12 Penyebab Hernia pada Bayi, Anak, Pria dan Wanita

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 24 Juli 2020 09:33
12 Penyebab Hernia pada Bayi, Anak, Pria dan Wanita
Meski jarang banget bergejala, nyatanya penyakit ini banyak diidap orang tanpa mereka sadari. Apa penyebab hernia dan kenapa sih ini bisa terjadi?

Mungkin kamu nggak pernah mendengar nama penyakit hernia karena lebih umum disebut dengan penyakit turun berok. Meski banyak yang mengalaminya, tapi nggak perlu khawatir karena penyakit ini nggak berbahaya. Tapi apa sih penyebab hernia?

Penyakit hernia terjadi karena ada pelemahan lubang di peritoneum, sebuah dinding berotot yang bertugas untuk menjaga organ perut tetap ada di tempatnya. Akibatnya, organ tersebut jadi terdorong. Misalnya nih, usus dapat menembus area yang melemah di dinding perut. Akibatnya, terlihat benjolan di perut.

Benjolan tersebut bisa hilang saat orang tersebut berbaring, lalu tiba-tiba muncul lagi. Tonjolan akibat penyakit hernia ini juga bisa muncul saat seseorang sedang terbatuk.

Kebanyakan penyakit hernia muncul di bagian perut antara dada dan pinggul, namun juga bisa muncul di daerah paha dan pangkal paha atas

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Hernia

Penyebab Hernia © Diadona

Penyakit hernia nggak berbahaya dan nggak menimbulkan gejala. Malah kebanyakan orang nggaktahu lho kalau mereka mengidap penyakit ini, dan baru menyadarinya setelah melakukan pemeriksaan fisik.

Penyebab penyakit hernia yakni karena kombinasi kelemahan dan ketegangan otot. Tapi sebenarnya penyebab spesifiknya masih belum sepenuhnya dipahami.

Hernia bisa berkembang dengan cepat atau lambat, tergantung pada apa sih penyebabnya.

Melansir Healthline, ada beberapa penyebab hernia yang terjadi karena kelemahan dan ketegangan otot, antara lain:

Kondisi Bawaan

Penyebab hernia bisa karena bawaan saat lahir, di mana seorang bayi lahir dengan dinding perut yang lemah

Umur

Risiko hernia meningkat seiring dnegan pertambahan umur. Semakin tua maka kemungkinan terkena hernia lebih besar

Batuk Kronis

Ada hubungan apa sih batuk dengan penyebab hernia? Begini, saat batuk, maka terjadi tekanan pada dinidng perut. Inilah yang pada akhirnya

Kehamilan

Saat perut tumbuh dan menegncang selama kehamilan, tekanan pada dinding perut jadi meningkat. Lubang-lubang kecil di dinding perut yang sebelumnya nggak pernah bikin masalah, bisa jaid lebih besar trus jadi penyebab hernia.

Olahraga Berat

Kegiatan fisik dan olahraga tertentu yang berat, seperti angkat beban, mendorong atau menarik, dapat jadi penyebab hernia karena ada peningkatan tekanan di dalam perut. Ini paling sering terjadi selama olahraga atau aktivitas yang membutuhkan perubahan arah mendadak atau gerakan memutar yang intens.

Sembelit

Sembelit membuat perut jadi menegang saat buang air besar. Ada peningkatan abdomen yang terjadi secara tiba-tiba sehingga jadi penyebab hernia.

Kelebihan Berat Badan

Orang dengan berat badan berlebih bakalan mengembangkan tekanan dan tegangan pada otot perut. Ototo perut jadi lebih lemah dan lebih rentan terkena hernia.

2 dari 4 halaman

Penyebab Hernia pada Bayi

Hernia bisa terjadi di semua umur, tapi paling sering muncul pada bayi yang baru lahir. Keberadaan hernia udah bisa terlihat selama beberapa minggu atau bulan setelah kelahiran.

Kalau bayi menderita hernia inguinalis, ini bakalan terlihat kok dari adanya tonjolan selangkangan atau skrotum. Tonjolan biasanya akan datang dan pergi. Mungkin bertambah besar setelah anak mengejan atau menangis. Mungkin hilang atau mengecil saat anak idur atau santai.

Penyebab hernia pada bayi yakni karena adanya kelemahan pada otot perut. Mengejan dan menangis tidak menyebabkan hernia. Namun tekanan yang meningkat di perut dapat membuat hernia lebih mudah terlihat.

Saat bayi laki-laki tumbuh selama masa kehamilan, testis bakalan berkembang di perutnya. Kemudian testis ini bajalan pindah ke skrotum lewat saluran inguinal. Nggak lama setelah bayi lahir, saluran inguinalis tertutup.

KIni bakalan membuat testi nggak bisa kembali ke perut. Penyebab hernia adalah ketiak saluran ini nggak sepenuyhnya tertutup, sehingga sebagian usus bisa bergerak ke dalam saluran melalui area yang melemah di dinding perut bagian bawah.

Penyakit hernia ini lebih sering terjadi pada mereka yang lahir secara prematur.

3 dari 4 halaman

Penyebab Hernia pada Anak

Penyebab Hernia © Diadona

Meski begitu, hernia juga mungkin menimpa anak-anak. Penyebab hernia pada mereka, antara lain:

  • Orang tua atau saudara kandung yang menderita hernia sejak bayi
  • Fibrosis kistik
  • Displasia perkembangan pinggul
  • Testis yang tidak turun
  • Masalah dengan uretra

Sama aja kayak orang dewasa, hernia terlihat seperti pembengakakan. tonolan tersebut bisa hilang dan timbul sesuai dengan aktivitas anak.

Kalau dokter mendorong hernia, biasanya hernia bakalan lenih kecil atau kembali ke perut. Tapi kalau hernia ini nggak bisa kembali, loop ususu mungkin tersangut di bagian perut yang lemah. Gejala yang muncul antara lain:

  • Perut jadi terlihat bulat
  • Muntah
  • Nyeri
  • Kemerahan atau warna yang nggak normal
  • Demam

4 dari 4 halaman

Penyebab Hernia pada Pria dan Wanita

Penyebab Hernia © Diadona

Penyakit hernia bisa menyerang siapa saja, tapi lebih umum terjaid pada pria ketimbang pada wanita.

Mengapa demikian?

Ini karena secara alami pria punya lubang kecil pada otot-otot pangkal paha sehingga pembuluh darah dan saluran sperma bisa melewati testis.

Penyebab hernia sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Segera periksakan diri ke dokter ya kalau kamu menemukan hal yang tidak biasa terjadi pada tubuhmu!

Beri Komentar