Spec Masih Kentang, Laptop Pertama di Dunia Ini Dibanderol dengan Harga Rp 188 juta

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 28 April 2020 11:20
Spec Masih Kentang, Laptop Pertama di Dunia Ini Dibanderol dengan Harga Rp 188 juta
Laptop ini bahkan punya berat hingga 24 kilogram

Laptop merupakan sebuah perangkat komputer yang praktis. Bentuknya yang tipis dan ringan membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana. Bahkan kamu bisa melakukan pekerjaan di manapun kamu berada.

Namun pernahkah terbayang bagaimana sih bentuk laptop pertama di dunia? Dilansir dari berbagai macam sumber, berikut adalah penampakannya.

1 dari 2 halaman

Osborne Computer

Laptop Pertama di Dunia © Diadona

Adam Osborne adalah seseorang dibalik terciptanya laptop. Penulis buku dan ahli perangkat lunak itu mulai membangun konsep sebuah komputer yang bisa dibawa ke mana-mana. Di tahun 1980, Adam bekerjasama dengan Felsentein untuk membuat komputer portabel. Felsentein kala itu sedang mendesain sebuah papan sirkuit yang dugunakan untuk membuat processor.

Kerja kerasnya membuahkan hasil. Pada tahun 1981 komputer yang diimpikan oleh Adam menjadi kenyataan. Komputer portabel ini diberi naman Osborne.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Laptop Pertama di Dunia © Diadona

Kala itu, laptop ini memiliki berat hingga 24 kilogram. Memiliki spesifikasi yang sangat jauh dengan laptop sekarang, komputer ini mengggunakan CPU IBM proprientary 1,9 MHz. Ukuran layarnya hanya sebesar 5 inch dengan Operasional System APL and/or BASIC. Laptop ini dilengkapi dengan RAM hanya sebesar 16 kb hingga 64 kb saja. Waduh, kalau sekarang sih nggak bisa buka aplikasi apapun tuh.

Meskipun punya spesifikasi yang sangat sederhana, harga yang dibanderol untuk laptop ini terbilang fantastis. Untuk satu unit laptop itu diberi harga hingga Rp 188 juta pada zamannya. Wah, kalau sekarang sih udah bisa beli mobil tuh.

Beri Komentar