang baik sebagai investasi jangka panjang untun menikmati hidup dalam beberapa dekade ke depan.

Memasuki tahap hidup baru yang jauh lebih istimewa, usia 40-an adalah waktu yang tepat untuk bersinar dengan percaya diri. Disamping rambut abu-abu yang mungkin mulai tumbuh di kepala, Anda mungkin akhirnya merasakan keseimbangan karir dan keluarga yang lebih harmonis di usia yang kini memasuki kepala empat.

Namun, usia yang makin bertambah mungkin saja membawa banyak perubahan pada tubuh dan berdampak pada keseharian. Menurunnya fungsi organ tubuh dan berkurangnya stamina adalah dua dari berbagai masalah yang muncul dari bertambahnya usia seseorang. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di umur 40-an, dikutip dari The House Keeping dan Prevention.

 

1 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan di Usia 40-an © Diadona

Menyusun Rutinitas yang Sehat

Merencanakan kegiatan sehari-hari adalah kunci untuk hidup yang lebih tertata dan sehat di usia 40-an. Bukan hanya urusan pekerjaan dan rumah, Anda juga harus menyeimbangkan pola hidup sehat di usia yang tidak lagi muda.

Ini mencakup jam tidur yang sesuai, pola makan dengan gizi seimbang, waktu berolahraga, hingga waktu liburan. Dengan begitu, poin-poin selanjutnya akan lebih mudah dilakukan!

Memeriksa Kesehatan secara Rutin

Melakukan pemeriksaan secara rutin adalah langkah penting yang harus Anda lakukan di umur 40-an. Jadwalkan pemeriksaan seperti, tes darah, cek kolesterol, pemeriksaan mata, dan lain-lain secara rutin untuk membantu mendeteksi masalah kesehatan lebih awal. 

Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Bertambahnya usia akan menurunkan kekuatan tulang dan sendi. Pastikan Anda mengkonsumsi cukup kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang agar tetap fit di usia 40-an.

Berolahraga

Olahraga adalah kunci menjaga kesehatan dan energi. Lakukan olahraga secara teratur, seperti bersepeda di minggu pagi, atau kelas yoga seminggu dua kali. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan kesehatan jantung. Dan ternyata, olahraga tuh bisa mencegah penuaan dini lho!

2 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan di Usia 40-an © Diadona

Konsumsi Lemak Sehat

Perhatikan jenis lemak yang Anda konsumsi. Di usia yang tidak lagi muda, konsumsi lemak berlebihan dapat meningkatkan kolesterol dalam darah yang sangat berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu, pilih lemak yang sehat, seperti lemak nabati dari buah zaitun, dan hindari lemak hewani yang berlebihan!

Mengurangi Minuman Tinggi Gula

Nggak bisa dipungkiri, penyakit diabetes masih menjadi momok mengerikan yang menghantui setiap individu di berbagai usia. Membatasi konsumsi gula juga merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Untuk menjaga kesehatan di usia 40-an, kurangi minuman manis dan perbanyak minum air putih adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi gula dalam tubuh,

Lakukan Kegiatan yang Anda Sukai

Selain kesehatan fisik, kamu juga perlu menjaga kesehatan mental Anda di usia 40-an. Temukan aktivitas atau hob baru yang bisa meningkatkan suasana hati, seperti berkebun, menjahit dan lain-lain.

Pergi dengan Teman

Menghabiskan masa-masa muda dengan teman adalah hal menyenangkan, dan Anda mungkin merindukannya! Nah, berkumpul dengan teman adalah cara lain menjaga kesehatan mental. Luangkan waktu satu atau dua bulan sekali untuk berkumpul bersama teman-teman seperjuangan ya!

3 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan di Usia 40-an © Diadona

Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga kesehatan kulit di umur 40-an membutuhkan perhatian ekstra. Kulit kusam dan keriput adalah permasalahan utama yang akan Anda hadapi. Namun,  Anda bisa meminimalisir dampak dari penuaan pada kulit dengan menggunakan skincare yang melembabkan, baik wajah maupun tubuh. 

Hindari Makanan Olahan

Membatasi konsumsi makanan olahan yang tinggi garam, gula, dan lemak jenuh adalah cara cerdas menjaga kesehatan di umur 40-an. Pilihlah makanan yang minim olahan, segar dan alami, untuk menghindari hal buruk yang membahayakan kesehatan.

Manajemen Stres

Permasalahan karir dan rumah tangga juga semakin berkembang seiring dengan bertambahnya umur. Perempuan usia 40-an seringkali menghadapi berbagai tekanan di berbagai aspek. Manajemen stres adalah kuncinya! Dengan pengelolaan yang baik, kamu akan terjaga dari stres berlebihan dan emosi.

 

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan di Usia 40-an © Diadona

Perbanyak Aktivitas Fisik

Cobalah untuk memperbanyak aktivitas fisik di sela-sela kesibukan. Ini adalah kunci untuk tubuh yang lebih sehat dan bugar di umur Anda yang menginjak kepala empat. Kamu bisa memulainya dengan lebih banyak melakukan hobi olahraga, berjalan kaki, hingga melakukan kegitan sosial yang menyehatkan tubuh!

Jangan Lupa Tersenyum!

Terakhir, meningkatkan kesehatan fisik dan mental dapat didorong oleh senyuman yang tulus dan ikhlas. Ini akan meningkatkan suasana hati dan mempengaruhi lingkungan sekitar dengan aura yang lebih positif.

Perempuan usia 40-an memiliki berbagai peran yang harus dijalani, baik urusan pekerjaan maupun rumah tangga. Namun, merawat dan menjaga kesehatan diri adalah prioritas yang tidak boleh terlupakan, ya!

Fokuslah pada kesehatan fisik dan mental Anda sebagai investasi jangka panjang untun menikmati hidup dalam beberapa dekade ke depan.

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar