10 Website AI Untuk Membuat Esai Dengan AI Beserta Tips Menggunakannya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 11 Desember 2023 09:37
10 Website AI Untuk Membuat Esai Dengan AI Beserta Tips Menggunakannya
Berikut list website untuk membuat esai dengan AI

Di era yang serba teknologi ini, AI atau kecerdasan buatan terus berkembang dalam membantu kehidupan kita di berbagai aspek. Kamu bahkan bisa membuat esai dengan AI. AI sudah sering digunakan banyak pelajar untuk membantu menulis esai yang mereka inginkan.

Bagi sebagian orang, esai bisa sangat membingungkan. Kira-kira harus memulai darimana saat menulis esai. Nah, membuat esai dengan AI membantu kamu mengembangkan esai dengan gaya kamu sendiri.

Walaupun membuat esai dengan AI kadang kontroversial, tapi nggak ada salahnya buat coba. Berikut adalah ulasan berbagai AI tools yang bisa kamu gunakan untuk menulis esai.

1 dari 7 halaman

ChatGPT Open AI

Ilustrasi ChatGPT © Diadona

ChatGPT bisa jadi opsi pertama jika kamu pengen membuat esai dengan AI. Jadi, ChatGPT sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk meminta apa saja kepada bot, termasuk menulis esai. ChatGPT diyakini memiliki kemampuan inggris koheren dan hampir sempurna.

Kamu bisa memasukkan prompt “ Buatlah esai tentang (topik yang kamu inginkan)” misalnya, lalu kemudian ChatGPT akan menuliskan esai sesuai dengan yang kamu minta. Semakin lengkap dan detail prompt yang kamu kirim, maka semakin baik esai yang dihasilkan.

Quillbot

QuillBot © Diadona

Situs membuat esai dengan AI selanjutnya adalah Quillbot, ini juga cukup terkenal. Berdasarkan website Quillbot, AI ini bisa kamu gunakan untuk parafrase, cek grammar, penjelasan topik, hinga menulis esai. 

Quillbot juga membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Kamu bisa nulis esai pakai Quillbot dengan menuliskan prompt agar diproses oleh bot. Namun, Quillbot hanya tersedia untuk versi bahasa inggris saja.

2 dari 7 halaman

Aizzy AI

Aizzy AI © Diadona

Kalau kamu butuh AI yang lebih komplek dari segi fitur, Aizzy AI bisa jadi salah satu opsi kamu. Hal unik dari AI ini adalah menyediakan berbagai macam bot sesuai bidang profesi tertentu. Misalnya, social media manager, marketing manager, sales executive, hingga developer. 

Kalau kamu ingin membuat esai, disarankan untuk menggunakan bot superchat atau copywriter agar lebih relevan. Selain itu, ada juga versi Aizzy AI dimana kamu bisa membuat profesi bot kamu sendiri.

Perplexity

Perplexity © Diadona

AI tools selanjutnya yang bisa kamu coba jika ingin membuat esai dengan AI adalah Perplexity. Sebenarnya fungsi dan cara penggunaanya mirip dengan yang lain. Hanya saja, Perplexity juga menampilkan situs-situs referensi sumber yang digunakan dalam esai kamu.

Kemudian, kalau kamu belum puas dengan hasil dan referensinya, kamu bisa menambahkan prompt atau klik Add More. Dengan ini, bot AI akan menambahkan sumber referensi pada esai kamu.

3 dari 7 halaman

Jasper AI

Jasper AI © Diadona

Jasper AI adalah bot dengan kecerdasan buatan yang menawarkan kemampuan pemrosesan bahasa yang canggih. Kamu bisa pakai Jasper untuk membuat esai dengan AI. 

Berdasarkan website Jasper, AI ini dirancang lebih profesional untuk urusan bisnis. Jadi, kalau kamu pengen bikin esai terkait bisnis, misalnya marketing, Jasper bisa jadi opsi terbaik kamu.

Grammarly

Aplikasi Grammarly © Diadona

Kamu udah nulis esai tapi masih ragu sama tata bahasanya? Grammarly bisa sangat menolong kamu. Grammarly populer karena fitur pemeriksa tata bahasa dan ejaannya.

