Drone adalah Pesawat Tanpa Awak, Begini Sejarah, Teknologi dan Undang-Undang Menerbangkannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 7 Juni 2021 16:12
Drone adalah Pesawat Tanpa Awak, Begini Sejarah, Teknologi dan Undang-Undang Menerbangkannya
Drone adalah pesawat tanpa awak yang mulanya dikembangkan sebagai perlengkapan perang. Kini, drone digunakan dalam ranah yang lebih luas mulai dari keperluan pemetaan, fotografi hingga ekspedisi.

Drone adalah istilah luas yang digunakan untuk menyebut pesawat tak berawak. Namun yang paling sering kita ketahui sih, drone merupakan pesawat kecil dengan perlengkapan kamera yang memungkinkan kita untuk melihat dari sudut pandang drone.

Secara formal, drone adalah sebutan untuk pesawat tak berawak. Namun drone sendiri biasanya lebih sering mengacu pada multirotor, yakni pesawat dengan tiga atau lebih baling-baling. Dan pada dasarnya, drone adalah robot terbang yang dapat dikendalikan dari jarak jauh atau terbang secara mandiri melalui rencana penerbangan yang dikendalikan oleh software yang ditanam dalam tubuh mereka dan bekerja bersama dengan sensor dan GPS.

Dulunya sih drone adalah pesawat yang sering dikaitkan dengan tugas militer, misalnya latihan anti target, mengumpulkan informasi rahasi, atau bisa juga sebagai platform senjata. Namun kini drone juga digunakan oleh sipil untuk berbagai keperluan, mulai dari pemantauan cuaca cuaca dan pemadaman kebakaran, pengawasan, pemantauan lalu lintas sampai keperluan pribadi mulai dari videografi, fotografi dan pengiriman.

Cari tahu lebih lanjut mengenai drone dalam ulasan di bawah ini ya!

1 dari 5 halaman

Drone adalah Pesawat Tanpa Awak

Drone adalahDrone adalah © 2021 edu.gcfglobal.org

Drone bekerja dengan berbagai tujuan, mulai dari fotografi, komersial, militer dengan dua fungsi dasar adalah penerbangan dan navigasi.

Cara kerja drone adalah melalui keberadaan sumber daya seperti baterai atau bahan bakar, rotor, baling-baling dan bingkai. Bingkainya terbuat dari bahan komposit yang ringan. Tujuannya untuk mengurangi berat dan meningkatkan kemampuan manuver selama penerbangan berlangsung.

Sebagai kontrol drone adalah remote jarak jauh yang dikendalikan oleh operator. Digunakan gelombang radio, termasuk WIFI untuk berkomunikasi dengan drone.

2 dari 5 halaman

Sejarah Drone

Cara Membuat DroneCara Membuat Drone © shutterstock.com/Love Silhouette

Pada awalnya nih drone digunakan dalam ranah militer sebagai pesawat mata-mata untuk menghilangkan kekhawatiran penembakan oleh para musuh. Drone telah dikmebangkan pada tahun 1935 meski tak sepenuhnya tanpa awak. Pesawat dilengkapi dengan radio dan kontrol yang dioperasikan servo di kursi belakang dan juga bisa diterbangkan secara konvensional dari kursi depan.

Drone lalu dimanfaatkan oleh Angkatan Udara Israel di 1982 untuk melawan armada Suriah. Namun penggunaannya baru diperluas di tahun 2006 oleh Badan Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai AS untuk memantau perbatasan negara mereka dengan Meksiko.

Teknologi drone kemudian digunakan untuk keperluan sipil dan komersial, diantaranya layanan pengiriman. Bahkan ada juga pendidikan yang berfokus pada teknologi drone.

3 dari 5 halaman

Teknologi Drone

Melansir IoT Agenda, teknologi, fitur dan komponen pada drone adalah:

  • Electronic Speed ??Controllers (ESC), sirkuit elektronik yang mengontrol kecepatan dan arah motor.
  • Flight controller, suatu fitur untuk membuat drone tetap stabil. Saat angin bertiup, flight controller bakalan langsung menyesuaikan kecepatan baling-baling untuk menyamakannya kembali
  • Modul GPS untuk mengkomunikasikan lokasi persisnya
  • Baterai
  • Antena
  • Receiver
  • Kamera, yang memungkinkan kita untuk bisa melihat sesuatu dari sudut pandang drone.
  • Sensor, termasuk diantaranya sensor ultrasonik untuk menghindari tabrakan
  • Accelometer untuk mengukur kecepatan
  • Altimeter, untuk mengukur ketinggian
    Beberapa drone punya smart fitur lain yang memungkinkan mereka melakukan hal-hal keren lainnya

4 dari 5 halaman

Undang-Undang Mengenai Drone

Ada ketentuan hukum yang mengatur penggunaan drone sehingga tidak melangar batas-batas tertentu, privasi misalnya. Dikutip dari laman Hukum Online, hukum penggunaan drone adalah Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. PM 90 Tahun 2015.

Dalam peraturan disebutkan bahwa ada beberapa kawasan atau ruang udara yang nggak memperblehkan pengoberasian drone di atasnya. Drone yang emngambil gambar melalui kamera untuk kepentingan pemotretan, film atau pemetaan harus mengantongi surat izin terlebih dahulu dari institusi atau pemerintah daerah yang wilayahnya akan dipotert atau dipetakan.

5 dari 5 halaman

Drone Emprit

Drone adalahDrone adalah © 2021 goodnewsfromindonesia.id

Meski namanya berasal dari nama burung emprit yang berarti burung pipit, drone emprit bukan salah satu jenis pesawat tanpa awak seperti ulasan Diaodona sebelumnya.

Drone emprit adalah sistem untuk memonitor dan menganalisa media sosial dan platform online berbagai teknologi big data. Sistem bekerja dengan keahlian Artificial Intelligence dan Natural Learning Process (NLP). Teknologi ini diciptakan oleh Ismail Fahmi. Sosoknya menghiasi berbagai media dan pendapatnya dicari ketika terjadi kesimpang siuran informasi. Apa gunanya drone emprit ini?

Drone emprit bisa memetakan dan menyajikan peta analis media sosial tentang darimana sumber hoaks pertama kali ditulis, siapa yang menyebar dan kelompok mana. Drone emprit adalah salahs atu kecanggihan teknologi yang sangat berguna di masa derasnya arus informasi hoax saat ini.

Drone adalah bentuk kecanggihan teknologi penerbangan yang dipadukan dengan konektivitas. Penggunaannya bisa beragam, mulai dari senjata perang hingga jasa layanan antar barang.

Beri Komentar