Atasi Bau Menyengat di Dapur Tanpa Menggunakan Cookerhood, Moms Wajib Tahu nih!

Reporter : Ayu
Senin, 14 Juni 2021 14:00
Atasi Bau Menyengat di Dapur Tanpa Menggunakan Cookerhood, Moms Wajib Tahu nih!
Nggak ada lagi bau menyengat yang mengganggu deh!

Kehadiran dapur di rumah tentu tak bisa lepas dari adanya asap dan bau-bauan. Hal ini terjadi lantaran dalam kegiatan memasak hampir selalu menghasilkan keduanya.

Oleh karena itu, penting dan erat kaitannya sebuah dapur memiliki ventilasi yang memadai. Tak hanya ventilasi saja, ternyata Moms juga bisa menghilangkan bau tak sedap tersebut dengan bahan-bahan alami lho.

Ya, nggak perlu lagi merogoh kocek lebih dalam untuk membeli cookerhood, Moms bisa lebih berhemat degan bumbu dapur untuk menghilangkan bau khas di area memasak ini. Apa saja? Berikut adalah cara menghilangkan bau tak sedap di sudut-sudut rumah dan area dapur.

1 dari 4 halaman

Ekstrak Vanila dan Kopi

Ilustrasi Kopi HitamIlustrasi Kopi Hitam © Thejakartapost.com

Moms dapat mencampur beberapa tetes ekstrak vanila dengan air untuk menggosok furnitur kayu dan bola lampu sehingga ketika menyala dapat mengeluarkan bau semerbak vanilla.

Tak hanya dihidangkan sebagai muniman panas yang menenangkan, kopi ternyata juga merupakan pewangi yang bagus untuk ruangan lho. Cara mendapatkannya, masukkan sedikit kopi ke dalam cangkir dan Moms akan merasakan sensasi aroma luar biasa di dapur.

2 dari 4 halaman

Jeruk dan Lemon

Ilustrasi Aspirin Dan Jus LemonIlustrasi Aspirin Dan Jus Lemon © 2019 https://www.diadona.id

Kalau Moms lagi makan kedua buah ini, maka jangan buang kulitnya begitu saja ya. Gunakan kulit lemon dan jeruk untuk menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan. Tak hanya itu, MOms juga dapat membakarnya. Aroma sedap pun akan meliputi seluruh rumah termasuk ruang dapur.

3 dari 4 halaman

Garam dan Cuka putih

Ilustrasi Garam Laut MatiIlustrasi Garam Laut Mati © 2019 https://www.diadona.id / @pexels

Selain sebagai bumbu memasak, garam sangat bagus untuk menghilangkan bau tak sedap atau bau menyengat. Tuang setengah cangkir garam pada area yang ingin Moms bersihkan, gosok dengan air dingin, dan bersihkan seperti biasa setiap hari. Panaskan sedikit cuka putih untuk menghilangkan bau tak sedap karena ikan.

4 dari 4 halaman

Bumbu Dapur

Ilustrasi Daun SalamIlustrasi Daun Salam © 2020 https://greekboston.com/

Letakkan semua bahan (Daun thyme, rosemary, atau salam) di  permukaan yang panas sehingga akan mengeluarkan aroma dalam bentuk uap. Jika Moms merebus kayu manis dalam air, itu akan membantu menghilangkan bau ikan di dapur.

Tak perlu khawatir lagi dengan bau-bauan di dapur khususnya setelah memasak aneka ikan. Walau tanpa cookerhood, Moms juga bisa menghilangkan aneka bau tersebut dengan memanfaatkan bahan alami dan tentunya mudah dilakukan. Selamat mencoba ya.

Beri Komentar