Steam Deck Resmi Diperkenalkan, Saingan Berat Nintendo Switch nih

Reporter : Yoyok
Jumat, 16 Juli 2021 17:43
Steam Deck Resmi Diperkenalkan, Saingan Berat Nintendo Switch nih
Tanpa tedeng aling-aling, Valve perkenalkan Steam Deck

Saat ini, konsol game yang bisa kamu mainkan di mana saja dan memiliki grafik ciamik adalah Nintendo Switch. Nintendo Switch menjadi pilihan utama bagi mereka yang selalu mobile dan sering keluar rumah.

Selain itu, Nintendo Switch juga aman untuk dibawa kemana saja. Namun, hal ini tidak akan bertahan lama.

Tanpa ada aba-aba apapun, Valve memperkenalkan Steam Deck, konsol yang bisa kamu bawa kemana saja.

1 dari 5 halaman

Steam Deck merupakan PC portable buatan Valve. Hadir dengan bentuk mirip Nintendo Switch, Steam Deck dijalankan dengan SteamOS dan mampu memainkan semua game yang ada di Steam.

Dikutip dari GSM Arena, Valve lebih menyebut Steam Deck sebuah PC daripada konsol gaming. karena tidak hanya untuk bermain game, Steam Deck juga bisa berfungsi sebagai komputer.

Steam Deck © Diadona

2 dari 5 halaman

Rencananya, Steam Deck akan diluncurkan pada bulan Desember 2021. Pre-order pun sudah bisa kamu lakukan sejak hari ini, 16 Juli 2021.

Untuk harganya, Steam Deck dijual dengan harga 399 Dollar atau sekitar Rp 5,8 juta. Valve pun menjual beberapa varian Steam Deck yang lain dengan harga Rp 7,6 juta dan Rp 9,4 juta, tergantung dari kapasitas memorinya.

3 dari 5 halaman

Untuk segi spesifikasi, Steam Deck menggunakan chipset AMD APU Zen 2 quad-core, VGA AMD RDNA 2, serta RAM LPDDR5 16 GB.

Untuk kapasitas memorinya, Steam Deck hadir dengan storage eMMC 64GB, NVMe SSD 256GB, NVMe SSD 512GB. Pengguna juga dapat menambah kapasitas dengan slot kartu microSD. kamu juga bisa menambah kapasitas dengan menggunakan microSD.

Steam Deck © Diadona

4 dari 5 halaman

Dari segi desain Steam Deck, layaknya konsol game portable pada umumnya, terdapat stik analog berukuran 7 inci dengan d-pad di sebelah kiri dan tombol ABXY di bagian kanan. Terdapat pula dua trackpad di bagian kanan dan kiri yang berfungsi sebagai mouse.

Untuk segi baterai, Valve mengaku kalau Steam Deck dapat bertahan beberapa jam saat digunakan. “ Untuk kasus penggunaan yang lebih ringan seperti streaming game, game 2D yang lebih kecil, atau browsing internet, Anda dapat mengharapkan masa pakai baterai maksimum sekitar 7-8 jam.” ucap pihak Valve kepada IGN.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar