Nyebelin Banget, Niat Begadang Biar Bangun Siang Malah Tetap Kepagian! Kenapa Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 17 Februari 2020 10:06
Nyebelin Banget, Niat Begadang Biar Bangun Siang Malah Tetap Kepagian! Kenapa Sih?
Sekali-kali padahal mau bangun siang, tapi tetap nggak bisa.

Kebetulan, saat ini saya mendapat shift pagi di tempat kerja. Artinya, tentu saja setiap pagi saya harus bangun pagi dong buat berangkat.

Hari libur saya cuma di hari Minggu. Karena saya kangen bangun siang, akhirnya saya sengaja begadang di Sabtu malamnya, dengan harapan bisa bangun siang. Begitu.

Tapi, yang ada saya malah tetap aja bangun di pagi hari seperti biasa. Mau tidur lagi rasanya susah. Padahal, saya udah sempet-sempetin begadang di malam sebelumnya.

Kenapa, ya? Padahal kan kalau dipikir-pikir, tidur malam banget bisa buat kita bangun siang?

1 dari 4 halaman

Saya jadi teringat postingan di twitter yang dibagikan oleh salah satu teman saya beberapa hari yang lalu. Begini postingannya:

Postingan tersebut merupakan sebuah video dari Insider yang memberikan beberapa tips agar dapat tidur yang berkualitas. Bukan sembarang tips, tapi berdasarkan seorang ahli ilmu saraf dan psikologi di University of California Berkeley, yaitu Matther Walker. Beliau juga menulis sebuah buku yang berjudul 'Why We Sleep', lho!

2 dari 4 halaman

Kebiasaan adalah jawaban

 

Di dalam video tersebut, Walker menjelaskan bahwa salah satu tips untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dengan tidur dengan jadwal yang teratur.

Misalkan tidur jam 9 malam, bangunnya jam 5 pagi. Begitu terus sehingga menjadi kebiasaan. Dengan begitu, apapun yang terjadi, jadwal tidur pun lama-kelamaan akan tetap seperti itu dengan sendirinya. Seperti menjadi auto-ngantuk dan auto-bangun.

3 dari 4 halaman

Artinya apa?

Ilustrasi Wanita Bangun Tidur © Diadona

Ketika sudah mendapatkan kebiasaan tidur seperti itu, kerennya kamu sudah menerapkan sleep regularity, yaitu dalam bahasa kita adalah keteraturan tidur.

Kita akan secara otomatis tidur di jam yang sama, dan juga bangun di jam yang sama setiap harinya.

Meskipun kamu suatu saat sengaja dan niat banget begadang di malam hari biar bisa bangun siang, kemungkinan besar kamu akan tetap bangun pagi. Kenapa? Karena tubuhmu sudah diatur terbiasa untuk bangun pagi.

4 dari 4 halaman

Nah, udah tahu kan kenapa nggak bisa bangun siang padahal udah sengaja begadang?

Tapi kalau bisa, nggak usah deh bangun siang sampai begadang-begadang nggak perlu segala. Soalnya dari berbagai sumber, bangun pagi bisa buat kamu lebih sehat, bahagia, dan tenang.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Beri Komentar