Cara Menghemat Baterai HP dan Laptop dari Segala Merk Agar Tidak Cepat Rusak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 24 Agustus 2020 10:50
Cara Menghemat Baterai HP dan Laptop dari Segala Merk Agar Tidak Cepat Rusak
Inilah cara menghemat baterai HP dan laptop yang harus kamu ketahui.

Seperti yang diketahui, baterai merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah smartphone dan laptop. Pasalnya kalau tanpa baterai, HP dan laptop yang kamu miliki tidak akan bisa hidup, begitu pula jika baterainya habis meskipun kapasitasnya besar.

Sehingga untuk menghindari baterai smartphone yang cepat habis, kamu pun mencari beberapa cara menghemat baterai agar alat elektronik yang kamu miliki tidak rusak.

Penasaran bagaimana cara menghemat baterai HP dan laptop ? Langsung saja simak ulasan berikut yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai © Diadona

Semakin canggihnya Android kini memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal dengan perangkat ini. Sebab, untuk mengakomodasi kebutuhan yang berkembang, prosesor Android kini menjadi lebih kuat dan layar menjadi lebih besar.

Sehingga, cara menghemat baterai Android menjadi hal yang perlu untuk diketahui karena bentuk yang lebih tipis, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, lebih banyak aplikasi yang berjalan, dan koneksi internet yang lebih cepat semuanya berdampak pada baterai ponsel.

Eits, tapi kamu nggak usah khawatir, sebab ada beberapa rangkaian untuk menghemat baterai Android yang bisa kamu lakukan. Berikut diantaranya.

1. Matikan GPS

Cara menghemat baterai android yang tidak boleh terlewatkan ialah dengan mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Caranya, buka Pengaturan - Keamanan & lokasi - geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

2. Aktifkan Dark Mode

Kalau ponsel Androidmu memiliki AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakan latar belakang berwarna gelap atau kamu juga bisa memasang wallpaper gelap secara manual sebagai cara untuk menghemat baterai pada HP.

2 dari 4 halaman

3. Matikan Wi-Fi, Bluetooth dan Data Otomatis

Cara Menghemat Baterai © Diadona

Tahapan selanjutnya pada cara menghemat baterai Android ialah dengan mematikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data seluler saat kamu tidak membutuhkannya.

4. Atur Kecerahan Layar

Resolusi yang tajam dan piksel yang melimpah adalah salah satu pemakan baterai yang hebat. Sebab kecerahan layar memengaruhi kinerja baterai dan juga kinerja matamu.

Sehingga cara untuk menghemat baterai Android kamu bisa mengatur kecerahan layarmu di pengaturan yang ada lalu sesuaikan dengan keadaan pencahayaan di sekitarmu.

5. Nonaktifkan Google Assistant

Cara menghemat baterai Android yang tidak boleh terlewatkan ialah dengan menonaktifkan Google Assistant. Ya, meskipun Google Assistant merupakan alat praktis untuk memudahkan pekerjaan, sayang itu juga salah satu fitur Android yang terus-menerus menghabiskan energi ponselmu.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai © Diadona

Menggunakan laptop sesering mungkin terkadang sangat menguras baterai. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh banyak hal seperti banyaknya aplikasi di laptop atau aktivitas yang kamu lakukan dalam satu waktu.

Oleh karena itu, berikut cara menghemat baterai laptop yang bisa kamu coba di rumah. Berikut diantaranya:

1. Turunkan Brightness

Langkah pertama menghemat baterai laptop ialah dengan menurunkan brightness atau tingkat pencahayaan pada hal layar. Mengapa demikian? Sebab layar LED pada laptop menjadi salah satu komponen yang paling banyak menghabiskan daya baterai.

Sehingga untuk menghemat baterai pada laptop bisa kamu lakukan dengan mengatur brightness pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan saat bekerja.

2. Aktifkan Mode Battery Saver

Tahapan kedua cara menghemat baterai laptop adalah dengan mengaktifkan mode battery saver yang ada pada laptop windows.

Sehingga dengan mengaktifkan mode battery saver kamu pun bisa menghemat penggunaan laptop. Caranya, cukup mengatur secara otomatis dengan menentukan batasan berapa persen baterai saat mode battery saver dinyalakan.

Normalnya, fitur ini akan aktif pada 20 persen sisa baterai. Namun kamu bisa menaikkan persentase baterai agar lebih hemat lagi.

3. Mengatur Power Plan

Cara menghemat baterai laptop selanjutnya ialah dengan mengatur power plan yang tersedia dengan beberapa pilihan. Nah, untuk menghemat penggunaan baterai kamu bisa pilih power saver.

Selain itu, langkah menghemat baterai pada laptop kamu juga bisa mengatur power dan sleep. Saram terbaik ialah juga mengaktifkan settingan layar supaya mati pada waktu 1-2 menit.

4 dari 4 halaman

4. Nonaktifkan Program Startup

Cara Menghemat Baterai © Diadona

Seperti yang diketahui, program startup ialah aplikasi atau program yang berjalan saat laptop baru dinyalakan. Settingan default biasanya mengatur beberapa aplikasi untuk langsung berjalan saat laptop dinyalakan.

Hal tersebut tentu bisa menguras baterai apabila aplikasi tidak dimatikan. Sehingga, cara menghemat baterai laptop yang tidak boleh terlewatkan ialah dengan mematikan program startup.

5. Nonaktifkan Auto Updates

Selain mematikan program startup, cara menghemat baterai yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan auto upadates. Dengan begitu, baterai laptop kamu akan lebih hemat dan tidak cepat habis.

6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyaknya aplikasi yang ada pada laptop juga bisa menghabiskan baterai dengan cepat. Oleh itu, cara menghemat baterai laptop yang tak boleh terlewat ialah dengan menguninstall beberapa aplikasi yang tidak esensial, sehigga nantinya akan membantu mengurangi penggunaan baterai.

Itulah cara menghemat baterai pada smartphone dan laptop yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar