Gak Ngadi-Ngadi, Sebuah File JPG Terjual Sampai Ratusan Miliar lho!

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Kamis, 18 Maret 2021 19:50
Gak Ngadi-Ngadi, Sebuah File JPG Terjual Sampai Ratusan Miliar lho!
File JPG tersebut merupakan karya dari Beeple

Jika kamu memiliki file gambar di smartphone ataupun PC, kebanyakan pastoinya formatnya adalah JPG. Tentunya hal ini sangat wajar karena tidak sedikit fil gambar dengan format JPG beredar di internet.

Di internet pun, sudah banyak situr yang sengaja menjual gambar berbasis JPG. Tapi, kamu mengira gak sih ada file JPG yang dihargai sampai ratusan miliar?

Ternyata hal tersebut ada dan file JPG karya Beeple dihargai ratusan miliar.

1 dari 4 halaman

USD 69,3 juta

Dikutip dari Merdeka, karya fantastis buatan seniman digital bernama Beeple tersebut dihargai dengan jumlah yang sangat fantastis lho, yaitu 69,3 juta Dollar atau setara dengan Rp 992 miliar.

Ternyata, file JPG tersebut tidak terdiri dari satu karya seni saja lho. File JPG yang berjudul " Everydays--The First Five Thousands Days" ini terdiri dari 5.000 karya seni yang digabungkan dalam sebuah kolase.

File JPEG MahalFile JPEG Mahal © dezeen.com

2 dari 4 halaman

NFT

File JPG ini juga menjadi aset non-fungible token atau NFT (barang berwujud maupun tak berwujud yang dianggap unik berbasis blockchain) termahal yang pernah dijual. Pemenang dari lelang pun harus membayar file JPG ini menggunakan mata uang digital bernama Ethereum.

Padahal, awalnya file JPG ini dilelang dengan harga awal hanya 100 Dollar atau sekitar Rp 1,4 juta. Namun, di jam-jam terakhir, ada lebih dari 180 orang yang menawar file JPG ini. Karena diangap unik, harganya pun jadi naik menjadi 30 juta Dollar dan pada akhirnya dihargai sampai 69,3 juta Dollar.

3 dari 4 halaman

5.000 Gambar

File JPG hasil karya dari Mike Winkelmann ini disebut oleh rumah lelang sebagai " sebuah karya unik dalam sejarah seni digital" . Everydays--The First Five Thousands Days ini terdiri dari kolase gambar berwarna-warni yang diposting oleh Beeple secara online di tahun 2007.

Karya ini juga menghasilkan 5.000 gambar individu dari 5.000 hari yang berbeda. " Seniman telah menggunakan hardware dan software untuk membuat karya seni dan mendistribusikannya di internet selama lebih dari 20 tahun terakhir. Namun belum ada cara untuk memiliki dan mengoleksinya," ucap Beeple.

4 dari 4 halaman

Kira-kira, file JPG-nya nanti buat apa ya guys?

 

Beri Komentar