12 Cara Membuat Presentasi dengan AI, Paling Cepat dan Terlengkap

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 8 Desember 2023 20:42
12 Cara Membuat Presentasi dengan AI, Paling Cepat dan Terlengkap
Cara membuat presentasi dengan AI gampang banget bisa kamu lakukan hanya dalam sekali klik.

Jika kamu pernah terburu-buru untuk membuat presentasi dalam hitungan menit, kamu perlu mengetahui tools atau alat yang bisa membantu kamu untuk menghasilkan presentasi dalam hitungan beberapa detik saja. Hal itu sangat mungkin terjadi jika kamu memanfaatkan AI untuk membantu kamu menyusun pekerjaan yang harus kamu selesaikan. 

Saat ini, teknologi AI berkembang sangat pesat, cara membuat presentasi dengan AI juga merupakan salah satu terobosan baru artificial intelligence yang bisa mempermudah pekerjaan kamu.

Nah, kamu tentu bisa membuat presentasi dalam sekejap dengan menggunakan beberapa AI generator di bawah ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi platform AI generator cara membuat presentasi dengan AI yang bisa kamu coba untuk menghasilkan presentasi dalam waktu singkat.

1 dari 7 halaman

Beautiful.ai 

Beautiful AI © Diadona

Beautiful.ai adalah salah satu alternatif inovatif yang bisa kamu manfaatkan sebagai tools cara membuat presentasi dengan AI secara menarik. Dengan AI ini kamu bisa fokus dengan isi konten presentasi dan Beautiful.ai akan mengelola estetika presentasi. 

Lalu, Beautiful.ai juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti analisis mendalam dan akan memberitahumu slide mana yang akan memberikan dampak paling signifikan, berbagi presentasi secara aman dengan melindungi informasi sensitif, serta memungkinkan kamu untuk mengedit kembali presentasi di PowerPoint. Walaupun memiliki template desain presentasi yang cukup banyak, pengguna Beautiful.ai merasa template itu masih kurang dibandingkan dengan platform lain.

Presentations.ai

Kedua, ada Presentations.ai yang merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu pilih sebagai tools cara membuat presentasi dengan AI dalam waktu yang cukup singkat. Juga, desain presentasi yang ditawarkan oleh AI ini juga beragam. 

Presentations.ai dilengkapi dengan fitur seperti memiliki alat yang cukup lengkap yang bisa membantu kamu mengkreasikan presentasi, dan tentu saja kamu bisa membuat presentasi dalam hitungan detik dengan satu perintah. Namun presentations.ai terlalu berfokus kepada presentasi singkat dan presentasi pemasaran sehingga akan kurang cocok jika kamu ingin membuat presentasi informatif.

2 dari 7 halaman

SlidesAI

Slides AI © Diadona

Ketiga, ada SlidesAI yang bisa menjadi andalan kamu sebagai alternatif cara membuat presentasi dengan AI yang kompatibel dengan Google Slides. Jadi, kamu bisa membuat presentasi dalam waktu singkat dengan perintah yang panjang maupun pendek. 

SlidesAI dilengkapi dengan beberapa fitur seperti saran gambar, parafrase teks, dan bisa mengubah perintah teks menjadi slide. Tapi hasil presentasi yang dihasilkan SlidesAI nggak terlalu kontekstual, format yang dihasilkan juga terasa agak acak.

Simplified 

Keempat, ada AI Simplified yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif tools cara membuat presentasi dengan AI yang bisa menyederhanakan presentasimu agar mudah dipahami audiens. Jadi,  kamu bisa memberikan perintah dan AI akan menghasilkan presentasi dalam beberapa detik. 

Simplified juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti terdapat banyak sekali pilihan desain bahkan untuk pengguna gratis, terintegrasi dengan banyak platform mencakup Google Drive hingga Shopify, dan kolaborasi secara real time dalam presentasi. Namun kamu perlu tahu bahwa Simplified cenderung lebih mahal dibandingkan dengan software presentasi AI yang lainnya.

3 dari 7 halaman

Slidebean

Slides Bean © Diadona

Selanjutnya, ada Slidebean yang merupakan salah satu alternatif yang cocok digunakan sebagai tools cara membuat presentasi dengan AI yang singkat dan to the point. Khususnya, jika kamu ingin membuat presentasi pemasaran dan penjualan. 

Dengan Slidebean kamu bisa menggunakan banyak fitur seperti bisa membagikannya secara online namun tetap aman, melacak aktivitas yang terjadi di slide kamu sehingga kamu bisa mengetahui kamu sudah melihatnya berapa kali dan kapan saja, serta terdapat opsi kolaborasi. Namun interface Slidebean cenderung rumit jadi beberapa pengguna akan kesulitan dalam mengedit grafik dan gambar.