Hal ini sangat berguna kalau kamu pengen memastikan esai kamu bebas dari kesalahan grammar dan ejaan. Selain itu, Grammarly juga akan menyarankan gaya tulisan untuk menyempurnakan esai kamu.

4 dari 7 halaman

Write Sonic

Writesonic © Diadona

Dilansir dari website Write Sonic, AI ini dirancang untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dan merevolusi cara orang menulis. AI ini dilengkapi teknologi GPT 3.5 untuk versi gratis, dan GPT 4 yang sangat canggih untuk bersi berbayar.

Write Sonic punya UI yang ramah pengguna sehingga nyaman untuk digunakan. Namun, ada sedikit kekurangan dari AI ini yaitu kadang tidak menghasilkan hasil copy yang akurat, sehingga butuh beberapa modifikasi lagi.

Rytr

Rytr AI © Diadona

Salah satu AI yang terbilang sangat canggih dalam menulis esai adalah Rytr. AI ini menggunakan formula copywriting AIDA & PAS dengan lebih dari 30 pilihan bahasa. 

Dilansir dari website Rytr, AI ini bukan hanya menulis, tetapi juga mempersingkat, memperbanyak, hingga menulis ulang apabila kamu kurang puas dengan hasil tulisannya. Selain itu, Rytr juga menyiapkan folder untuk kamu menyimpan segala tulisan kamu yang bisa dibuka kembali.

5 dari 7 halaman

GoodAI

GoodAI © Diadona

GoodAI adalah tools AI yang bisa kamu gunakan untuk menulis esai sesuai dengan topik yang kamu inginkan. Di GoodAI kamu bisa memilih opsi menulis esai atau membuat outline esai.

AI ini memiliki fitur pemilihan topik, tipe esai, referensi, dan jumlah kata. Selain itu, kalau kamu belum puas dengan hasil tulisannya, kamu bisa menambahkan perubahan dengan fitur auto-complete. 

Copy AI

Copy AI © Diadona

Berdasarkan websitenya, Copy AI diklaim sebagai cara tercepat menyelesaikan pekerjaan dengan AI generatif. Selain menulis, Copy AI juga punya fitur grammar checker dan plagiarism checker. Ini bisa membantu kamu memastikan apakah esai yang dibuat sudah maksimal atau belum.

Kamu bisa menggunakan Copy AI secara gratis, namun fitur yang bisa diakses terbatas. Kamu juga bisa membayar untuk mengakses seluruh fitur di Copy Ai dengan bebas.

6 dari 7 halaman

Tips & Cara Membuat Esai Dengan AI

Membuat esai dengan AI nggak selalu mulus dilakukan. Kadang hasil penulisan AI terkesan terlalu kaku dan belum mengelaborasi topik. Nggak jarang esai yang dibuat AI terdeteksi plagiarism. 

Nah, untuk meminimalisir hal-hal ini dan membuat esai dengan AI lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa kamu tempuh. Berikut ulasannya!

Buat Prompt Dengan Detail & Lengkap

Tips pertama adalah membuat prompt kamu sangat detail untuk menghasilkan tulisan yang baik. Daripada kamu hanya menulis “ Buatlah esai tentang pencemaran lingkungan”, kamu bisa menambahkan informasi lain yang terkait.

Kamu bisa menulis referensi yang kamu inginkan, gaya tulisan santai atau formal, jumlah kata, penjelasan latar belakang, dan sebagainya. Makin lengkap prompt kamu, makin maksimal hasilnya.

Jelaskan Posisi Bot Sebagai Apa

Masih terkait prompt, beberapa tools AI menggunakan bot yang dapat memroses informasi secara general. Untuk itu, ada baiknya kamu menjelaskan bot ini akan berlaku sebagai apa pada permintaan kamu.

Misalnya, “ Kamu adalah seorang copywriter lingkungan dengan pengalaman lebih dari 5 tahun”. Ini akan memposisikan bot sesuai dengan bidang yang relevan dengan topik esai kamu.

Cari Referensi Sendiri

Saat ingin membuat esai dengan AI, lebih baik kamu sudah memiliki referensi kamu sendiri sesuai topik esai yang akan dibuat. Hal ini akan membuat esai yang ditulis oleh AI akan menyesuaikan referensi yang memang sudah kamu kurasi. 

7 dari 7 halaman
Beri Komentar