10 Manfaat Sit Up dan Push Up Setiap Hari Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 26 Maret 2021 11:44
10 Manfaat Sit Up dan Push Up Setiap Hari Sebelum Tidur untuk Kesehatan
Benar nggak sih kalau manfaat sit up sebelum tidur bisa bentuk otot bagian atas tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memiliki badan yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi kalau tujuan mu berolahraga ialah untuk membentuk otot perut. Maka, salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu sit up dan push up secara rutin sebelum tidur.

Yaps, manfaat sit up dan push up ini ternyata cukup baik bagi tubuh. Selain itu, kedua jenis olahraga tersebut merupakan cara diet yang cukup efektif, lho. Bahkan, untuk mendapatkan manfaatnya kamu gak perlu ruang yang luas dan waktu yang lama. Simple, bukan?

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat sit up dan push up, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Push Up dan Sit Up Sebelum Tidur

Manfaat Sit Up © Diadona

Kebanyakan orang mungkin menganggap remeh manfaat push up dan sit up sebelum tidur. Padahal kedua gerakan ini adalah jenis latihan olahraga yang bisa melatih beragam otot.

Adapun manfaat sit up dan push up setiap hari sebelum tidur untuk kesehatan ialah sebagai berikut:

1. Membakar Kalori

Manfaat sit up sebelum tidur yang paling dasara yaitu kamu bisa membakar kalori. Artinya, dengan melakukan push up dan sit up secara rutin dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh.

Oleh karena itu, gerakan olahraga tersebut bisa dilakukan sebagai salah satu aktivitas fisik yang efektif dalam menjaga kesehatan.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Sebab, hal itu dapat membuat kepercayaan diri seseorang semakin meningkat saat bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Nah, untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal ini juga merupakan salah satu manfaat sit up sebelum tidur. Yaps, melakukan gerakan olahraga ini dengan teratur bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, serta berpengaruh pada perkembangan postur tubuh yang semakin baik.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Ilustrasi Osteoporisis © Diadona

Selain memperbaiki postur tubuh, manfaat sit up sebelum tidur untuk kesehatan juga bisa membantu kamu mengurangi risiko osteoporosis. Pasalnya, dengan melakukan olahraga ringan ini tulang tidak akan mudah keropos atau mengalami osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat sit dan push up sebelum tidur yang keempat ialah menjaga kesehatan jantung. Ternyata, hanya melakukan gerakan olahraga sederhana ini sebelum tidur juga bisa meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung, lho.

Sehingga hal tersebut akan membantu kamu dalam menghilangkan plak yang menempel di pembuluh darah serta membantu kesehatan kinerja organ jantung. Untuk mendapatkan manfaat itu, cobalah dari sekarang melakukan olahraga push up dan sit up sebelum tidur secara teratur.

5. Mencegah Cedera Bahu dan Punggung Bawah

Salah satu manfaat sit up push up sebelum tidur yang tak boleh terlewatkan yaitu bisa mencegah cedera bahu dan punggung bawah.

Pasalnya, gerakan push up akan membuat otot-otot tubuh kamu menjadi stabil. Selain itu, olahraga yang satu ini juga akan akan mendukung kekuatan otot primer serta sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah sehingga akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu maupun punggung bawah.

3 dari 4 halaman

6. Meningkatkan Proses Metabolisme

Ilustrasi Push Up © Diadona

Tak cukup sampai disitu saja, manfaat sit up dan push up berikutnya juga bisa meningkatkan proses metabolisme pada tubuh, lho. Pasalnya, ketika kamu melakukan push up secara rutin, sistem kerja otot juga ikut terlatih. Sehingga aliran tubuh juga akan menjadi semakin lancar karenanya.

Lancarnya metabolisme tubuh tentu membuat lemak serta racun di dalam tubuh dapat dibuang dengan cepat. Bahkan, metabolisme yang lancar juga bisa menghindari diri kamu dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

7. Meningkatkan Mood Keesokan Hari

Banyak penelitian membuktikan bahwa saat kamu terbiasa push up dan sit up sebelum tidur, maka pada keesokan harinya, suasana hati mu akan terasa lebih bahagia.

Inilah salah satu manfaat sit up dan push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan. Dengan begitu, kamu akan semakin semangat dalam menjalankan aktivitas keesokan harinya serta bisa bekerja lebih efektif.

4 dari 4 halaman

8. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Ilustrasi Push Up © Diadona

Manfaat sit up dan push up yang selanjutnya yaitu bisa memperbaiki keseimbangan tubuh. Seperti diketahui, sit up merupakan salah satu olahraga yang melatih otot di bagian panggul, pinggang, serta perut yang akan mendukung keseimbangan tubuh saat beraktivitas.

Jadi, dengan melakukan kedua gerakan olahraga tersebut, tubuh mu akan lebih seimbang dari sebelumnya. Terutama pada bagian pinggul yang merupakan salah satu bagian penyeimbang gerakan manusia.

9. Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas dan Perut

Membentuk otot tubuh bagian atas serta perut juga termasuk dalam manfaat push up dan sit up yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, kedua gerakan ini lebih banyak menggunakan otot bagian atas tubuh, yakni triceps (otot bagian luar lengan atas) dan dada.

Oleh sebab itu, saat kamu melakukan gerakan push up dan sit up yang baik, maka otot-otot lain, termasuk otot perut, tungkai, dan punggung pun akan ikut aktif.

10. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ini dia manfaat sit up dan push up sebelum tidur yang akan kamu dapatkan setelah melakukannya dengan rutin. Yaps, meningkatkan kepercayaan diri. Kok bisa? Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa kedua olahraga tersebut membutuhkan berbagai gerakan yang dirancang guna mengencangkan perut sambil membakar lebih banyak kalori.

Wah, ternyata manfaat sit up dan push up setiap hari sebelum tidur cukup beragam, ya? Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba? Tulis di kolom komentar ya, DiaZens.

Beri Komentar