Tome

Kemudian ada Tome yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif tools cara membuat presentasi dengan AI yang bisa kamu lakukan dengan memberikan perintah singkat. Tome ini memiliki fitur pendukung seperti Tome bisa membantu kamu dalam menemukan dan mengutip referensi, terdapat fitur untuk menerjemahkan bahasa, pilihan desain template yang sangat banyak, serta kamu bisa meminta untuk mengubah gambar AI sesuai dengan keinginan kamu. 

Namun perlu kamu garis bawahi bahwa platform Tome masih dalam pengembangan jadi mungkin saja kamu akan mengalami beberapa masalah saat menggunakannya.

4 dari 7 halaman

Plus AI

Plus AI © Diadona

Plus AI bisa menjadi salah satu alternatif kamu sebagai tools cara membuat presentasi dengan AI yang menawarkan fleksibilitas dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan preferensi kamu. Plus AI memiliki beberapa fitur seperti didukung oleh AI generatif terbaru, terintegrasi dengan Google Slide dan Powerpoint, menciptakan presentasi yang hanya memerlukan sedikit  pengeditan, serta bisa melakukan parafrase pada slide.

MagicSlides

Kedelapan, ada MagicSlides yang bisa jadi alternatif kamu sebagai tools cara membuat presentasi dengan AI yang memungkinkan kamu untuk mengubah perintah teks menjadi slide presentasi. MagicSlides memiliki beberapa fitur seperti terintegrasi dengan Google Slide, kamu bisa memberikan perintah hingga 6000 karakter dan MagicSlides akan mengubahnya menjadi presentasi, mengedit font dan warna, serta konten presentasinya terasa ringan. 

Namun karena konten presentasinya terasa ringan kamu perlu pengeditan yang agak banyak jika ingin membuat presentasi yang profesional. Tapi tetap worth it untuk dicoba kok, Diazens!

5 dari 7 halaman

Gamma

Gamma AI © Diadona

Lalu ada AI yang bernama Gamma yang bisa kamu manfaatkan sebagai tools cara membuat presentasi AI yang memungkinkan kamu untuk membuat presentasi secara fleksibel dan dinamis. Gamma dilengkapi dengan beberapa fitur seperti bisa menyematkan berbagai media mulai dari GIF hingga situs web, bisa menerima umpan balik presentasi dari audiens, serta kamu bisa mengubah tampilan dengan mudah. Namun template desain presentasi yang ditawarkan Gamma memiliki variasi yang terbatas.

Pitch

Next, ada Pitch yang bisa membantu kamu sebagai salah satu alternatif tools cara membuat presentasi dengan AI dengan rapi dalam hitungan detik saja. Pitch dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti kemampuan integrasi dengan banyak platform sehingga memudahkan untuk membagikan dengan orang lain, terdapat fitur analisis, serta alat presentasi yang memudahkanmu untuk berbagi dan merekam presentasi. 

Walaupun tampilan presentasi Pitch terlihat bagus secara estetika, namun kamu akan cenderung kesulitan untuk melakukan pengeditan slide. Ya mungkin ini sedikit kekurangan dari Pitch

6 dari 7 halaman

Kroma

Kroma AI © Diadona

Kemudian ada Kroma yang akan membantu untuk kamu jadikan salah satu alternatif tools cara membuat presentasi dengan AI. Kroma memiliki beberapa fitur pendukung seperti bisa memilih membuat presentasi profesional dengan memilih konten presentasi dari para ahli, menyajikan data dengan menonjol sehingga akan terkesan lebih menarik dan mudah dipahami, serta memiliki banyak pilihan template desain yang dirancang dalam berbagai format sesuai dengan kebutuhan. 

Namun perlu kamu garis bawahi bahwa interface Kroma sedikit sulit dipahami dan Kroma nggak cocok kamu gunakan  jika kamu nggak perlu pendapat para ahli. 

DeckRobot

Terakhir, ada DeckRobot yang mana adalah salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan sebagai tools cara membuat presentasi dengan AI. Jadi, DeckRobot ini memiliki beberapa fitur pendukung seperti bisa mengubah draft pertama presentasi yang sudah kamu buat menjadi presentasi akhir yang sempurna, keamanan data yang cukup tinggi, dan memungkinkan kamu untuk mendesain ulang dengan branding yang sudah kamu tentukan sebelumnya hanya dalam sekali klik.

Namun DeckRobot hanya bisa bekerja dengan maksimal kalau kamu menggunakan PowerPoint, jika kamu menggunakan platform lain maka sebaiknya kamu memilih AI lain yang lebih kompatibel.

Beri Komentar