Facebook Akuisisi Platform GIF Giphy, Data Pengguna Makin Nggak Aman?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 19 Mei 2020 16:20
Facebook Akuisisi Platform GIF Giphy, Data Pengguna Makin Nggak Aman?
Facebook bahkan membeli Giphy dengan nilai yang sangat fantastis.

Siapa nih yang sering pakai platform GIF Giphy? Nah, bagi kamu yang belum tahu, Giphy adalah sebuah platform berbagi GIF paling populer di dunia. Ternyata, baru-baru ini, Facebook mengumumnkan telah mengakuisisi Giphy, lho.

Dlansir dari Ubergizmo, Mark Zuckerberg selaku CEO dari Facebook harus mengeluarkan dana sebesar 400 juta USD atau setara dengan Rp 5,951 triliun. Perubahan seperti apa ya yang bakal dilakukan?

1 dari 2 halaman

Integrasikan dengan Instagram dan Layanan Facebook Lainnya

Facebook © Diadona

Rencananya, Facebook akan mengintegrasikan seluruh konten Giphy ke Instagram dan jugaa layanan milik Facebook lainnya.

Meskipun Giphy sudah diakuisisi Facebook, namun Giphy akan tetap beroperasi seperti biasa. Bahkan, aplikasi dan layanan selain milik Facebook masih tetap bisa menggunakan API Giphy ke platform mereka masing-masing.

via GIPHY

Sebagai tambahan informasi, Facebook menyebutkan, 50 persen traffic Giphy ternyata berasal dari berbagai layanan milik Facebook.

2 dari 2 halaman

Masalah Privasi

Kenali Fase Pelacakan Data di Facebook, Biar Bisa Waspada Kalau Ada Aktivitas Pelacakan © Diadona

Akuisisi Facebook atas Giphy ini tentunya mengundang pro dan kontra. Salah satunya yang dikhawatirkan adalah privasi data dan keamanan kredential dari 700 juta pengguna harian.

Pasalnya, Dilansir dari Forbes, akuisisi ini bisa memungkinkan Facebook untuk mengintip aplikasi lain yang menggunakan aplikasi Giphy.

Analis ESET, Jake Moore juga sepakat bahwa akuisisi Giphy ini akan memberikan Facebook akses ke data para perusahaan.

via GIPHY

Sebelumnya memang Facebook selalu dikaitkan dengan masalah kebocoran data pengguna. Meskipun begitu, belum ada tanggapan resmi dari Facebook tentang balasan atas analisa ini.

Beri Komentar