Waspada Hacker, Ini 7 Ciri-Ciri WhatsApp sedang Disadap

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 29 April 2020 15:20
Waspada Hacker, Ini 7 Ciri-Ciri WhatsApp sedang Disadap
Nggak mau kan chat pribadi kamu dibaca oleh orang lain?

WhatsApp memang sudah menjadi aplikasi chating untuk berkomunikasi dengan kerabat atau rekan kerja. Selain chat pribadi, WhatsApp juga kebanyakan digunakan untuk urusan pekerjaan. Oleh karena itu, data-data penting tekadang juga dibagikan melalui WhatsApp.

Nah, tentu saja kamu nggak pingin kan kalau akun WhatsApp kamu sampai diketahui banyak orang. Namun, dengan maraknya kejahatan siber, kini kian banyak kasus WhatsApp yang diretas. Bahkan mungkin bisa mengincar siapa saja termasuk kamu.

Untuk memastikannya, kamu perlu tahu ciri-ciri WhatsApp yang sedang disadap. Apa aja sih itu? DIlansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

1. Chat WhatsApp terbaca otomatis

Apakah kamu pernah merasa menemukan chatmu sudah terbaca, padahal kamu merasa belum pernah membuka chat tersebut? (centang biru). Kalau pernah, bisa jadi itu WhatsAppmu sedang terkena hack. Dengan kata lain, ada orang yang sedang membuka chat tersebut.

Yang bahaya adalah, bisa jadi orang tersebut memiliki akses smartphone kamu saat kamu sedang nggak sadar atau bisa jadi kamu sedang disadap dari jarak jauh.

2. Akun WhatsApp Web Aktif di device lain

Coba kamu cek WhatsApp Web kamu. Mungkin kamu sedang tidak menggunakan WhatsApp Webb di PC atau laptop. Tapi di WhatsApp Web terlihat kalau akunmu sedang aktif di device lain. Bisa jadi akunmu sedang diakses oleh orang lain.

2 dari 3 halaman

Whatsapp © Diadona

3. Akun WhatsApp Log Out Sendiri

Jangan meremehkan akun WhatsASpp yang ter-log-out sendiri. Kita mungkin cuma mengira itu cuma crash saja. Padahal, sering forced close dan keluar secara tiba-tiba bisa jadi salah satu ciri akun WhatsApp sedang di-hack.

Bisa jadi, akun WhatsApp sedang dibuka di perangkat smartphone lain, sehingga WhatsApp akan akan keluar sendiri. Memang, satu satunya cara untuk log in WA adalah dengan melewati verifikasi kode OTP. Jika akun tiba-tiba log-out sendiri, bisa jadi hacker juga sudah menyadap nomor telepon kamu.

4. Penggunaan Internet yang Nggak Normal

Paket internetmu cepat habis? Padahal kamu jarang membuka sosmed. Bisa jadi ada yang sedang menggunakan WhatsApp kamu dari jarak jauh.

Kamu bisa cek pengguaan data internet dengan mengakses di menu Setting > Wireless & Networks > Data Usage. Dengan begitu kamu bisa tahu aplikasi mana saja yang menggunakan data internet dan wifi.

5. Smartphone Sering Overheat

Sering mengalami overheat bisa jadi karena kinerja smartphone meningkat. Kok bisa? Padahal kamu hanya membuka satu aplikasi? Nah bisa jadi kamu terkena telah disusupi aplikasi, virus ataupun malware. Hal ini terjadi ketika kamu mengunduh gambar, file, atau klik tautan dengan sumber yang tidak jelas.

3 dari 3 halaman

6. Suara Bising ketika Telepon WhatsApp

Ciri-ciri WhatsApp yang disadap adalah terdengar suara bising saat kamu melakukan panggilan. Hal ini bisa jadi karena adanya aplikasi mata-mata yang digunakan untuk merekam percakapan kamu ketika sedang menelepon.

7. Baterai Jadi Lebih Boros

Sama halnya dengan smartphone yang cepat panas, aktivitas smarphone yang meningkat secara tiba-tiba bisa jadi karena adanya aplikasi, virus, dan malware yang mencurigakan. Cara mengatasinya cukup sederhana, putuskan koneksi internet, lalu restart Smartphone kamu.

Untuk langkah-langkah yang dilakukan agar akun WhatsApp tetap aman, kamu bisa klik artikel di bawah ini, ya!

Beri Komentar