Meski Enak, Tidur Pagi Berbahaya! Bisa Bikin Depresi sampai Kanker lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 9 Februari 2020 01:00
Meski Enak, Tidur Pagi Berbahaya! Bisa Bikin Depresi sampai Kanker lho!
Kamu masih sering tidur pagi, nggak?

Pagi-pagi itu emang paling enak tarik selimut lagi, terus lanjutin tidur. Apalagi kalau pas weekend, rasanya lebih spesial!

Begitu juga kalau lagi ada jam kampus pagi. Banyak mahasiswa/mahasiswi yang sering banget nempelin kepalanya di atas meja dengan tatakan tas. Padahal baru aja masuk ke kelas. Kamu juga pernah, kan? Udah, ngaku aja deh!


Tapi tahu nggak, ternyata tidur pagi itu nggak ada bagus-bagusnya buat kesehatan kamu. Bahkan, bisa meningkatkan risiko terkena kanker lho!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kenapa kamu harus segera buang jauh-jauh kebiasaan tidur pagi.

1 dari 9 halaman

1. Depresi

Ilustrasi Depresi © Diadona

Tidur pagi ternyata bisa membuat seseorang merasa depresi. Kalau sebelumnya udah depresi, tidur pagi bisa memperburuk keadaan. Jadi daripada memulai pagi dengan tidur, lebih baik mulai dengan melakukan hal-hal bermanfaat lainnya.

2 dari 9 halaman

2. Obesitas

Ilustrasi Obesitas © Diadona

Orang yang suka tidur pagi dapat membuat napsu makan seseorang meningkat. Makan pun jadi lebih banyak. Kalau sudah begitu, berat badan meningkat. Bahkan, bisa terkena diabetes karena kadar gula darah ikut meningkat.

3 dari 9 halaman

3. Lesu

Kalau kamu berpikir dengan tidur di pagi hari bisa membuat lebih bersemangat karena sudah tersimpannya energi, kamu salah. Justru, tidur di pagi hari itu membuat sistem metabolisme kacau, begitu juga dengan ritme sirkadian tubuh. Karena tubuh dalam keadaan kacau, akibatnya badanmu akan lesu seharian.

4 dari 9 halaman

4. Sakit Kepala

Ilustrasi Wanita Pusing © Diadona

Saat kita tidur di pagi hari, cairan serebrospinal akan terus mengalir ke otak. Akibatnya, kepala rasanya sakit dan hari-hari pun terasa nggak nyaman, deh! Emang mau?

5 dari 9 halaman

5. Kesulitan Berpikir dan Konsentrasi

Orang yang tidur di pagi hari apalagi karena kurang tidur akan lebih sulit fokus. Akibatnya, ketika di kelas perkuliahan atau tempat kerja, kamu akan sulit konsentrasi dan berpikir. Kalau udah begini, nanti asil kinerjamu kan jadi jelek!

6 dari 9 halaman

6. Anemia

Ternyata, anemia bisa disebabkan karena tidur di pagi hari. Akibatnya, tubuh menjadi lemas, dan juga mempengaruhi kinerja dan kondisi organ tubuh secara keseluruhan. Kalau nggak mau kena anemia, jangan lagi tidur pagi deh, ya?

7 dari 9 halaman

7. Penyakit Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Tidur pagi bisa menyebabkan penyakit jantung? Ya, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nurses Health Study membuktikannya.

Hasil penelitian itu mengungkapkan bahwa wanita yang terbiasa tidur hingga (di) pagi hari memiliki risiko penyakit jantung 38 persen lebih tinggi.

8 dari 9 halaman

8. Kanker

Menurut beberapa penelitian, orang yang begadang semalaman, entah karena mendapat shift malam atau hal lainnya, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker. Hmm, kok serem ya?

9 dari 9 halaman

Mulai sekarang, kalau kamu punya kebiasaan tidur pagi, lebih baik kamu ubah kebiasaan tersebut. Tidurlah yang cukup di malam hari supaya kamu nggak pengin tidur lagi di pagi hari.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Beri Komentar