Jenis-Jenis Jaringan Komputer yang Perlu Kamu Tahu, Biar Melek Teknologi nih!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 11 Juni 2021 14:56
Jenis-Jenis Jaringan Komputer yang Perlu Kamu Tahu, Biar Melek Teknologi nih!
Upgrade bareng yuk pengetahuannya, kenali jenis-jenis jaringan komputer di bawah ini!

Seiring dengan perkembangan zaman, penting loh buat kita tahu jenis-jenis jaringan komputer. Apalagi kini komputer seolah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia yang mana ikut berperan dalam pertumbuhan teknologi internet.

Nggak harus jadi anak IT dulu buat kamu cari tahu jenis-jenis jaringan komputer. Kita bisa mempelajarinya bersama, Diazens. Nah, jaringan komputer sendiri merupakan sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan melalui media transmisi. Dengan begitu, kita bisa saling berbagi data, aplikasi maupun hardware komputer.

Jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai kumpulan dari beberapa terminal komunikasi atau transmisi yang terdiri dari dua komputer atau lebih untuk bisa saling terhubung. Tujuannya agar data indormasi yang dibawa transmitter bisa sampai ke penerima (receiver) dengan cepat, tepat dan akurat.

Nah, kalau kamu sudah tahu apa itu jaringan komputer, kita kenalan sama jenis-jenisnya yuk!

1 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Topologi JaringanJenis-Jenis Topologi Jaringan © Unsplash/ marvelous

Jenis-jenis jaringan komputer ini dibedakan dengan berdasarkan berbagai hal. Mulai dari topologi jaringan, jangkauan geografis, perannya dan sebagainya. Nah, berikut ini yang dibedakan berdasarkan topologi jaringan.

Topologi Ring

Pertama, ada topologi ring atau cincin. Jaringan ini bentuknya berupa rangkaian yang masing-masing titik bagian kanan dan kirinya terhubung ke dua titik di tempat lain. Makanya terbentuk lingkaran seperti cincin.

Topologi Star

Sesuai dengan namanya, bentuk jaringan pada topologi star ini terdapat satu penghubung (switch/hub) sebagai pusat untuk setiap komputer yang terhubung. Posisi Switch sebagai sentral yang fungsinya menghubungkan satu komputer ke komputer lain dan juga komputer ke File Server.

2 dari 4 halaman

Topologi Jaringan Tree

Topologi ini sering juga disebut dengan topologi pohon yang mana bentuk jaringannya bertingkat. Koneksi antar komputer menggunakan switch yang masing-masing terhubung dengan file server. Topologi ini adalah bentuk kombinasi dari topologi star dan bus. Bedanya, ada banyak switch di dalam jaringan yang sistemnya hierarki.

Topologi Mesh

Kalau topologi mesh memudahkan jaringan yang semua Worstation-nya bisa terhubung satu sama lain secara acak. Topologi ini juga memiliki sebutan lain, yaitu topologi jala. Kelebihan topologi ini, arus data yang dilakukan bisa cepat tanpa harus melewati Workstation lainnya terlebih dulu.

Topologi Hybrid

Selanjutnya ada topologi Hybrid yang lebih luas dengan bentuk gabungan dari dua atau lebih jenis topologi lainnya. Semua ciri dan sifat jenis-jenis topologi jaringan di atas, ada di topologi hybrid ini.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jenis-Jenis Jaringan KomputerJenis-Jenis Jaringan Komputer © psychlearningcurve

LAN

Local Area Network adalah jaringan komputer yang hanya mencakup area kecil. Biasanya digunakan untuk wilayah sekolah, perkantoran dan sebagainya.

MAN

Metropolitan Area Network atau yang disingkat MAN ini cakupan wilayahnya lebih luas lagi. Jaringannya dalam satu kota atau antara kota tertentu dengan kecepatan transfer yang tinggi.

WAN

Sementara itu, untuk WAN atau Wide Area Network leih besar lagi yang jaringannya sangat luas. Bisa mencakup antara negara maupun benua. Media transmisi yang digunakan adalah kabel bawah laut dan satelit.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Perannya

Jenis-Jenis Jaringan KomputerJenis-Jenis Jaringan Komputer © nextgov

Jaringan Client-Server

Jaringan komputer berbentuk Client-Server ini membuat satu komputer bertindak sebagai server, sedang komputer lainnya sebagai client. Umumnya, yang menjadi server hanya satu. Perannya sebagai penyedia sumber daya maupun data untuk komputer client.

Jaringan Peer to Peer

Kebalikan dari Client-Server, jenis jaringan Peer to peer membuat komputer server maupun client memiliki peran dan kedudukan yang sama. Mereka bisa menjadi komputer server maupun client.

Itulah beberapa jenis-jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan berbagai hal. Jadi paham dan lebih melek teknologi kan, Diazens?

Beri Komentar