Facebook akan Luncurkan Facebook Campus, Sebuah Jejaring Sosial Khusus Mahasiswa

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 14 September 2020 15:00
Facebook akan Luncurkan Facebook Campus, Sebuah Jejaring Sosial Khusus Mahasiswa
Wah ada yang baru nih, guys!

Sebagai raksasa medis sosial dunia, Facebook terus melakukan inovasi untuk memanjakan penggunanya. Kini, mereka telah bersiap untuk meluncurkan bagian baru yakni Facebook Campus. Sebuah unit baru yang didedikasikan khusus untuk mahasiswa.

1 dari 4 halaman

Menyadur keterangan dari Mashable via Merdeka, Facebook Campus ini akan menggunakan profil baru yang terpisah dari profil asli yang sudah digunakan di Facebook. Nantinya, Facebook Campus ini bisa diakses di platform utama, atau diakses sebagai fitur tab seperti Facebook Watch.

Untuk memiliki akun Facebook Campus ini, mahasiswa hanya perlu perlu memberikan alamat email Universitas dan tahun kelulusannya.

Facebook Campus © Diadona

2 dari 4 halaman

Sesuai namanya, Facebook Campus akan menampilkan newsfeed khusus yang secara spesifik hanya bisa diakses mahasiswa kampus.

Beberapa fitur lain yang dimiliki oleh Facebook Campus adalah Campus Chats dan Campus Directory.

Campus Chats adlah chat-room real-time di mana mahasiswa yang terdaftar bisa berpartisipasi. Campus Directory adalah sebuah fitur memungkinkan mahasiswa mencari temah sekelas berdasarkan jurusan, tahun lulus, kelas terdaftar, dan banyak lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Jika melihat apa yang direncanakan oleh facebook ini, sepertinya facebook hendak kembali ke tempat dari mana mereka berasal.

Jika melihat ke belakang, Facebook sendiri berasal dari jejaring sosial khusus kampus yang pertama kali diperkenalkan Zuckerberg dan kawan-kawan di Harvard pada tahun 2004 silam. Kala itu, namanya masih TheFacebook.

4 dari 4 halaman

Namun seiring banyaknya pengguna, Facebook akhirnya menjadi platform untuk siapapun yang berusia di atas 13 tahun, dan berkembang menjadi raksasa media sosial dunia.

Sayangnya, Facebook Campus ini hanya akan diluncurkan di 20 Universitas di America. Dan belum ada keternagan akan dirilis secara global.

Beri Komentar