12 Manfaat Teratai Salju dan Gula Aren untuk Kecantikan

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 10 Mei 2021 15:21
12 Manfaat Teratai Salju dan Gula Aren untuk Kecantikan
Bunga teratai salju bisa bikin kulit kamu lembab, lho!

Manfaat teratai salju memainkan peranan penting dalam pengobatan tradisional. Teratai salju adalah tanaman air yang sudah dibudidayakan sejak zaman kuno, di seluruh Asia. Teratai salju memainkan peranan penting dalam memberikan nutrisi kesehatan, kecantikan dan ditambah oleh beberapa makanan seperti madu, teh, selai, jus, dan gula aren.

Manfaat teratai salju sendiri bijinya bisa berfungsi sebagai pengobatan peradangan, kanker dan lain sebagainya. Secara nutrisi salju memiliki kandungan karbohidrat yang padat, protein, vitamin termasuk vitamin B, C, A dan E, serta mineral penting lainnya seperti magnesium, kalium dan natrium. Tidak hanya itu, mereka juga mengandung banyak fitokimia, dengan sifat anti-inflamasi dan sifat antioksidan yang berharga.

Dengan kandungan nutrisi yang seperti itu, berikut ini manfaat dari daun teratai salju yang belum kalian ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Teratai Salju

Manfaat teratai salju © Diadona

Manfaat teratai salju untuk kesehatan adalah :

Meningkatkan Proses Pencernaan 

Begitu banyak kandungan serat, manfaat teratai salju, bunganya bisa membantu untuk menjaga agar saluran pencernaan tetap terjaga. Selain itu, buang teratai salju bisa mengatur dan mengontrol nafsu makan untuk mempercepat penurunan berat badan. Ditambah lagi bunga teratai salju mampu mendetoksifikasi ginjal dan hati yang mencegah terjadinya penumpukan di dalam tubuh sehingga menjaga kesehatan usus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengandung magnesium yang melimpah, manfaat teratai salju mampu meningkatkan sirkulasi darah, oksigen dan kadar nutrisi lainnya. Kadar magnesium yang rendah bisa membuat tubuh rentan terkena serangan jantung. Kandungan nutrisi magnesium dan folatnya menurunkan risiko yang terkait dengan penyakit jantung koroner dan kondisi terkait jantung lainnya.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bunga teratai salju memiliki efek menenangkan dan antispasmodik. Manfaat teratai salju membuat kamu akan jauh lebih rileks dan mendapatkan tidur lebih nyenyak. Teratai salju juga membantu proses dilatasi pembuluh darah dan sangat membantu dalam mengurangi depresi dan kecemasan.

Membantu Mengelola Diabetes

Memiliki indeks glikemik yang rendah, manfaat teratai salju adalah membatasi lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Selain itu bunga teratai salju memantau hormon insulin dalam tubuh untuk menjaga kandungan glukosa di dalam aliran darah dalam kisaran yang normal. Penderita diabetes memiliki risiko tinggi terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi dan berperan dalam menstabilkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Teratai Salju untuk Kecantikan

Manfaat teratai salju © Diadona

Tidak hanya untuk kesehatan saja, manfaat teratai salju juga bisa digunakan untuk kecantikan, lho. Ini dia manfaatnya :

Memberikan Efek Anti Aging

Manfaat teratai salju, bunga dan bijinya mengandung enzim yang dapat menghambat penuaan dini. L-isoaspartyl methyltransferase adalah enzim yang membantu perbaikan dan pemeliharaan protein yang rusak dan meningkatkan sintesis kolagen di dalam tubuh. Olahan teratai salju dalam bentuk bubuk sering kali ditambahkan ke dalam berbagai kosmetik untuk mengembalikan proses penuaan kulit serta mengurangi munculnya kerutan dan garis halus.

Membuat Kulit Lebih Lembab

Manfaat teratai salju untuk kecantikan memiliki sifat yang sangat menghidrasi dan melembabkan kulit dan membantu meningkatkan elastisitas dan warna kulit, menghapus garis-garis halus, memudarkan bintik-bintik coklat dan kerutan.

Melembabkan Kulit yang Bersisik dan Kering

Banyak produk kosmetik dan perawatan kulit menggunakan nelumbo nucifera sebagai bahan utamanya. Manfaat teratai salju untuk kecantikan adalah memberikan hidrasi instan pada kulit. Jadi, jika kamu merasa kulitmu sedang bersisik dan kering, gunakan hidrasi herbal ini untuk mendapatkan kilau yang membuat iri.

Mencegah Jerawat

Jerawat terjadi akibat dari produksi minyak yang berlebihan. Manfaat teratai salju untuk kecantikan ini mengandung nelumbo nucifera yang dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit kamu. Sehingga pencegahan timbulnya jerawat bisa terjadi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Teratai Salju dan Gula Aren

Manfaat teratai salju © Diadona

Bunga teratai salju jika dicampur dengan gula aren juga mengandung manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja?

Mengurangi Risiko Anemia

Manfaat teratai salju memiliki kandungan zat besi dan tembaga yang signifikan dan mereka memainkan peran utama dalam memproduksi sel darah merah, menurunkan risiko gejala anemia dan meningkatkan aliran darah. Teratai salju dan gula aren  ini membantu menstimulasi sirkulasi darah dan meningkatkan oksigenasi organ. Ini juga meningkatkan fungsionalitas, vitalitas dan tingkat energi karena sirkulasi darah terstimulasi dengan baik.

Mengandung Kalium yang Tinggi

Teratai salju mengandung potasium yang tinggi. Hal ini menjadikan manfaat teratai salju membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks serta membantu meningkatkan aliran darah dengan mengurangi kekakuan dan kontraksi pembuluh darah ini. Teratai salju juga menurunkan ketegangan yang ada pada sistem kardiovaskular. Kalium juga membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan benar dan menggagalkan efek yang muncul dengan adanya natrium yang berlebihan dalam aliran darah kamu.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Mengandung vitamin B kompleks, manfaat teratai dan gula aren mampu berinteraksi secara langsung dengan reseptor saraf di otak yang memiliki pengaruh pada suasana hati serta kondisi mental kamu. Teratai salju dan gula aren  juga mengontrol sakit kepala, tingkat stres, dan mudah tersinggung.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat teratai salju dan gula aren ini rendah kalori sehingga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Selain itu sudah diketahui sebelumnya kalau teratai salju ini mengandung serat yang tinggi. Serat ini dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh kamu tetap sehat dan kamu bisa menurunkan berat badan tanpa bingung proses metabolisme tidak sehat. 

Selain itu, ketika tubuh mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkannya, kamu akan merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama dan terhindar dari masalah makan berlebihan, sehingga mengatur berat badan secara efektif.

Manfaat teratai salju memiliki komponen penting seperti protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang menawarkan banyak keuntungan bagi kesehatan manusia seperti memperbaiki pola tidur dan lain sebagainya. 

Beri Komentar