Suka Menulis? Kamu Bisa Menjajal 3 Aplikasi Ini untuk Tuangkan Idemu

Reporter : Arif Mashudi
Minggu, 10 Januari 2021 08:00
Suka Menulis? Kamu Bisa Menjajal 3 Aplikasi Ini untuk Tuangkan Idemu
Cobain aja, kali aja cocok~

Salah satu hobi yang digemari cukup banyak orang adalah menulis. Entah itu menulis cerita sehari-hari, menulis fiksi, atau bahakan menulis terkait opini tentang current issues.

Nah, umumnya untuk zaman sekarang, orang yang mempunyai hobi menulis akan menuangkan idenya ke dalam blog pribadi. Karena selain gratis, tulisan akan bisa dilihat oleh banyak orang.

Tapi, kamu tahu tidak jika ada loh aplikasi alternatif selain blog yang bisa digunakan untuk menuangkan ide tulisan kamu. Selain itu, tentunya aplikasi tersebut akan memudahkan kamu untuk konsisten menulis.

1 dari 4 halaman

Steller

ilustrasi bermain handphone © Diadona

Melansir dari laman Liputan6.com, Steller adalah aplikasi yang sebenarnya mirip dengan Instagram. Jadi, di Steller ini kita dapat membagikan teks cerita, foto, dan video secara bersamaan.

Untuk kamu yang sering membuat puisi atau kutipan-kutipan menarik, sepertinya Steller ini cocok. Tulisan kamu akan terlihat lebih menarik dengan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Di Indonesia, Steller baru populer sekitar tahun 2016, berjarak dua tahun pascarilis.

Cukup simpel untuk menggunakan aplikasi ini. Cara paling praktis adalah masuk menggunakan akun Twitter. Kebanyakan pengguna Steller adalah traveler yang membagikan kisah menariknya disini.

Fitur premium di aplikasi inijuga sangat terjangkau, cukup dengan membayar mulai dari 14 ribu rupiah saja. Steller telah diunduh oleh 100 ribu lebih pengguna di Google Play Store.

2 dari 4 halaman

Medium

Ilustrasi bermain handphone © Diadona

Aplikasi ini gratis diunduh di Google Play Store ataupun Apple Store. Orang-orang biasanya membuat artikel mengenai tips, opini terkait suatu kebijakan, atau bahkan cerita berkelanjutan. Tentunya, kamu dapat menambahkan teks dan foto untuk melengkapi tulisan.

Medium juga menyedian beberapa fitur unggulan jika kita berlangganan aplikasi ini. Selain itu, Medium juga bisa dibuka melalui web browser. Di Medium, kamu juga bisa memdapatkan penghasilan, tentunya dengan aturan dan kebijakan yang sudah ditentukan.

3 dari 4 halaman

Wattpad

Sama persis seperti dua Steller ataupun Medium, Wattpad juga dapat diakses melalui smartphone kamu. Melalui aplikasi ini juga kamu dapat berbagi cerita secara gratis.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh penulis fiksi yang menulis secara kontinu. Di Indonesia suda ada beberapa penulis yang menerbitkan bukunya bermula dari menulis di aplikasi ini.

Wattpad dapat diunduh di Google Play Store dan AppStore. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna. Kamu cukup membuat akun untuk bisa mulai menulis. Lebih lanjut lagi, kamu dapat menikmati fitur premium dengan membayar mulai dari 5 ribu rupiah saja.

Jadi itu guys beberapa palikasi yang bisa kamu gunakan dan mencoba alternatif baru selain blog, hehehe.

Beri Komentar