14 Penyebab Sering Mengantuk di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 23 Juni 2020 10:59
14 Penyebab Sering Mengantuk di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya
Cari tahu penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya guys!

Penyebab sering mengantuk ini bisa karena berbagai macam hal. Kurang tidur karena habis begadang salah satunya. Namun juga bisa disebabkan penyakit tertentu loh!

Pasti merasa nggak nyaman kan kalau pagi hari tubuh lemes dan mengantuk? Jadinya bisa mengganggu aktivitas seharian. Selain itu gangguan tidur bisa meningkatkan risiko terkena depresi dan gangguan kecemasan. Bahaya juga ya guys? Nah cari tahu di sini yuk!

1 dari 8 halaman

Penyebab Sering Mengantuk di Pagi Hari

Penyebab Sering Mengantuk © Diadona
Ada berbagai macam hal penyebab sering mengantuk di pagi hari. Kenali penyebabnya untuk bisa mengatasinya

Siklus Tidur Alami


Ada siklus tidur secara alami dalam satu hari yang ditempati dengan dua periode. Nah dalam waktu inilah akan merasa ngantuk, yairu larut malam (biasanya antara tengah malam sampai jam 7 pagi) dan tengah hari yaitu sekitar jam 1 siang sampai jam 4 sore. Kalau kamu terjaga di waktu-waktu tersebut, bisa jadi mengantuk di keesokan paginya.

 

2 dari 8 halaman

Kurang Tidur

Penyebab Sering Mengantuk © Diadona
Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, kurang tidur menjadi faktor utama penyebab mengantuk di pagi hari. Misalnya karena semalaman begadang, mengerjakan tugas sekolah atau kantor dan sebagainya.

Padahal untuk orang dewasa setidaknya memiliki waktu tidur 7-9 jam loh! Itu kenapa penting untuk kita lebih mengamati lagi jam tidur ya!

Gangguan Tidur


Memiliki gangguan tidur, seperti insomnia, sleep apnea, narkolepso, hipersomnia atau sindrom kaki gelisah juga bisa jadi penyebab sering mengantuk. Apalagi jika mengalami hipersomnia yang mana kondisi kantuk berlebihan di pagi atau siang hari meskipun sudah cukup tidur di malam harinya.

3 dari 8 halaman

Kafein

Ilustrasi Kopi Cokelat Panas © Diadona
Memang sih kafein bermanfaat bagi tubuh dan bisa membuat mata lebih melek. Tapi kalau dikonsumsi sebelum tidur nggak bagus loh! Minuman seperti kopi, teh, minuman ringan bisa memberi efek kewaspadaan meningkat dan mengganggu jam tidur. Soalnya kafein ini tetap bekerja sekitar 6 jam di tubuh.

Alkohol


Alkohol berapapun takarannya, sedikit atau banyak tetap bisa mengganggu kualitas tidurmu guys! Kalau mengonsumsinya di malam hari bisa memberi dampak mengantuk di kemudian harinya. Selain itu juga bisa membuat mual dan sulit konsentrasi.

4 dari 8 halaman

Obat-obatan

Ilustrasi Obat © Diadona
Beberapa obat-obatan tertentu juga bisa jadi penyebab sering mengantuk di pagi hari. Misalnya, antipsikotik, antihistamin, obat antidepresan, obat penurun tekanan darah, obat penyakit tiroid, obat jantung dan obat asma.

Masalah Psikologis


Selain hal-hal di atas, bisa juga kamu mengalami gangguan psikologis, seperti stres berat, gangguan kecemasan bahkan depresi yang bisa jadi penyebab sering mengantuk di pagi hari. Soalnya gangguan psikologis seperti itu bisa menguras energi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cemas, stres dan depresi bisa membuat orang mengalami insomnia, sehingga merasa mengantuk di keesokan paginya. Jadi, jika kamu mengalami sering mengantuk di pagi hari, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

5 dari 8 halaman

Selain itu, ada juga beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab sering mengantuk di pagi hari dan lemas, antara lain:

1. Gangguan tiroid

2. Diabetes

3. Sindrom kelelahan kronis

4. Anemia

5. Gagal jantung

6. Penyakit ginjal

7. Penyakit asam lambung

8. Asma

9. Gangguan makan

6 dari 8 halaman

Penyebab Sering Mengantuk dan Pusing

Penyebab Sering Mengantuk dan Pusing © Diadona
Selain faktor di atas, ada juga penyebab sering mengantuk dan pusing karena berbagai penyakit, misalnya:

1. Tekanan darah rendah

2. Kurang darah

3. Serangan tidur kronis yang membuat sangat mengantuk di siang hari.

4. Insomnia

5. Tekanan darah rendah.

7 dari 8 halaman

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Mengantuk © Diadona
Merasa ngantuk di pagi hari padahal waktunya beraktivitas tentu saja mengganggu ya? Apalagi kalau sering dialami dan malamnya merasa sudah cukup tidur. Normalnya orang dewasa butuh sekitar 7-9 jam untuk beristirahat loh!

Nah karena sudah tahu apa saja penyebabnya, sekarang kita kenali cara mengatasinya. Hal-hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk di pagi hari.

1. Berolahraga secara teratur.

2. Membatasi minum alkohol.

3. Mulai membentuk dan menjaga pola tidur dengan durasi yang cukup setiap harinya.

4. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi dengan gizi seimbang dan mengurangi kadar gula yang tinggi.

5. Menghindari kebiasaan merokok.

8 dari 8 halaman

6. Melakukan relaksasi untuk mengurangi stres. Soalnya biasanya beban pikiran membuat orang susah tidur di malam hari sehingga esoknya mengantuk.

7. Menciptakan suasana yang nyaman untuk tidur. Bisa dengan cahaya yang redup, suhu ruangan yang pas atau bisa juga menggunakan aromaterapi.

8. Ini nih yang biasanya juga cukup mengganggu guys, hindari bermain gadget atau bekerja di kamar tidur.

Nah itu tadi penyebab sering mengantuk di pagi hari yang bisa karena makanan, kebiasaan sehari-hari sampai gangguan kesehatan. Kalau sudah melakukan cara di atas tapi masih belum membaik, jangan ragu periksakan ke dokter ya!

Beri Komentar