Makin Kece, USB-C dan Dynamic Island Kini Ada di IPhone 15 dan 15 Plus

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 September 2023 09:09
Makin Kece, USB-C dan Dynamic Island Kini Ada di IPhone 15 dan 15 Plus
Semakin upgrade, USB-C dan Dynamic Island kini ada di iPhone 15 dan 15 Plus. Baca dulu sebelum beli!

Apple akhirnya resmi meluncurkan seri IPhone 15 terbarunya pada 13 September 2023 pada acara bertajuk Wanderlust. Lalu, apa yang baru? Jawabannya adalah USB-C dan Dynamic Island kini ada di IPhone 15 dan 15 Plus. Menarik nggak nih menurut kamu?

Apple adalah salah satu perusahaan teknologi yang sangat terkenal di dunia, termasuk Indonesia. Produk-produk Apple cukup digemari oleh orang Indonesia karena dianggap memiliki fitur-fitur unik dan lebih unggul dibanding merk lain.

Berdasarkan website TechTarget, produk Apple terkenal dengan estetika desain dan perhatian akan detail. Selain itu, Apple pun selalu memperbarui dan meluncurkan fitur-fitur baru yang menarik pada seri baru yang mereka luncurkan.

Lalu, apa yang spesial dari seri IPhone 15 ini? Apakah kelebihan dari USB-C dan Dynamic Island kini ada di IPhone 15 dan 15 Plus? Berikut Diadona telah mengulas terkait hal tersebut, simak di bawah ya!

1 dari 4 halaman

Mengenal Seri iPhone 15, Apa Saja Kelebihannya?

USB-C dan Dynamic Island iPhone 15 © Diadona

Seperti biasanya, setiap produk atau seri baru yang diluncurkan Apple pasti memiliki fitur-fitur tambahan atau bahkan baru dibanding seri-seri sebelumnya. Begitupun dengan seri IPhone 15 ini ya, Diazens.

iPhone 15 Pro menggunakan chipset A17 Bionic yang dirancang khusus untuk Apple dan diklaim cocok untuk keperluan gaming. Ini adalah salah satu upgrade dari iPhone seri 14 yang menggunakan chipset A16 Bionic. Hal ini juga membuat IPhone 15 cenderung memiliki daya tahan baterai yang lebih tahan lama dibandingkan seri sebelumnya.

Kemudian, sistem operasi iOS dari seri IPhone 15 sudah menggunakan iOS 17 yang paling baru. Adapun seri  IPhone 15 muncul dengan 4 model, yaitu IPhone 15, IPhone 15 Plus, IPhone 15 Pro, dan IPhone 15 Pro Max. Masing-masing model memiliki keunggulan masing-masing yang diperkenalkan oleh Apple.

IPhone 15 dan IPhone 15 Plus sendiri hadir dengan lima varian warna, yaitu Black, Blue, Green, Yellow, dan warna terbaru yaitu Pink yang juga sangat menjadi sorotan para pecinta Apple. Hanya saja, ukuran layar yang membedakan kedua model ini, IPhone 15 memiliki layar 6.1 inch, sedangkan IPhone 15 Plus 6.7 inch.

Kemudian, IPhone 15 Pro dan IPhone 15 Pro Max hadir dengan 4 varian warna titanium, yaitu Natural Titanium, Blue Titanium, White Titanium, dan Black Titanium. Dilansir dari website Apple, Titanium di IPhone 15 Pro ini diklaim sebagai model paling ringan yang pernah dimiliki oleh Apple.

Selain itu, khusus untuk model Pro, Apple meluncurkan home button yang diubah menjadi action button yang lebih bisa melakukan multitasking sesuai rumor yang sebelumnya telah beredar. Action button tidak hanya untuk melakukan silent, tetapi juga untuk fitur DND, torch, kamera, dan sebagainya.

Selain itu, yang sangat membedakan seri IPhone 15 dengan generasi sebelumnya adalah terletak pada USB-C dan Dynamic Island kini hadir di IPhone 15 dan 15 Plus. Berikut adalah penjelasan terkait USB-C dan Dynamic Island produk IPhone 15.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 kini hadir dengan USB-C

USB-C dan Dynamic Island iPhone 15 © Diadona

Salah satu hal yang paling ditunggu dari seri iPhone 15 ini adalah kehadirannya dengan USB-C. Dilansir dari website Apple, konektor USB-C yang baru ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya Mac atau iPad dengan kabel yang sama dengan iPhone. Bahkan, kamu dapat menggunakan USB-C ini untuk mengisi daya produk Apple Watch dan AirPods.

Kehadiran USB-C pada produk iPhone tentu adalah hal yang sangat ditunggu oleh banyak pengguna iPhone., karena Tentu saja ini karena tipe USB-C dirasa lebih universal dibandingkan tipe USB lightning yang selama ini digunakan pada produk iPhone.

Apple sebelumnya memang sudah menerapkan USB-C port pada beberapa lini produk mereka, seperti Macbook Air & Pro, AirPods Pro gen-2, hingga iPad. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa Apple akhirnya mengganti port lightning dengan USB-C agar lebih universal.

Tak hanya itu, Apple juga memperkenalkan fitur Reverse Charging. Fitur ini merupakan fitur yang dapat memungkinkan pengguna seri iPhone 15 untuk mengisi ulang aksesoris atau produk iPhone lainnya melalui handphone tersebut. Jadi, kamu nggak perlu takut AirPods kamu kekurangan daya ya!

3 dari 4 halaman

Fitur Dynamic Island Kini Hadir di Semua Model Seri iPhone 15

USB-C dan Dynamic Island iPhone 15 © Diadona

Next, Selain kehadiran USB-C, Dynamic Island kini juga sudah disematkanada di iPhone 15 dan 15 Plus. Hal ini cukup berbeda dengan seri iPhone 14 lalu, yaitu Dynamic Island hanya tersedia pada model iPhone Pro dan Pro Max.

Dilansir dari website Mashable SEA, Dynamic Island adalah fitur widget berbentuk pil kecil yang bagus di dekat bagian atas layar yang dapat berubah bentuk sesuai aplikasi dan kebutuhan pengguna iPhone. Fitur ini salah satunya dapat menampilkan notifikasi yang muncul di iPhone.

Saat ini, fitur Dynamic Island sudah terdapat pada seluruh model di seri IPhone 15, baik yang basic maupun Pro. Hal inilah yang menjadi angin segar pada seri iPhone 15 yang membuat pengguna tertarik untuk membeli seri tersebut. 

Dengan USB-C dan Dynamic Island kini ada di iPhone 15 dan 15 plus, kira-kira kamu tertarik nggak nih untuk upgrade perangkat kamu ke iPhone 15 ini? Untuk detail harganya kamu bisa lihat di sini ya!

Itu dia tadi sedikit ulasan tentang iPhone 15 yang lagi happening sekarang Diazens! Kira-kira fitur apalagi ya yang bakal dihadirkan Apple di seri-seri iPhone selanjutnya? Kita tunggu aja!

Penulis: Starky

Beri Komentar