Banyaknya Keringat Bukan Berarti Banyak Lemak Tubuh Terbakar

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 5 Maret 2021 08:25
Banyaknya Keringat Bukan Berarti Banyak Lemak Tubuh Terbakar
Begini lho fakta mengenai keringat yang keluar dari tubuh..

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik fisik ataupun mental. Karena itu banyak yang memilih melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Tapi tak sedikit juga nih yang salah kaprah karena mengira jika semakin banyak keringat yang dikeluarkan saat olahraga, berbanding lurus dengan jumlah lemak yang di keluarkan.

Padahal faktanya tidak seperti itu lho. Menjurut praktisi kesehatan dr. Boy Abidin, fungsi keringat sebenarnya untuk mempertahankan suhu tubuh tetap stabil selama berolahraga. Pembakaran lemak terjadi lebih karena disebabkan aktivitas kardiovaskular yang bisa meningkatkan denyut jantung.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Olahraga © Diadona

" Keringat yang untuk membakar lemak adalah keringat yang terproduksi kalau melakukan aktivitas kardiovaskular, artinya melakukan olahraga, aktivitas fisik yang membuat jantung kita berdenyut cukup kuat," terang dokter Boy Abidin dalam webinar bersama Lifebouy dan PSSI, Selasa, 2 Maret 2021.


Ketika denyut jantung meningkat saat berolahraga, sirkulasi darah lancar dan meningkatkan suhu tubuh. Setelah itu, terjadi mekanisme keringat untuk menahan suhu tubuh tidak terlalu panas.

" Makanya saat olahraga, kita juga harus cukup minum, itu tujuannya supaya tidak dehidrasi," lanjut dokter Boy.

 

2 dari 2 halaman

Ilustrasi olahraga © Diadona

Keringat tidak menjadi indikator banyaknya lemak yang terbakar dalam tubuh selama berolahraga. Faktor yang mempengaruhi pembakaran lemak justru tergantung dari frekuensi dan intensitas olahraga yang dilakukan.

" Yang terpenting itu frekuensi, intensitas dan durasi harus diperhatikan dalam berolahraga. Kalau bisa pilih gerakan olahraga yang cukup intens tapi juga jangan terlalu berlebihan. Untuk durasi, minimal 30 menit dan frekusensinya juga harus konsisten. Kalau bisa dilakukan setiap hari, tapi kalau belum terbiasa bisa dilakukan seminggu tiga kali," jelasnya.

Nah jadi banyaknya keringat bukan berarti banyak lemak yang keluar dari tubuh ya, guys.

Beri Komentar