9 Penyebab Baterai HP Cepat Habis yang Ternyata Tak Sadar Sering Kamu Lakukan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 30 Agustus 2022 22:47
9 Penyebab Baterai HP Cepat Habis yang Ternyata Tak Sadar Sering Kamu Lakukan
Hindari penyebab baterai cepat habis karena bila kinerja baterai telah menurun, nggak ada cara lain selain menggantinya

Ketahanan baterai adalah salah satu pertimbangan dalam memilih HP. Sayangnya, bisa saja kamu merasa udah memakai baterai berkapasitas besar tapi kok tetap saja tak bertahan lama yah. Nah, bisa saja ada beberapa penyebab baterai HP cepat habis yang tak kamu sadari.

Beberapa penyebab baterai HP cepat habis ada beragam. Mulai dari usia baterai yang mempengaruhi kemampuannya dalam menyimpan daya, sampai beberapa aktivitasmu saat menggunakan HP.

Coba deh kamu cari tahu dalam dafatr berikut ini apa saja penyebab baterai HP kamu cepat habis.

1 dari 4 halaman

Cahaya Layar Berlebihan

Penyebab Baterai HP Cepat Habis © Diadona

Ini adalah penyebab baterai HP cepat habis yang pertama. Kecerahan maksimal mungkin nyamaan di mata kamu terlebih saat HP digunakan di luar ruangan. Hanya saja nih di mode ini, baterai jadi cepat terkuras.

Usahakan buat mengurangi kecerahan layar seminimal mungkin buat menghemat pemakaian baterai. Atau kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan layar ponsel sesuai dengan perbedaan cahaya eksternal. Jadi saat cahaya sedang redup, layar ponsel kamu bakalan ikut meredup begitu pula sebaliknya.

Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang berjalan meskipun kamu nggak menggunakannya secara langsung, contohnya adalah VPN, anti-virus, atau aplikasi kalender. Tanpa kita sadari, kadang jumlah aplikasi yang berjalan sangat banyak dan hal itu ternyata jadi penyebab baterai HP cepatr habis lho!

Solusinya, kamu bisa menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Langkah yang harus dilakukan diantaranya : Settings > Apps > pilih aplikasi yang diinginkan > Force Stop.

2 dari 4 halaman

Penggunaan Mode Picture - in - Picture

Kalau kamu menggunakan aplikasi pemutar video di ponsel, mungkin kamu pernah menonton video atau streaming di kotak tampoila kecil yang di layar sementara kamu sedang menggunakan aplikasi yang lain. Nah, mode ini emang nyaman dan sebagai pemanfataan kecanggihan HP secara maksimal, tapi juga merupakan salah satu penyebab baterai HP cepat habis yang terbesar.

Untuk menonaktifkan mode ini pada aplikasi yang dipilih, buka pengaturan Hp kamu, masuk ke menu Aplikasi di Android atau ke menu General dan masuk ke Picture-in-Picture. Pilih aplikasi yang tersedia trus selanjutnya kamu bisa melihat pengaturan umum dari aplikasi ini. Pilih lagi ke menu Picture-in-Picture lalu gunakan opsi aktifkan atau sebaliknya.

Susah Sinyal

Saat di wilayah yang nggak ada sinyalnya, HP kamu bakalan berusaha sangat keras untuk mencari sinyal tersebut yang pada akhirnya membuat baterai cepat terkuras.

3 dari 4 halaman

Stay Connected

Penyebab Baterai HP Cepat Habis © Diadona

Sebenernya nih kamu tuh perlu juga lho mematikan WiFi atau koneksi internet kamu sesekali saja ketika HP sedang tidak digunakan, misalnya saat tidur atau sebagainya. Sebab tahu nggak sih, selalu terhubung adalah penyebab baterai HP cepat habis yang paling signifikan. Sebab walau lagi nggak digunakan, HP kamu terus menerus menerima notifikasi, pembarua latar belakang dan masih banyak lagi.

Terlalu Banyak Notifikasi

Siapa sangka ternyata terlalu banyak notifikasi yang masuk ke ponsel adalah salah satu penyebab baterai HP cepat habis lho! Maka sebaiknya matikan notifikasi yang tidak penting seperti notifkasi spam dari aplikasi dan hanya nyalakan aplikasi perpesanan atau media sosial, misalnya.

 

4 dari 4 halaman

Membuka Aplikasi yang Boros Baterai

Beberapa aplikasi menyedot penggunaan baterai yang besar saat digunakan. Contohnya nih aplikasi yang tetap bekerja di latar belakang dan akhirnya menyedot penggunaan baterai kamu. Salahs atu aplikasi penyebab baterai HP cepat habis adalah Snapchat. Layanan notifikasinya bakalan nyedot baterai kamu. selain itu, penggunaan layaan lokasi yang melaporkan lokasi terkini HP secara real time juga jadi biang kerok kenapa aplikasi ini nggak ramah baterai.

Umur Baterai

Sama seperti manusia, usia yang tua membuat baterai jadi kurang prima. Masa penggunaannya secra optimal berad di rentang waktu tiga sampai lima tahun atau sebayak 3.000 asampai 5.000 kali penyimpanan daya. Lebih dari itu, baterai udah nggak prima lagi menjalankan tugasnya atau nggak bisa menyimpan daya secara optimal.

Solusinya? Nggak ada cara lain kecuali membeli baterai baru. Meskipun lebih mahal, pastikan buat memilih baterai berkualitas baik karena akan sangat mempengaruhi kinerjanya.

Nggak Update Sistem

Sebaiknya kamu segera mengupdate sistem ponsel kamu setelah kamu mendapatkan pemberitahuan tentang keberadaan update teranyar. Sebab ini bukan cuman menjalankan perangkat di fitur dan menu paling canggih, namun disebutkan kalau pembaruan ini memengaruhi peningkatan daya tahan baterai lebih awet dan banyak lagi. Jadi, tunggu apa lagi?

Sebisa mungkin hindari hal-hal yang jadi penyebab baterai HP cepat habis. Sebab ketika baterai tidak bisa melasanakan tugasnya scera optimal, tak ada cara lain selain menggantinya dan hal tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Beri Komentar