5 Cara Mengetahui IG Di-Mute, Ini Ciri-Cirinya!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 7 Desember 2023 14:49
5 Cara Mengetahui IG Di-Mute, Ini Ciri-Cirinya!
Biar nggak bingung, cari tahu cara mengetahui IG di-mute sama orang lain

Tujuan orang menggunakan Instagram tentu sangat beragam. Ada yang bertujuan untuk keperluan bisnis, penggunaan pribadi, atau sekedar iseng hanya ingin scrolling. Instagram sendiri disukai karena menawarkan berbagai fitur-fitur canggih yang bisa kamu pakai, salah satunya fitur mute akun tertentu. Ketika kita di mute, kamu perlu tahu cara mengetahui IG di-mute.  

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Dilansir dari Statista, total pengguna instagram saat ini mencapai 1,3 triliun orang. Dari banyaknya fitur Instagram, fitur mute adalah fitur yang memungkinkan kita menyembunyikan update dari akun tersebut. 

Nah, ada berbagai alasan mengapa orang melakukan mute akun di Instagram. Bisa jadi karena nggak menyukai postingan, merasa terlalu spam, hingga postingan yang mungkin mentrigger. Kalau kamu merasa ada orang yang mute akunmu, ada beberapa cara mengetahui IG di-mute.

Berikut Diadona telah mengulas lengkap terkait cara mengetahui IG di-mute. Ciri-ciri ini bisa menjadi salah tanda bahwa IG kamu di-mute oleh seseorang. Simak ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Cek List Penonton Story

Ilustrasi Story Instagram © Diadona

Cara mengetahui IG di mute yang pertama adalah mengecek apakah orang yang kamu maksud ada di list penonton story Instagram kamu atau nggak. Nah, fitur mute di Instagram akan membuat story Instagram kamu nggak bakal muncul di akun mereka. Itulah mengapa ini bisa menjadi salah satu ciri jika instagram kamu di-mute.

Apabila orang tersebut yang biasanya selalu melihat story Instagram, dan sekarang tidak, mungkin saja orang tersebut melakukan mute ke akun kamu. Kamu bisa coba posting story selama beberapa hari secara rutin dan memantau apakah orang tersebut melihat atau tidak.

2 dari 6 halaman

Masukkan Akun Tersebut Ke Close Friend Instagram

Close Friend Instagram © Diadona

Kalau kamu merasa bahwa cara mengetahui IG di-mute dengan mengecek penonton story terlalu ribet dan sedikit melelahkan. Ya, apalagi kalau kamu punya banyak followers dan banyak yang sering menonton story kamu, mungkin akan sedikit memakan waktu. Tenang aja, kamu bisa mencoba cara lain dengan memasukkan orang tersebut ke close friend.

Memasukkan orang ke close friend akan mengerucutkan dan membuat pemantauan lebih efektif. Kamu bisa memasukkan akun yang kamu curigai ke close friend, lalu postinglah sesuatu yang random. Setelah itu kamu perlu memantau apakah orang tersebut melihat story kamu dalam 24 jam kedepan atau tidak.

Jika akun tersebut melihat story close friend kamu, maka berarti akun kamu tidak di-mute. Namun, jika akun tidak ada di list penonton story close friend tersebut, mungkin saja akun tersebut melakukan mute ke akun kamu.

3 dari 6 halaman

Cek Aktivitas Like dan Komen Postingan

Ilustrasi Instagram © Diadona

Cara mengetahui IG di-mute atau tidak selanjutnya adalah dengan mengecek aktivitas akun tersebut apakah ia sering like atau komen di postingan kamu maupun orang lain. Cara ini mungkin akan memakan waktu dan tenaga, tapi nggak ada salahnya buat kamu coba.

Kalau akun yang kamu rasa melakukan mute sudah tidak lagi like ataupun komen postingan kamu padahal sebelumnya sering, ini bisa jadi ciri bahwa akun kamu di-mute. Pantau juga apakah akun tersebut melakukan like atau komen di postingan orang lain yang kamu kenal atai tidak. Walaupun sedikit sulit, tapi ini adalah salah satu cara mengetahui IG di-mute yang mungkin efektif.

4 dari 6 halaman

Stalking Pakai Fake Account

Ilustrasi Fake Account © Diadona

Tau istilah stalking? Ya, cara mengetahui IG di-mute atau tidak bisa kamu tempuh dengan melakukan stalk pakai akun palsu ke akun orang yang kamu rasa melakukan mute. Kamu bisa memantau apakah akun tersebut memposting story atau tidak. Jika storynya muncul di akun palsu, dan tidak di akun asli kamu, maka sangat mungkin kalau kamu di-mute.

Hanya saja, cara ini akan bekerja jika akun yang kamu ingin stalk atau pantau adalah akun publik yang tidak diprivat. Selain itu, cara stalking ini juga terkesan kurang etis dan bisa membuat orang yang memiliki akun tersebut merasa sedikit kurang nyaman. 

Tapi, kalau memang kamu benar-benar ingin kamu apakah akun kamu di-mute atau tidak. Stalking dengan akun palsu bisa jadi opsi cara mengetahui IG di-mute. 

5 dari 6 halaman

Gunakan Aplikasi Ghost Followers

Aplikasi Ghost Followers © Diadona

Selain cara-cara diatas, kamu bisa juga mencoba cara mengetahui IG di-mute atau nggak menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga lain. Salah satu yang cukup terkenal adalah Ghost Followers. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat mana akun asli dan akun fake di list followers Instagram kamu.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa dijadikan alternatif untuk mengetahui apakah ada akun yang memblokir atau mute akun kamu. Kamu perlu download dan install aplikasi ini melalui Google Playstore, lalu tinggal membukanya. Disini akan tampil secara otomatis list followers dan mana akun yang jarang terhubung denganmu.

Nah, untuk melihat akun yang melakukan mute, kamu bisa scroll ke paling bawah sampai menemukan list akun yang memblokir kamu. Akun yang ada pada list ini adalah akun yang memblokir atau mute akunmu. Jika kosong, maka memang nggak ada yang melakukan mute ke akun kamu.

6 dari 6 halaman

Demikian 5 cara mengetahui IG di-mute atau tidak. Kamu bisa coba sesuai dengan kebutuhan kamu masing-masing. Saran Diadona, kamu bisa menggabungkan berbagai cara ini agar bisa lebih memastikan apakah Instagram kamu benar-benar di-mute atau tidak.

Sekian dulu untuk ulasan kali ini, semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar